Ketahui Kisah Tokoh Pengusaha Sukses Terry Gou dalam Mendirikan Foxconn

7 Oct 2013 18:00 13875 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tokoh pengusaha sukses  benama Terry Gou dilahirkan pada tanggal 8 Oktober 1950 di Taiwan. Setahun setelah orang tuanya mulai menetap di tempat ini. Orang tuanya sendiri  berasal dari Provinsi Shanxi, daerah Cina daratan.  Ayahnya Terry Gou adalah seorang mantan polisi. Hal ini tentunya membuat Gou kecil belajar banyak tentang disiplin dan kerja keras. 
 

Jika ditanya perusahaan manufaktur mana yang  terdepan saat ini? Jawabannya adalah Foxconn. Mengapa? Hal ini tidak lain karena kesuksesan penjualan iPhone dan iPad di pasaran. Kedua produk besutan Apple tersebut memang dibangun dan dirangkai oleh Foxconn. Buah tangan Foxconn lah yang membuat Apple sukses saat ini. Lalu siapa sebenarnya  tokoh penting dari Foxconn  yang bisa membuat Steve Jobs percaya padanya? Dia adalah Terry Gou, seorang tokoh pengusaha sukses yang telah mengantarkan Foxconn menjadi perusahaan ternama sampai saat ini. Bagaimana beliau bisa melakukannnya? Kali ini akan dibahas perjalanan Terry Gou memulai usahanya dan mengembangkan Foxconn  sehingga menjadi sukses seperti sekarang ini.

Masa Kecil

Tokoh pengusaha sukses benama Terry Gou dilahirkan pada tanggal 8 Oktober 1950 di Taiwan. Setahun setelah orang tuanya mulai menetap di tempat ini. Orang tuanya sendiri  berasal dari Provinsi Shanxi, daerah Cina daratan.  Ayahnya Terry Gou adalah seorang mantan polisi. Hal ini tentunya membuat Gou kecil belajar banyak tentang disiplin dan kerja keras.

Terry Gou adalah anak sulung. Dia punya dua adik laki-laki. Sebagai anak paling tua, Gou tentunya harus memberi contoh yang baik. Hal ini ditunjukan dari keseriusannya belajar dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Tentu semangat belajar dari tokoh pengusaha sukses ini menjadi contoh bagi kedua adiknya yaitu Tai-Chiang Gou dan  Tai-Cheng Gou. Kedua adiknya ini pun menjadi pengusaha sukses seperti kakaknya

Awal Karir

Sebelum menjadi seorang tokoh pengusaha sukses seperti sekarang, Terry Gou memulai karirnya sebagai pekerja. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai pekerja di pabrik karet. Ia juga pernah bekerja di bengkel ban. Yang paling menarik ialah bahwa Gou pernah bekerja di bidang tanaman obat-obatan. Suatu bidang yang cukup jauh dengan karirinya saat ini.

Tokoh pengusaha sukses ini kemudian berinisiatif untuk berwiraswasta. Ia memulai karir wiraswastanya pada tahun 1974. Dia mendirikan Foxconn dengan modal yang dipinjamkan oleh ibunya. Saat itu ibunya memberi US$ 7.500 kepadanya. Dana tersebut ia pakai untuk modal awal membangun pabrik plastik yang digunakan untuk televisi. Dengan hanya memiliki  10 karyawan,  Terry Gou mampu membuat perusahaan  kecilnya berkembang.

Memasuk tahun 80-an, saat komputer menjadi fenomenal, Terry Gou mulai memproduksi konektor untuk PC. Setelah itu, tepatnya pada tahun 1988, ia mendirikan pabrik Longhua Sains & Teknologi Park di Shenzen. Pabrik  inilah yang kemudian menjadi langkah besar bagi Terry Gou sebagai tokoh pengusaha sukses. Bayangkan saja, peabrik ini saat ini mempunyai jumlah pekerja yang mencapai hampir 300.000 orang. Di pabrik inilah semua manufaktur elektronik dikembangkan.

 

Baca juga :

               Pesona iPhone 6s Rose Gold Berlapis Emas 24 Karat

               Xiaomi "The Unstoppable" Kabarnya Kembali Merajai Penjualan Smartphone di China

 

Langkah Besar Terry Gou

Langkah besar yang dilakukan Terry Gou sehingga Foxconn  menjadi terkenal sampai sekarang adalah pengembangan motherboard untuk Intel pada awal tahun 2000-an.  Saat itu Intel sedang mengembangkan chipset dan Foxconn menjadi mitra dalam mengembangkan motherboard-nya. Setelah itu manufaktur Foxconn mulai dipakai oleh vendor dan perusahaan penyedia elektronik lainnya. Sebut saja Motorola, Amazon, Nintendo, Acer, Intel, HP, Cisco, Nokia, Dell, Sony, Microsoft, bahkan Apel mempercayakan bahan material produknya dibuat oleh Foxconn. Pada tahun 2012 lalu, Sharp Corporation perusahaan multinasioanl dari Jepang yang terkenal dengan produk display-nya  mulai memakai  Foxconn sebagai pengembang manufaktur produknya.

Dengan mitra yang banyak ini, Foxconn pun mulai membuka banyak pabrik dan laboratorium. Tidak hanya di Cina tetapi di luar negeri seperti Jepang, Republik Ceko, Hungaria, Amerika Serikat, Meksiko, Brazil, Vietnam, dan  India. Bahkan dalam waktu dekat Foxconn akan mendirikan pabrik di Indonesia.
Perjuangan seorang tokoh pengusaha sukses Terry Gou menjadikan Foxconn sebagai perusahaan terdepan adalah inspirasi yang patut dicontoh. Bayangkan dari modal yang hanya US$ 7500,  kini memiliki aset sampai US$ 61 miliar. Sebuah usaha yang tidak sia-sia dari Terry Gou. Berkat perjuangannya dalam mengembangkan Foxconn,  kini ia menjadi salah satu orang terkaya di Taiwan. Bahkan tokoh yang satu ini sendiri pernah masuk 150 orang  terkaya versi Majalah Forbes pada tahun 2006. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel