KATE - Robot Humanoid dari FutureBots Lab yang Istimewa

20 Jan 2014 18:00 2864 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

FutureBots Lab merupakan produsen robot yang bekerja sendirian. Dan Mathias telah bekerja keras selama 10 tahun untuk menciptakan robot-robot humanoid seperti ATOM-7XP. Kali ini Dan kembali berkarya menciptakan robot humanoid terbarunya yang bernama “KATE” yang berfungsi sebagai avatar guru untuk anak-anak dan hiburan.

FutureBots Lab merupakan produsen robot yang bekerja sendirian. Dan Mathias telah bekerja keras selama 10 tahun untuk menciptakan robot humanoid seperti ATOM-7XP. Kali ini Dan kembali berkarya menciptakan robot humanoid yang bernama “KATE” yang berfungsi sebagai avatar guru untuk anak-anak dan hiburan.

FutureBots sendiri memiliki misi menjadi perusahaan robot-robot humanoid yang bergerak pada bidang hiburan, pendidikan, penelitian dan kesehatan. Yang membuat orang-orang kagum dengan FutureLab adalah, dia bergerak sendiri. Pendanaan dan produksi robot dilakukan oleh Dan sendiri. Semakin kesini, perkembangan FutureLab terus meningkat. Ini menandakan kalau Dan memang orang yang berdedikasi tinggi terhadap robot.

KATE merupakan robot dua tangan yang memiliki ketinggian 45 inci, 22-DoF, menggunakan pelacak, berbasis mobile, memiliki tablet berlayar sentuh, penuh dengan perhitungan, dan juga dipenuhi sensor (Kinect depth camera, sensor kimia, sonar, inframerah, strereo vison dan GPS. Untuk menciptakan robot ini diperlukan waktu tiga bulan dan Dan Mathias melakukannya sendiri dari mulai elektronik, mekanik, kosmetik, programming dan OS-nya. Dia benar-benar menunjukkan dedikasinya sebagai ilmuan robot yang handal. Kalau kebanyakan developer robot membuat robot untuk tujuan agar direkrut atau kerja mereka diberli pemerintah, ini bertolak belakang dengan pendirian Dan. Dia lebih ingin menjadi creator tunggal dari sebuah robot karena bila bergabung dengan pemerintah seperti DARPA atau perusahaan swasta, kreasinya akan digabungkan dengan kreasi ilmuan lainnya.

 

Baca juga :

                    TinkerPlay - Aplikasi Untuk Mendesain Mainan Anak Sesuai Keinginan

                     Inilah 5 Hal Yang Harus Anda Hindari Dalam Berpuasa

 

Walau pemain tunggal, karya Dan tidak mengecewakan. Karyanya tetap saja membuat orang-orang kagum. Seperti robot pertamanya ATOM. ATOM mendapat sambutan hangat dari penggemar-penggemar robot. Sendiri, Dan mampu membuat robot dua tangan yang bisa bersaing dengan robot-robot indie lainnya.

Mungkin memang Dan bisa menciptakan robot sendiri tetapi, yang menjadi masalah adalah waktu. ATOM, robot pertama Dan yang cukup membuat orang-orang terkejut dikerjakan sekitar 8 hingga 10 tahun lamanya. Bila dikerjakan dalam sebuah tim mungkin robot ini bisa selesai dalam waktu 1 atau 2 tahun. Banyak video di YouTube yang menunjukkan kemampuan ATOM berjalan tetapi tidak ada video yang menayangkan kalau ATOM berjalan sendiri seperti ASIMO, dia masih membutuhkan alat bantu. Namun begitu, sepertinya bila diperhatikan dari postur tubuh ATOm dia mampu berjalan sendiri tanpa bantuan.

FutureLab bila diperhatikan membutuhkan pembantu. Dan adalah ilmuan robot yang sangat cerdas dan kemampuannya tidak diragukan lagi. Tetapi untuk saat ini, membangun perusahaan robot membutuhkan berbagai bantuan dari pihak lain untuk memaksimalkan waktu, uang dan tenaga ahli. Misalnya, tenaga ahli yang kusus bergerak dalam bidang anatomi, gerakan dan lainnya. Dan memang memiliki hal tersebut namun hasilnya akan lebih maksimal bila dikerjakan oleh ahlinya. Salah satu perusahaan yang tertarik bergabung dengan FutureBots Lab adalah Hizook. Hizook telah banyak merangkul ilmuan-ilmuan robotics dan membuat karya-karya mereka menjadi lebih baik lagi. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel