Inilah Penyebab Mengapa Headphone Terbaik Anda Cepat Rusak

18 Oct 2013 17:00 10532 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda pernah merasa frustasi karena headphone terbaik Anda sering rusak? Entah itu salah satu sisinya tidak mengeluarkan suara, suara yang dihasilkan menjadi berisik, dan lainnya, hal tersebut tentu saja sangat mengesalkan.

Apakah Anda pernah merasa frustasi karena headphone terbaik Anda sering rusak? Entah itu salah satu sisinya tidak mengeluarkan suara, suara yang dihasilkan menjadi berisik, dan lainnya, hal tersebut tentu saja sangat mengesalkan. Namun sebelum Anda menyalahkan si pembuat headphone tersebut, ada baiknya Anda mengingat-ingat apa saja yang pernah Anda lakukan pada headphone tersebut.

Jika headphone terbaik Anda tersebut rusak setelah pemakaian selama 3 tahun, hal tersebut tentu wajar karena setiap perangkat elektronik memiliki umur yang terbatas. Namun jika headphone Anda sering rusak hanya dalam waktu tiga bulan setelah membelinya, pasti ada sesuatu yang salah dengan diri Anda. Ya, diri Anda sendirilah yang biasanya menjadi biang keladinya karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Apa sajakah itu?

Penggunaan yang Tidak Benar

Salah satu penyebab utama mengapa headphone cepat rusak adalah karena penggunaan dan perawatannya yang tidak benar. Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang adalah lupa bahwa ia sedang memakai headphone. Sehingga ketika ia berdiri atau berpindah tempat, headphone tersebut akan tertarik dan jatuh ke lantai. Selain itu, tidak sedikit pula para gamer yang menumpahkan kekesalan karena kalah dengan cara melempar headphone ke tembok dan lainnya. hal-hal seperti inilah yang akan membuat headphone Anda berumur pendek.

Cara Penyimpanan yang Salah

Hal selanjutnya yang membuat headphone Anda cepat rusak adalah cara penyimpanannya yang tidak sesuai. Salah satu yang sering menjadi korban karena cara penyimpanan yang salah ini adalah kabel. Ya, kabel banyak menjadi korban karena komponen ini jarang diperhatikan oleh pengguna headphone.

Hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna headphone adalah melipatkan kabel di sekeliling gagang headphone agar lebih mudah dibawa. Terkadang, para pengguna juga sering melilitkannya pada iPod ketika sedang digunakan. Cara penyimpanan seperti ini sangat tidak disarankan karena dapat merusak komponen yang ada di dalam kabel tersebut. Pasalnya, kabel headphone sangatlah kecil dan tipis sehingga rentan terhadap berbagai macam tekanan.

Hal lainnya yang tidak boleh Anda lakukan adalah menekuk kabel headphone tersebut. Lekukan pada kabel tersebut dapat merusak komponen yang ada di dalamnya. terlebih lagi jika Anda sering menekuknya ke depan dan ke belakang, maka umur kabel tersebut hanya tinggal menunggu waktu saja.

 

Baca juga :

               Heboh! Akhirnya ASUS Merilis Smartphone Terbarunya Bernama ZenFone 3

               Xiaomi "The Unstoppable" Kabarnya Kembali Merajai Penjualan Smartphone di China

 

Tempat penyimpanan yang salah

Selain cara penyimpanan, tempat penyimpanan yang tidak sesuai juga sering menjadi biang keladi dari kerusakan sebuah headphone. Banyak orang yang langsung memasukan headphone ke dalam tas mereka sehingga kabel menjadi berantakan dan juga terlipat. Hal ini juga sering terjadi kepada earphone di mana penggunanya sering memasukan earphone tersebut ke dalam saku baju atau celana secara langsung.

Kebiasaan tersebut cepat atau lambat akan membuat headphone kesayangan Anda rusak. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk mebeli tempat khusus bagi hedphone tersebut agar tidak terlalu banyak benturan atau lipatan ketika Anda menyimpannya.

Volume Suara Terlalu keras

Hal selanjutnya yang menyebabkan headphone cepat rusak adalah penggunaan dengan volume suara yang terlalu keras. Ya, jika Anda menggunakan headphone dengan volume suara yang kencang secara terus menerus, maka headphone tersebut akan rusak lebih cepat dari biasanya. Walaupun sebuah headphone sudah diatur untuk mampu menyajikan suara pada volume tertentu, namun suara yang terlalu kencang akan menghasilkan gelombang suara yang lebih besar sehingga dapat merusak komponen internal dengan cepat.

Jika Anda menggunakan  sebuah headphone kelas atas, mungkin kerusakan karena volume suara yang terlalu kencang dapat diminimalisir. Namun akan lebih baik bagi Anda jika tetap menggunakan headphone tersebut dalam volume suara normal.

Kesimpulan

Selama ini headphone terkenal sebagai barang elektronik yang cepat rusak dan banyak diganti komponennya. Hal tersebut mungkin saja benar di satu sisi. Namun di sisi yang lain, hal itu sebenarnya disebabkan karena cara pemakaian dari si penggunanya itu sendiri. Oleh karena itu, sekarang Anda dapat meminimalisir berbagai macam kerusakan tersebut sehingga Anda dapat menikmati headphone kesayangan Anda dalam jangka waktu yang lebih lama lagi. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel