Belajar Edit Foto dengan Photoshop: Cara Memperbaiki Warna pada Photshop CS3

16 Jan 2014 14:00 126664 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apa yang tidak bisa kita lakukan dengan Photoshop? Anda bisa memindah diri Anda dari monas ke menara Eiffel atau tembok Berlin dengan fitur-fitur yang mampu memberi efek manipulasi. Sekarang mari kita membahas permasalahan lain, yakni cara memperbaiki warna foto dengan Photoshop.

Apa yang tidak bisa kita lakukan dengan Photoshop? Anda bisa memindah diri Anda dari monas ke menara Eiffel atau tembok Berlin dengan fitur-fitur yang mampu memberi efek manipulasi. Sekarang mari kita membahas permasalahan lain, yakni cara memperbaiki warna foto dengan Photoshop. Mari kita belajar edit foto dengan Photoshop pada artikel berikut ini:

Sebelumnya Anda tentu sudah tidak heran dengan kemampuan kamera ponsel, poket atau bahkan DSLR yang dianggap kurang memuaskan dalam menampilkan warna asli. Bahkan ada beberapa kamera yang terlalu amat buruk menampilkan warna hasil foto, bisa cenderung lebih pucat, cenderung ke arah biru, merah dan warna-warna lainnya. Kecuali Anda sudah puas dengan warna yang dihasilkan kamera, Anda tidak perlu memperbaiki warna foto tersebut dengan Photoshop. Ada banyak cara untuk memperbaiki warna foto melalui fitur-fitur Photoshop, dan pastikan Anda mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan.

Di bawah ini Plimbi akan sedikit memberkan tips belajar edit foto dengan Photoshop dengan menggunakan sample foto berupa foto landscape dan foto seorang aktris terkenal Paris Hitlon.

Foto Landscape

Pada foto original tersebut, terlihat foto pantai dengan matahari yang sedang terbenam. Cukup bagus dengan warna langit oranye dan agak kebiru-biruan pada pinggir frame. Namun rasanya warna dalam foto tersebut kurang begitu menonjol dan bahkan cenderung pucat. Disini Anda bisa memperbaikinya dengan cara mudah dan cepat.

  • Masukan foto landscape pada Photoshop, jangan lupa tampilkan jendela History untuk kemudahan proses editing.
  • Kedua Anda bisa memperbaiki warna dengan fitur Auto Color yang dapat diakses melalui menu Image – Adjustment – Auto Color. Akan terlihat perubahan warna yang lebih tegas dan kepucatan foto sedikit berkurang. Terutama pada warna utama, oranye langit.
  • Ketiga Anda bisa melakukan penambahan warna dengan fitur Saturation yang bisa diakses melalui Image – Adjustments – Hue/Saturation. Pada pengaturan Saturation Anda bisa menarik poin ke kanan sesuai yang diinginkan. Namun ingat, tidak perlu berlebihan atau foto Anda nantinya akan terlihat lebih buruk.
  • Keempat, terkadang orang lebih suka foto yang memiliki satu warna yang cenderung mendominasi. Pada foto tersebut mungkin Anda lebih suka merubah tone ke merah. Bisa dilakukan dengan cara fitur Color Balance. Anda bisa mengaksesnya melalui menu Image – Adjustments – Color Balance. Tarik point paling atas ke arah Red, misalnya 20%. Maka foto akan didominasi dengan tone warna merah. Menjadi lebih berseni memang meski tidak semua orang menyukainya.

 

Baca juga :

               Belajar Edit Foto dengan Photoshop: Cara Memperbaiki Warna pada Photshop CS3

               HTC 10, smartphone berkelas siap melawan flagship lain

 

Foto Paris Hilton

Foto berikutnya yang menjadi sample kedua adalah foto Paris Hilton. Foto tersebut agak terkesan memiliki tone merah pada wajahnya dan mungkin kurang begitu natural karena pada dasarnya Paris Hilton memiliki kulit berwarna putih. Kita akan coba memperbaikinya dengan beberapa tips dan trik sederhana dengan Photoshop:

  • Masukan foto pada Photoshop dan pastikan tersedia jendela History. Untuk layer sepertinya tidak begitu perlu.
  • Pertama Anda bisa merubah tone warna foto tersebut dengan Color Balance. Akses melalui menu Image – Adjustments – Color Balance. Karena Anda ingin mengurangi dominasi warna merah, maka Anda bisa menarik titik point Color Balance paling atas ke kiri atau ke arah Cyan. Sebagai contoh kami menarik hingga angka – 20. Akan terlihat warna merah memudar dan warna kulit lebih natural.
  • Kedua kita akan mencoba melakukan trik pengurangan warna. Masih sama dengan trik diatas, kita akan mencoba menggunakan fitur Saturation. Akses melalui menu Image – Adjustments – Hue/Saturation. Tarik titik point Saturation ke arah kiri atau yang berarti pengurangan warna total. Sebagai contoh kami menarik sampai -20. Terlihat warna akan sedikit memudar dari warna dominan.
  • Ketiga adalah trik memperbaiki warna foto dengan Photoshop memanfaatkan fitur Selective Color. Sebuah fitur cerdas dalam Photoshop yang dapat Anda akses melalui menu Image – Adjustments – Selective Color. Karena yang dominan adalah warna merah, untuk memperbaiki Anda hanya perlu menarik titik point Magenta ke kiri atau artinya mengurangi, sebagai contoh sampai -24 (Magenta adalah warna yang cenderung mirip merah). Pada foto tersebut setelah Magenta dikurangi terlihat muncul warna kuning yang dominan, maka yang harus dilakukan adalah menarik titik point Yellow ke arah kiri, sebagai contoh mencapai -24 juga. Penarikan titik tersebut tidaklah baku, karena Anda bisa melakukan sesuai yang diinginkan.

Jika Anda menginginkan perbaikan warna hanya pada wajah saja tanpa merubah warna background. Maka yang harus dilakukan adalah melakukan seleksi pada sekitar wajah dengan tool Quick Selection, atau Pen tool, maupun Lasso tool. Kemudian lakukan proses di atas.

Selamat memperbaiki warna foto dengan Photoshop. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel