Bagaimana Tips Memilih Tablet yang Tepat untuk Kebutuhan Akhir Tahun Anda?

17 Dec 2013 09:00 3354 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sulit untuk mengingat waktu sebelum kemunculan tablet, tapi sudah kurang dari empat tahun sejak Apple iPad memukul pasar dan pasar tablet saat ini telah lahir. Sejak itu, bisa dilihat banyak produsen mencoba untuk meracik sebuah tablet yang sejauh ini, telah didominasi oleh Apple, dan telah mencapai iterasi iPad kelima. Pertumbuhan yang begitu pesat diklaim oleh analis bahwa tablet akan menguasai  setengah pasar PC pada 2014.

Sulit untuk mengingat waktu sebelum kemunculan tablet, tapi sudah kurang dari empat tahun sejak Apple iPad memukul pasar dan pasar tablet saat ini telah lahir. Sejak itu, bisa dilihat banyak produsen mencoba untuk meracik sebuah tablet yang sejauh ini, telah didominasi oleh Apple, dan telah mencapai iterasi iPad kelima. Pertumbuhan yang begitu pesat diklaim oleh analis bahwa tablet akan menguasai  setengah pasar PC pada 2014. Tentu tidaklah mudah untuk memilih salah satu tablet yang bisa mengakomodasi kebutuhan anda. Namun jangan khawatir, karena pada ulasan kali ini Plimbi akan memberikan tips memilih tablet yang sesuai dengan kebutuhan anda di penghujung tahun 2013 ini.

Tips memilih tablet yang akan Plimbi ulas di sini termasuk semua sistem operasi yang menyusup masuk ke dalam PC tablet.

Tips Memilih Tablet Pertama: Apakah Anda Membutuhkan Tablet?

Meskipun hampir empat tahun berjalan, tablet masih belum bisa benar-benar menggantikan komputer atau smartphone. Anda dapat menangani tugas-tugas produktivitas pada tablet, tapi ada manfaat ergonomis yang melekat pada desktop dan laptop. Plus, karena kita sedang berbicara tentang tablet di sini, kita berbicara tentang sebagian besar keyboard  di layar. Ada banyak hardware  keyboard add-on yang layak terutama untuk iPad, tetapi hanya sedikit yang akan memberikan kenyamanan yang sama ketika anda mengetik menggunakan laptop atau PC. Fokus utama dari tablet yang akan Plimbi bahas di sini adalah konsumsi media, bukan produktivitas. Tetapi jika anda menginginkan tablet convertible dengan prosesor sekelas laptop untuk pekerjaan yang serius, maka anda bisa melirik tablet Windows 8 kelas atas yang telah diuji untuk pekerjaan semacam ini.

Tablet memiliki keunggulan dibandingkan laptop dan ponsel, yang menawarkan cara yang lebih portabel untuk memeriksa email, menjelajah Web, video chat, menonton film, mendengarkan musik, dan bermain Games dibandingkan dengan laptop anda, namun dengan layar yang lebih besar dari smartphone  Anda. Meskipun demikian, Anda mungkin tidak perlu tablet. Tetapi jika Anda ingin memilikinya, baca terus tips memilih tablet dari Plimbi berikutnya.

 

Baca juga :

                    Xiaomi Mi Max, Hadir Dengan Layar Ekstra Lega

                    HTC 10, smartphone berkelas siap melawan flagship lain

 

Tips Memilih Tablet Kedua: Pilih Sistem Operasi Anda

Sama seperti dengan komputer, jika Anda ingin memiliki tablet, anda harus memilih salah satu sistem operasi yang sesuai dengan anda. Dan seperti dengan komputer, keputusan Anda kemungkinan akan turun ke firasat Anda. Saat ini, pesaing tertinggi di pasar tablet adalah Apple dengan iPad-nya, dan Android dengan banyak pilihan seperti Acer, Amazon, Asus, Google, Samsung, dan lain-lain. Dan tahun ini, kita akhirnya melihat tablet Windows 8 dengan harga yang terjangkau yang dibangun dengan menggunakan prosesor  Intel Atom (sebelumnya CODEC Bay Trail) prosesor dari berbagai produsen seperti Asus, dengan Transformer Book T100TA. Sementara itu, Windows RT, versi miniatur dari Windows 8 juga bisa anda jadikan pilihan, tapi sistem operasi ini masih sedikit membingungkan dan tidak mendukung semua aplikasi Windows 8, yang merupakan masalah besar.  Microsoft merilis versi kedua dari tablet Surface RT-nya tahun ini, tetapi perusahaan memberikan sinyal yang nampaknya akan menghijrahkan tablet RT-nya ke Windows Phone OS di masa depan. Jika Anda menginginkan tablet Windows, tablet dengan Windows 8 adalah pilihan yang tepat.

Secara umum, kekuatan terbesar dari iOS, sistem operasi Apple, terdapat pada iPad dan iPad Mini. Mengapa dua tablet ini? Jawabannya karena kedua tablet ini menawarkan tampilan yang bersih dan intuitif, serta berbagai pilihan aplikasi iPad yang dapat Anda beli yang jumlahnya mencapai  475.000 judul.

Sistem operasi Google, Android, adalah cerita yang lebih rumit. Selain memiliki pilihan dari beberapa produsen, ada beberapa iterasi Android beredar di berbagai perangkat. Versi terbaru, 4.4 KitKat, adalah yang terbaik yang menawarkan configurability maksimum, sistem pemberitahuan top-notch, cepat dan halus ketika digunakan untuk Web browsing, serta  integrasi dengan aplikasi Google seperti Gmail, Google Maps, dan Google Talk untuk video chat. Android juga mendukung  untuk beberapa login pengguna sehingga Anda dapJika Anda ingin setiap aplikasi pihak ketiga at berbagi tablet Anda dengan teman atau anggota keluarga, sebuah fitur yang berguna yang tidak bisa anda temukan pada tablet iPad.

Windows 8 datang paling dekat dengan menawarkan pengalaman komputasi tradisional dengan dukungan x86 untuk semua perangkat lunak Windows Anda. Dan anda dapat menjalankan Microsoft Office ketika Anda membeli tablet Windows 8. Pilihan konektivitas dan hardware add-ons untuk model Windows juga biasanya lebih banyak dibandingkan dengan tablet lainnya.

Tips Memilih Tablet Ketiga: Aplikasi

Tablet apa yang mampu menunjukkan aplikasi yang berkualitas? Jika Anda ingin setiap aplikasi dari pihak ketiga berjalan dengan sempurna, maka tidak ada pilihan lain selain Apple iPad karena memang beberapa pengembang aplikasi menciptakan aplikasi yang berkualitas. App Store Apple juga menawarkan beberapa judul aplikasi dan Games yang populer. Jika anda menginginkan tablet yang mampu menjalankan aplikasi dan Games yang berkualitas, maka Apple iPad masih berada di urutan pertama.

Android telah membuat beberapa langkah untuk menyeleksi aplikasi, dan menawarkan aplikasi dan tablet yang berkualitas, namun jumlah aplikasi dan Games yang ditawarkan masih lebih sedikit dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh App Store. Terlebih tablet Android memiliki ukuran layar yang berbeda.

WiFi dan Seluler Mode

Banyak tablet yang menawarkan dalam mode WiFi dan seluler di pasaran. Jika anda ingin menggunakan tablet secara Online di mana saja, anda harus memilih tablet seluler, seperti iPad dengan mode seluler, atau tablet Android yang mana beberapa tablet Android lokal juga menawarkan hal yang sama.

Jika di sekitar lingkungan anda selalu terdapat jaringan WiFi atau internet nirkabel, maka anda bisa menggunakan tablet yang menawarkan mode WiFi.           

Kesimpulan

Sebelum anda membeli tablet untuk anda, pastikan tablet anda dapat mengakomodasi kebutuhan anda dan sesuaikan budget dan fitur yang anda inginkan. 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel