Empat Metode Latihan Cara Mengetik 10 Jari yang Berguna Untuk Produktivias Kerja

18 Aug 2014 09:00 265508 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bila Anda termasuk orang yang tidak bisa mengetik cepat, mulailah mengubah pola. Latihlah pengetikan cepat. Tentu yang paling baik adalah dengan mengetik menggunakan sepuluh jari. Jika hal ini bisa Anda latih, bukan tidak mungkin Anda bisa seperti ilustrasi yang dijelaskan pada pada pertama, seorang yang produktif dalam proses pengetikan. Tentu Anda mau bukan? Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk mengetik dengan 10 jari.

Cara mengetik 10 jari merupakan sebuah cara mengetik yang memang diharuskan dan diperlukan. Tentu hal ini terkait dengan masalah produktivitas. Seorang bos tidak akan marah ketika dia tahu bahwa pekerjaan mengetik Anda lebih cepat dari dugaannya. Seorang penerbit buku tidak perlu menuggu lama beresnya sebuah buku karena Anda bisa menyelesaikan buku sebelum deadline yang ditetapkan. Semua menyenangkan tapi tentu hal itu bisa terjadi jika Anda bisa mengetik dengan cepat.  Bagaimana jika tidak?

Bila Anda termasuk orang yang tidak bisa mengetik cepat, mulailah mengubah pola. Latihlah pengetikan cepat. Tentu yang paling baik adalah dengan mengetik menggunakan sepuluh jari. Jika hal ini bisa Anda latih, bukan tidak mungkin Anda bisa seperti ilustrasi yang dijelaskan pada pada pertama, seorang yang produktif dalam proses pengetikan. Tentu Anda mau bukan? Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk mengetik dengan 10 jari. Tapi bagaimana caranya? Tidak perlu repot ikut kursus, berikut dijelaskan berbagai metode pembelajaran cara mengetik 10 jari yang patut Anda coba.

 

LATIHAN MANUAL

Tips pertama cara mengetik 10 jari adalah dengan memperhatikan penggunaan jari pada tuts keyboard. Setiap jari mempunyai tugas tertentu untuk menekan tuts. Dan jari keliking merupakan jari yang memiliki tugas paling banyak. Perhatiakan gambar

 
Setelah melihat gambar, selalu ingatlah bahwa sepuluh jari ini perlu dipakai. Tentu hal ini untuk menghilangkan kebiasaan mengetik hanya dengan sebagian jari.  Cara paling mudah untuk melatih jari ini adalah dengan mengetik kalimat berikut ini

"The Quick Browns Fox Jumps Over The Lazy Dog”

Ketiklah kalimat tersebut dalam satu halaman penuh dengan menggunakan 10 jari. Lakukanlah pelan -pelan terlebih dahulu. Terus latih tiap hari. Jika sudah cukup cepat mengetik kalimat tersebut, cobalah mengetik kalimat lain yang memiliki semua abjad. Contoh kalimat lainnya adalah

“Blowzy Red Vixens Fight For a Quick Jump”

Setelah dirasa bisa mengetik dengan cepat dengan kedua kalimat tersebut, Anda pun  bisa memparaktekannya pada tulisan yang lebih panjang. Carilah tulisan yang agak panjang misalnya berita di Internet. Usahakan ketika mengetik, Anda tidak melihat keyboard.

 

LATIHAN MENGGUNAKAN PROGRAM/APLIKASI

Jika tips pertama terasa terlalu teoritis dan membosankan, maka Anda bisa menggunakan teknik cara mengetik 10 jari dengan bantuan program atau aplikasi. Ada banyak program yang membantu dalam melatih 10 jari. Program-program yang membantu dalam proses belajar mengetik 10 jari diantaranya adalah TIPP10, Typing Master Pro, Typing Tutor, dan sebagainya. Program-program tersebut bisa Anda googling di Internet. Penggunaan program ini sendiri tentu sangat baik untuk mendukung latihan mengetik apalagi bagi pemula.

 
Baca juga :
 
               Tips Agar Kamu Mudah Diterima Kerja dalam 600 Kata
 
 

LATIHAN DENGAN BANTUAN SITUS INTERNET

Selain menggunakan program, Anda pun dapat belajar cara mengetik 10 jari dengan bantuan situs.  Dua situs yang berguna dan bermanfaat dalam membantu latihan Anda adalah TypingWeb dan Typeonline. Dua situs ini tentunya  bisa  memberikan Anda lebih semangat dalam berlatih. Mengapa? Ketika dibantu dengan kedua situs ini, Anda tidak hanya dipandu dalam berlatih tetapi dites. Bahkan situs TypingWeb memberikan sertifikasi khusus ketika Anda sudah dirasa memiliki kemampuan yang bisa dibilang mahir. Anda bisa mengunjungi situs TypingWeb disini dan situs Typeonline disini. 

 

LATIHAN MENGETIK CEPAT  YANG MENYENANGKAN

Jika Anda ingin berlatih cara mengetik 10 jari yang lebih menyenangkan dan fun, Anda perlu mencoba games Type Shark. Games yang sudah lama beredar ini merupakan games yang cocok untuk yang ingin berlatih mengetik dengan cepat. Games ini datang dengan konsep  para hius yang harus dibunuh dengan cara mengetikan huruf yang tertera di badannnya. Selain itu adanya panduan mengetik pada bagian menu typyng tutor tentu akan menambah kesan bahwa games  ini menyenangkan dan juga mendidik.

 

Demikianlah empat metode latihan cara mengetik 10 jari yang bisa Anda coba. Anda bisa memilih salah satu metode dari keempat metode di atas. Namun sebaiknya, Anda melakukan metode awal atau metode manual terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa mencoba salah satu dari ketiga metode lainnya. Lakukanlah latihan tersebut dengan konsisten. Jika Anda ingin mahir dengan cepat, latihlah jari Anda dengan sangat rajin. Tidak menutup kemungkinan dengan niat yang kuat dan usaha yang sungguh-sungguh, Anda dalam waktu singkat bisa menjadi seorang yang ahli mengetik dengan cepat.  [HMN]

Tags tutorial

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel