Perkenalkan Mali-G71, GPU Terbaru Buatan ARM

30 May 2016 13:29 3407 Hits 0 Comments
Kabarnya arsitektur untuk GPU ini berbeda dengan GPU yang sekarang.

Bagi para pecinta smartphone yang tidak pernah ketinggalan informasi seputar perangkat pintar nan populer tersebut, kabar kehadiran GPU terbaru dari ARM bernama Mali-G71 memang cukup mengagetkan.

Dikatakan mengagetkan karena GPU terbaru buatan ARM ini dikabarkan akan menggunakan arsitektur yang berbeda dari GPU Mali sebelum-sebelumnya.

Nama arsitektur terbaru tersebut adalah Bifrost.

Sebelumnya, GPU untuk perangkat mobil buatan ARM sudah mengalami dua kali revisi besar-besaran. Yang pertama adalah Utgard dengan contoh GPU-nya adalah Mali-400, Mali-470, dan sekelasnya.

Utgard sudah mendukung OpenGL ES 2.0 dan dapat ditemukan di perangkat smartphone seperti Samsung Galaxy S2.

Selanjutnya adalah Midgard dengan contoh GPU-nya adalah Mali-T604 yang dapat ditemukan di Nexus 10. Kemudian ada juga Mali-T760 yang dapat ditemukan pada Samsung Galaxy S6. Serta yang terakhir adalah Mali-T880 yang dapat ditemukan pada versi Exynos dari Samsung Galaxy S7, Huawei Mate 8, Huawei P9 dan beberapa smartphone kelas flagship lainnya.

Hingga saat ini, GPU terbaru ARM bernama Mali-G71 ini lebih dikenal oleh para pengembangnya dengan kode Mimir.

Bagi Anda yang penasaran atau mungkin juga mengenal penamaan dari GPU buatan ARM ini, semua nama-namanya diambil dari mitologi asal Norwegia.

Dan Bifrost yang juga adalah arsitektur terbaru dari GPU Mali-G71 merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan Midgard dan Asgard.

Dibandingkan dengan Mali-T880, GPU teranyar Mali-G71 ini menawarkan banyak peningkatan seperti peningkatan pada efisiensi energi hingga 20 persen, peningkatan pada performa hingga 40 persen, dimana dengan kata lain, Mali-G71 ini akan memiliki kemampuan di atas Mali-T880.

Bagi Anda yang tidak sabar menunggu kehadiran GPU ini di smartphone-smartphone kelas high end, sepertinya Anda harus sabar menunggu karena menurut informasi yang beredar, Mali-G71 ini baru akan keluar pada tahun 2017.

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel