Tips dan Manfaat dari Internet untuk Usaha, Bisnis dan Pekerjaan Anda

31 May 2014 13:00 10974 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sungguh, begitu besar manfaat internet dalam kehidupan kita. Dengan sekejap Anda bisa memberi kabar kepada keluarga atau rekan Anda yang jauhnya mencapai ribuan kilometer. Dengan kemudahan ini, sudahkah Anda memanfaatkan internet untuk usaha, pekerjaan atau bisnis Anda?

Sungguh, begitu besar manfaat internet dalam kehidupan kita. Dengan sekejap Anda bisa memberi kabar kepada keluarga atau rekan Anda yang jauhnya mencapai ribuan kilometer. Dengan kemudahan ini, sudahkah Anda memanfaatkan internet untuk usaha, pekerjaan atau bisnis Anda? Berikut ulasan manfaat dari Internet.

Percuma Anda setiap hari mengakses internet jika tidak memanfaatkan bagi usaha pekerjaan Anda. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk melakukan strategi baru dalam pemasaran produk maupun jasa yang Anda tawarkan melalui internet.  Banyak yang telah melakukan itu dan jika tekun tentunya dipastikan berhasil serta menambah omset. Tips memanfaatkan internet untuk usaha terutama bagi Anda pedagang, penyedia jasa atau pemilik perusahaan yang bergerak dibidang tertentu.

 

Internet Untuk Sarana Pemasaran Dan Pengiklanan

Manfaat dari Internet yang pertama adalah untuk sarana iklan. Ada banyak forum jual beli yang tersedia secara gratis dan Anda bisa mempostingkan produk Anda disana. Jika tidak, Anda bisa menggunakan fasilitas blog yang juga masih tersedia gratis, bahkan Anda bisa leluasa dalam memposting produk maupun jasa pada blog. Untuk lebh elit lagi Anda bisa membuat situs web resmi pribadi untuk usaha Anda dengan mencantumkan katalog online. Tentu ini lebih efektif sekaligus menciptakan kesan bahwa usaha Anda sudah bonafit meski ada biaya yang harus dikeluarkan. Namun setidaknya langkah ini sudah sangat efektif ketimbang Anda mengotori tempat publik dengan poster, selebaran atau pamflet. Alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter maupun layanan messenger populer lainnya untuk sarana pemasaran produk.

 

Internet Untuk Menciptakan Image Baik Bagi Usaha Anda

Ketika Anda memposting produk di internet, maka Anda harus juga mencantumkan deskripsi barang, fungsi maupun kegunaannya. Semakin baik dan lengkap dalam penulisan maka semakin menciptakan kesan yang baik bagi konsumen. Lengkapi pula deskripsi barang dengan gambar produk asli. Bahkan tampilan dari situs web Anda juga turut mempengaruhi kesan image usaha Anda, apakah berstatus “recommended seller” atau bukan.

 

Internet Menjadi Sarana Komunikasi Dengan Konsumen

Sebagai seller baik tentu Anda harus menanggapi berbagai pertanyaan dan keluhan konsumen atau melakukan transaksi mengenai produk Anda. Pastikan Anda juga melengkapi kontak customer service dengan layanan media sosial atau messenger berbasis internet. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Yahoo Messenger, E-mail, BBM, Whatsapp, Skype, dan layanan komunikasi lainnya. Selain murah, terdapat pula fasilitas untuk kemudahan seperti lampiran data. Untuk yang satu ini memang Anda harus segera melengkapi perangkat yang mendukung.

 

Internet Berguna Memperluas Jaringan

Usaha Anda masih dalam taraf kecil? Manfaatkanlah internet untuk memperluas jaringan usaha Anda. Disinilah Anda seharusnya bisa memperoleh sebanyak-banyaknya informasi yang terkait dengan produk Anda atau bahkan menciptakan organisasi dengan orang lain dalam bidang yang sama. Kerjasama yang sehat akan menciptakan bisnis yang kuat.

 

Baca juga :

               4 Cara Menghilangkan Rasa Bosan di Kantor

               Inilah 5 Hal Yang Harus Anda Hindari Dalam Berpuasa

 

Internet Memungkinkan Produk Anda Go Internasional

Untuk hal ini juga tergantung dengan produk yang Anda juga. Banyak barang-barang kerajinan, seni, maupun jenis barang lain yang pemasarannya sudah memasuki pasar internasional, bukan lokal lagi. Tentu saja keuntungan akan lebih besar jika Anda sudah memasuki tahap atau fase ini. Disarankan Anda juga memiliki promosi produk dengan bahasa asing, terutama bahasa Inggris selain bahasa Indonesia. Apa salahnya mencoba?

 

Internet Untuk Memberitakan Perubahan Informasi

Ya, tentu saja Anda bisa dengan cepat memberitakan perubahan status maupun informasi yang berhubungan dengan produk maupun jasa milik Anda. Melalui situs website sendiri maupun pada forum jual beli. Perubahan informasi yang dimaksud, diantaranya adalah penambahan produk, produk yang telah habis, produk yang dibanderol lebih murah (diskon) dan lain-lain.

 

Internet Untuk Rekruitmen Tenaga Kerja

Ketika usaha Anda sudah mulai berkembang pesat, mungkin Anda membutuhkan tenaga kerja yang handal dan memiliki skill yang sesuai. Manfaatkan internet untuk rekruitmen tenaga kerja. Memungkinkan lebih efektif dibandingkan Anda mengotori jalan dengan selebaran lowongan kerja Anda.

 

Internet Untuk Pemantauan Pengiriman Barang

Saat ini, perusahaan jasa pengiriman yang besar tentu memiliki layanan untuk memantau informasi tracking barang yang sedang dalam proses pengiriman berbasis internet. Tentu Anda tidak ingin barang Anda memiliki status tidak jelas ketika dalam proses pengiriman. Dengan ini Anda bisa mengetahui, ada dimana barang Anda, dan kapan telah sampai kepada penerima.

Demikian beberapa tips dari Plimbi memanfaatkan internet untuk usaha, pekerjaan dan bisnis Anda. Kesimpulannya, dengan memanfaatkan internet membuat sarana promosi Anda lebih hemat biaya dibandingkan tanpa pemanfaatan internet. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel