Tips dan Cara Membuat Foto Hitam Putih menjadi Berwarna dengan Photoshop CS3

25 Dec 2013 13:00 12180 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Foto-foto lama memang menarik untuk kembali dilihat. Anda bisa bernostalgia dengan foto-foto lama Anda ketika masih kecil. Sayangnya di masa lalu masih banyak orang yang memotret dengan kamera BW atau hitam putih. Namun perlu Anda ketahui bahwa bukannya mustahil untuk mewarnai foto hitam putih. Pada artikel ini Plimbi akan menghadirkan tutorial cara membuat foto hitam putih.

Foto-foto lama memang menarik untuk kembali dilihat. Anda bisa bernostalgia dengan foto-foto lama Anda ketika masih kecil. Sayangnya di masa lalu masih banyak orang yang memotret dengan kamera BW atau hitam putih. Namun perlu Anda ketahui bahwa bukannya mustahil untuk mewarnai foto hitam putih. Pada artikel ini Plimbi akan menghadirkan tutorial cara membuat foto hitam putih menjadi berwarna.

 

Baca juga :

                    Fitur hebat Chromebook yang jarang diketahui orang

                    5 Alasan Anak muda Diusia Sangat Belia Mudah Galau

 

Ketika Anda membaca turorial dalam artikel ini sampai selesai pastikan Anda segera mempraktekan pada foto BW Anda sendiri. Plimbi akan mengulas tips dan tutorial bagaimana cara mewarnai foto hitam putih dengan software Photoshop. Apapun bisa Anda lakukan dengan Photoshop memang, termasuk memberikan warna pada foto yang aslinya tidak berwarna. Namun disini ide dan kreativitas Anda dituntut agar foto lebih terlihat alami dan seperti asli.

Quick Selection tool

Cara membuat foto hitam putih yang pertama bisa dengan menggunakan Quick Selection tool. Untuk cara yang pertama Anda bisa menggunakan Quick Selection tool yang berfungsi menyeleksi bagian-bagian yang hendak di warnai. Disinilah perlu kehati-hatian agar setiap bagian dapat di warnai dengan tepat. Simak tutorialnya dibawah ini

  • Masukan foto BW (hitam putih) Anda pada Photoshop. Akan lebih baik jika menggunakan Photoshop minimal CS 3 yang sudah banyak mendukung fitur-fitur modern.
  • Seleksi setiap bagian demi bagian. Sebagai contoh pada foto ini pertama-tama kami melakukan seleksi pada pria tersebut sendiri untuk nantinya di edit dengan warna kulit.
  • Harap hati-hati agar proses seleksi tidak berlebihan dan tidak kekurangan karena akan terjadi ketimpangan.
  • Setelah seleksi orang selesai, masuklah pada menu Image dan Color Balance atau bisa langsung klik CTRL + B. Warna kulit manusia biasanya cenderung agak kuning kecokelatan atau bahkan bisa cenderung ke agak merah. Karena kami tidak mengetahui pasti warna kulit asli orang tersebut maka setidaknya kami harus memberi warna yang sekiranya pas dan tidak aneh.
  • Pada Color Balance Anda bisa mengatur titik point teratas ke arah Red (merah), titik point kedua ke arah Magenta dan titik point ketiga ke arah Yellow (kuning). Namun hal ini tidak menjadi patokan dasar. Anda bisa menarik titik point dalam Color Balance sesuai keinginan Anda.
  • Selanjutnya setelah selesai memberi warna pada kulit sang pria, giliran Anda melakukan seleksi pada bagian lain seperti pada sang wanita atau background pada foto yang ada.
  • Ingat sekali lagi disini adalah ide dan kreativitas Anda yang berperan agar menghasilkan warna yang terlihat alami.

Brush tool

Ada satu lagi cara untuk mewarnai foto hitam putih dengan Photoshop. Caranya memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan cara diatas, namun jika dilakukan dengan seksama hasilnya tentu lebih bagus.

  • Masukan foto hitam putih pada Photoshop modern, minimal CS 3 keatas.
  • Bukan dengan seleksi secara konvensional, namun Anda harus memanfaatkan fitur-fitur yang ada yakni menjadikan pengaturan foreground hitam dan background putih. Pengaturan ini ada dibagian bawah toolbox, Switch Foreground and Background Color (X).
  • Langkah yang kedua, klik fitur Edit in Quick Mask Mode juga dibagian bawah toolbox.
  • Berikutnya klik Brush tool dan gosokan pada bagian tertentu. Pada foto ini kami melakukan penggosokan pada kulit terlebih dahulu. Hasil gosokan adalah warna merah.
  • Jika gosokan Brush tool keluar dari bagian tersebut Anda bisa menghapusnya dengan fitur Eraser. Jadi pastikan gosokan ini pas agar kemudian Anda bisa mewarnai lebih tepat.
  • Setelah selesai melakukan proses diatas, kini Anda kembali harus klik Edit in Quick Mask Mode. Maka akan menghasilkan seleksi otomatis pada bagian yang di gosok dengan Brush tool.
  • Sebelum melakukan pewarnaan, Anda harus terlebih dahulu harus melakukan Select Inverse atau bisa dilakukan dengan cara klik Shift + CTRL + I.
  • Lakukan pewarnaan dengan Color Balance seperti diatas. Atau bisa juga dibantu dengan fitur Saturation, Hue dan fitur-fitur pewarnaan lainnya.
  • Lakukan proses Brush pada bagian lainnya.

Pada intinya, kerumitan mewarnai foto hitam putih ada pada proses seleksi dimana kita harus teliti dan hati-hati agar tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Seleksi juga bisa dilakukan dengan berbagai tool seperti Lasso tool, Magic Wand tool, Pen tool dan lain-lain. Namun cara diatas adalah yang paling mudah. Praktekan pada foto hitam putih Anda dan pastikan Anda bisa membuat foto hitam putih menjadi lebih berwarna. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel