Tips Membeli Konsol Game Terbaru dan Hal-Hal Apa yang Harus Anda Pertimbangkan

10 Dec 2013 21:00 3287 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dipastikan hampir setiap harinya ada saja game-game terbaru yang dirilis mengingat ada banyak platform game serta developer yang saling bersaing. Namun apakah bijak jika kita membeli media distribusi video game sembarangan? Akan ada tips membeli game untuk konsol dan PC untuk Anda agar lebih bijak lagi.

Dipastikan hampir setiap harinya ada saja game-game terbaru yang dirilis mengingat ada banyak platform game serta developer yang saling bersaing. Namun apakah bijak jika kita membeli media distribusi video game sembarangan? Akan ada tips membeli konsol game terbaru agar lebih bijak lagi.

Beberapa saat yang lalu dalam perhelatan event akbar Tokyo Games Show yang diadakan pada 19 hingga 22 September lalu, perusahaan secara resmi Microsoft memperkenalkan 8 game terbaru untuk Xbox One, 21 game terbaru untuk Xbox 360 dan beberapa game terbaru untuk platform PC Microsoft Windows. Nah, itu baru Microsoft, bagaimana dengan perusahaan produsen game lain, perusahaan developer game lain serta publisher lain? Tentu ada banyak sekali dan pastinya membuat gamer bingung menentukan mana yang akan dibeli. Penting untuk membaca artikel tips membeli konsol game terbaru karena nantinya Anda akan lebih bijak bermain dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan meskipun kocek Anda masih tebal. Simak beberapa tipsnya selengkapnya dibawah ini:

  • Pilih game yang lebih variatif

Jika memang Anda menggemari game dengan genre First person shooter, tidak ada yang salah dan itu memang pilihan yang cukup bagus. Namun sungguh kurang bagus jika Anda membeli media distribusi game yang kesemuanya adalah FPS (First person shooter). Hal ini akan terlihat monoton dan justru lama kelamaan menjadi membosankan. Setidaknya dari 10 koleksi game yang Anda beli, 4 diantaranya adalah FPS dan sisanya bisa dari genre lain seperti Role Playing Game, Sports, Action, atau bahkan Side Scrolling dan Platformer bukanlah pilihan buruk meski kadang dianggap kuno.

  • Pilih game yang kompatibel dengan sistem

Untuk masalah ini yang terutama adalah Anda yang menggunakan perangkat PC. Jangan sampai Anda membeli media distrbusi game yang berat dan tidak dapat maksimal dijalankan pada PC Anda. Tentu ini sebuah kerugian, kecuali Anda segera mengupgrade sistem requiresment.

  • Pilih game dengan skor tinggi

Sering kali game dijual dengan harga yang hampir sama (contoh di situs retail) namun kualitas game yang ditawarkan jauh. Sebelumnya pastikan sebelum Anda membeli game melihat seberapa respon positif yang diberikan dari kritikus kepada game tersebut. Saat ini ada berbagai website yang menjadi penilai seberapa bagus game, diantaranya adalah Metacritic, IGN, Eurogamer, dan lain-lain.

  • Baca review game sebelum membeli

Tidak perlu repot-repot membeli majalah review game, karena saat ini banyak situs yang memuatnya salah satunya adalah Plimbi. Baca seksama review game yang hendak Anda beli, apakah gameplay sesuai yang diharapkan, seberapa bagus grafisnya, lama durasi yang tersedia, serta kemudahan kontrol. Jangan lupa pula untuk melihat video trailer game, gameplay dan walktrough agar lebih jelas dan spesifik. Sangat kurang bijak jika Anda sampai di toko game, namun masih kebingungan ingin membeli yang mana.

 

Baca juga :

               5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

               Review Laptop Asus Vivobook Pro N552VX: Laptop Multimedia Ala Zenbook Siap Gaming

 

  • Tidak harus game baru

Jangan beranggapan bahwa game baru pasti akan lebih baik. Anggapan ini bisa ada benarnya dan bisa salah. Sebagai contoh adalah The Walking Dead yang seri sebelumnya dianggap bagus, namun akhirnya gagal pada seri terbaru dengan judul The Walking Dead: Survival Instinct. Hal semacam ini sering kali terjadi dan inilah pentingnya membaca review dan melihat skor sebuah game. Masih banyak game-game lama yang kompatibel dengan perangkat konsol dan platform game Anda, namun dengan kualitas bagus. Bahkan sampai saat ini masih banyak gamer yang masih puas dengan seri Call of Duty lama seperti Modern Warfare, World of War, Black Ops dan lain-lain. Padahal seri tersebut sudah ada sejak 4-5 tahun yang lalu.

  • Harga harus diperhitungkan

Harga media distribusi sebuah game (original) bisa dibilang mahal, terutama untuk konsol modern seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Tidak masalah jika uang Anda melimpah, namun akan bermasalah jika dana terbatas. Maka untuk mengantisipasinya, sekali lagi Anda tidak harus membeli game baru yang biasanya masih mahal. Tidak ada salahnya untuk memainkan game yang diinginkan Anda harus menunggu hingga beberapa waktu sampai harganya turun. Namun kebanyakan gamer lebih memilih membeli media distribusi bajakan yang harganya jauh.

  • Konten yang ada

Berapa usia Anda? Ingat, tidak semua game cocok untuk Anda, apalagi jika Anda masih dibawah umur. Saat ini entah mengapa banyak diproduksi game dengan konten kekerasan, seksual, dan kata-kata kotor. Alangkah baiknya kita menghindari game yang demikian, kecuali Anda memang benar-benar sudah memahami dan bijak menghadapi hal ini. Patuhi pula batasan umur, karena untuk game yang demikian biasanya ada tanda 17+, 18+ maupun 21+.

Demikian beberapa tips memilih game untuk konsol dan PC. Semoga bermanfaat bagi Plimbi.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel