Tips Membeli Tablet Android dan Ponsel Android: Spesifikasi yang Perlu Diberi Perhatian Lebih

5 Nov 2013 10:00 3402 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan mendekati waktu sebelum akhir tahun yang berarti mendekati musim liburan, terkadang banyak orang yang membelanjakan uangnya untuk membeli gadget baru.  

Berbicara membeli gadget baru, maka Plimbi akan memberikan anda tips untuk membeli tablet dan ponsel Android untuk anda. Mengapa tablet dan ponsel? Karena kedua barang ini merupakan barang favorit yang diburu pada saat musim liburan. Karena banyaknya tipe tablet dan smartphone Android yang dijual di pasaran, maka anda harus teliti sebelum membeli tablet Android dan ponsel Android yang anda inginkan, sehingga Anda dapat membeli smartphone terbaik dengan harga yang terjangkau. Plimbi akan memberitahukan anda  mana spesifikasi inti yang harus anda perhatikan sebelum membeli smartphone / tablet. Untuk mengetahui apa saja spesifikasi yang harus diperhatian, berikut tips membeli tablet android dan ponsel Android dari Plimbi.

RAM (Minimum 512MB, lebih tinggi lebih baik)

Salah satu parameter yang harus anda perhatikan yang tidak boleh anda sembarangan untuk mengambilnya adalah RAM. Minimal 1GB RAM diperlukan jika Anda menginginkan kinerja terbaik dari smartphone Anda, hanya jika anggaran Anda rendah maka Anda dapat pergi dengan beberapa ponsel pintar yang dioptimalkan dengan RAM 512MB. Hari-hari dimana smartphone akan datang dengan RAM 2GB adalah seperti LG Nexus 4 dan juga ada beberapa varian Galaxy S3 yang memiliki 2GB RAM dan beberapa ponsel Android dengan harga terjangkau saat ini juga sudah memberanikan diri membawa RAM sebesar 1GB terutama ponsel Android dari pabrikan lokal 

Prosesor (Minimum 1GHz, lebih tinggi lebih baik)

Setelah RAM, hal kedua yang Anda butuhkan untuk dicari adalah prosesor yang sebenarnya jantung smartphone. Sekarang, tren saat ini adalah prosesor Quad Core tapi itu cukup baik untuk membeli smartphone yang dilengkapi dengan prosesor 1GHz Single Core, meskipun Quad-core akan membawa anda kedalam pengalaman smartphone yang sangat baik, namun Single-core 1GHz masih cukup bertenaga saat ini asalkan Anda harus memastikan bahwa kehadiran GPU akan lebih meningkatkan kinerja grafis karena akan membuat game berjalan dengan cara yang lebih baik.

 

Baca juga :

               5 Tablet Android Terbaik April 2016

               Perkenalkan Mali-G71, GPU Terbaru Buatan ARM

 

Garansi (Minimum 1 tahun, dan dengan asuransi yang dapat diperpanjang):

Waspadalah terhadap perangkat yang tidak memiliki garansi atau Garansi Terbatas, anda harus mencari perangkat yang masih memiliki garansi minimal satu tahun, juga jika anda mendapatkan pilihan untuk memperpanjang asuransi anda, maka anda harus mendapatkan perangkat Android ini. Dengan perpanjangan garansi, Anda benar-benar akan measa aman dan tidak ada rasa khawatir untuk menggunakan perangkat ini, juga memastikan bahwa perpanjangan garansi diberikan oleh produsen dan bukan reseller.

Versi Android (Minimum  ICS Android 4.0, lebih tinggi lebih tinggi):

Versi Android terbaru sampai saat ini adalah Jelly Bean 4.3 yang mana sebentar lagi akan digantikan oleh KitKat, dan perangkat dengan Jelly Bean saat ini sangat mudah untuk dicari, namun jika anda memiliki dana yang terbatas, maka anda bisa mencari perangkat yang memiliki sistem operasi yang berjalan diminimal Android 4.0, karena anda juga akan dapat merasakan sistem operasi Android terbaru ketika anda mendapatkan Android 4.0. Meskipun ada banyak ROM kustom yang tersedia, itu selalu lebih baik jika anda memiliki Android 4.0 asli dari produsen.

Mengetahui Kinerja Lebih Dalam (membaca ulasan perangkat yang bersangkutan)

Sebelum melanjutkan untuk membeli, Anda harus memastikan bahwa Anda telah memiliki info dan ulasan yang  mengulas secara detail dari perangkat yang bersangkutan. Dengan ini anda akan dapat benar-benar mengetahui kualitas dari perangkat yang akan anda ambil, kejernihan warna, antarmuka dan anda juga dapat mengetahui kualitas dari perangkat yang bersangkutan.

Kamera (minimum 5 megapiksel, pilih perangkat yang memiliki kamera sekunder yang bisa anda gunakan untuk melakukan panggilan video)

Perangkat harus memiliki minimal kamera 5MP dan juga pastikan bahwa kamera utama dari perangkat ini memiliki fitur seperti Panorama Mode, Flash dll karena Anda mungkin memerlukan hal yang sama di masa depan. Jika Anda selalu menggunakan panggilan video sebagai alternatif berkomunikasi anda, maka pastikan pula bahwa perangkat anda ini memiliki kamera sekunder yang tersemat dibagian penampang depan perangkat ini, dan sebaiknya pilih kamera sekunder dengan kualitas di atas VGA agar anda mendapatkan hasil yang maksimal. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel