1

TinkerPlay - Aplikasi Untuk Mendesain Mainan Anak Sesuai Keinginan

29 Mar 2015 15:30 3252 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tinkerplay merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat mainan atau action figure sesuai keinginan. Pengguna cukup merangkai atau membuat gambar desain dengan template untuk kemudian dicetak lewat printer 3D.

http://www.plimbi.com - Mainan anak saat ini banyak bertebaran dari yang mulai kualitasnya dibawah standar sampai kualitas tinggi. Bentuk dan jenis mainannya pun beragam dan keren-keren. Tetapi mainan anak bisa lebih keren lagi berkat kehadiran printer 3D yang sudah hadir di era teknologi ini.

Dengan printer 3D, sebuah mainan bisa tercipta sesuai keinginan. Dan untuk mendukung hal itu, Autodesk menghadirkan aplikasi bernama Tinkerplay. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk membuat sebuah mainan anak berupa action figure dengan lebih mudah dan nanti hasilnya  harus dicetak menggunakan printer 3D. Sepertii apa aplikasi yang satu ini.? Simak pembahasannya berikut ini.

 

Tinkerplay

Tinkerplay merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat mainan atau action figure sesuai keinginan. Pengguna cukup merangkai atau membuat gambar desain dengan template untuk kemudian dicetak lewat printer 3D. Sebuah konsep aplikasi yang tentunya akan banyak disuka anak-anak.

 

Konsep

Seperti yang sudah disebutkan, Tinkerplay merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Autodesk. Perusahaan ini bukanlah perusahaan baru. Perusahaan ini sudah populer dan dikenal sebagai pencipta software AutoCAD. Pengalaman perusahaan serta program mereka  yang banyak digunakan tentunya menjadi jaimnan bahwa Tinkerplay bukanlah aplikasi sembarangan. Autodesk juga memang tampaknya juga sangat serius menghadirkan aplikasi ini. Mereka tidak mengejar materi karena aplikasi ini memang ditujukan agar banyak orang bisa membuat mainan mereka sesuka hati. Jika kejarannya hanyalah uang, tentu Autodesk tidak akan menghadirkan aplikasi ini secara gratis.

 

Interface

Tampilan antarmuka aplikasi ini tidaklah ribet. Umumnya program desain selalu menghadirkan pilihan menu atau tool yang kadang perlu waktu lama untuk dipelajari. Namun, tidak untuk Tinkerplay. Semua terlihat begitu mudah  digunakan. Desain tampilannya juga tidaklah terlalu buruk. Ketika menggunakan aplikasi ini, akan terasa seperti sedang menggambar karakter yang kita bayangkan kemudian menuangkannya ke dalam kertas besar.

loading

Cara Kerja

Tinkerplay merupakan aplikasi yang mudah digunakan oleh siapapun. Kemudahan ini tampaknya ditujukan agar anak-anak bisa lebih mudah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga dibuat agar anak-anak bisa menciptakan mainan mereka sesuai keinginan dan imajinasi mereka.   Anak-anak hanya cukup merancang karya mereka dengan berbagai pilihan karakter yang ada.

Anak-anak sebagai pengguna dibebaskan dalam membuat bentuk mainan, warnanya, serta tekstur mainan tersebut. Cukup memilih berbagai bagian untuk disatukan pada sebuah bentuk humanoid. Yah, awalnya, pengguna akan dihadirkan bentuk humanoid yang kemudian bisa dirangkai dengan beberapa template desain yang ada di aplikasi ini.  

 

Fitur

Aplikasi Tinkerplay tidak kaya akan fitur. Pengguna hanya bisa merangkai, memutarkan desain, dan mengkostumisasi sesuai keinginan sebelum nantinya dicetak lewat printer 3D. Namun, tidak adanya fitur ini tidak membuat aplikasi ini tidak berarti. Aplikasi ini tetaplah direkomendasikan untuk digunakan. Bahkan jika pengguna tidak memiliki printer 3D, pengguna ataupun anak-anak yang menggunakan aplikasi ini bisa melihat wujud jika desain yang sudah dikerjakan sudah siap untuk dicetak.

Artinya, meskipun tidak ada printer 3D, pengguna masih bisa melihat hasil cetak nantinya lewat aplikasi ini, semacam preview printer pada program  dokumen. Dan hal yang menarik adalah bahwa aplikasi ini akan memberikan informasi terkait berapa waktu yang diperlukan ketika desain akan dicetak lewat printer 3D. Tentunya dengan mengetahui perkiraan waktu, pengguna bisa lebih memanfaatkan waktu

 

Kesimpulan

Tinkerplay adalah aplikasi membuat mainan anak-anak  yang sangat bagus untuk digunakan. Terlebih untuk mereka yang senang desain dan sangat antusias terhadap mainan anak. Anak-anak yang menggunakan aplikasi ini pun tentunya akan senang karena mereka bisa berimajinasi tentang mainan yang ingin mereka buat.

Aplikasi ini juga tentunya bisa melatih anak-anak dalam berkarya dan mendesain. Dan tentunya, aplikasi ini akan sangat bermanfaat jika si pengguna memiliki printer 3D untuk mewujudkan tahu merealisasikan desain-desain mainan yang sudah dibuat oleh aplikasi ini. Tertarik dengan aplikasi ini? Silakan download aplikasi gratis ini di berbagai toko aplikasi.

Untuk saat ini, Tinkerplay telah hadir di tiga  platform toko aplikasi, Google PlayStore, iTunes App Store, dan Windows Phone Store. Untuk pengguna PC Windows Desktop, bisa menggunakan aplikasi ini dengan cara download di Windows Store. Informasi dan link download bisa diakses di situs resmi aplikasi ini.  [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel