Bagaimanakah Cara Mengatur Mimpi? Bisakah Kita Mengendalikannya?

30 Sep 2013 06:00 15284 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ya, kita bisa mengatur mimpi kita tetapi hanya dengan latihan. Salah satu waktu yang paling tepat melatihnya adalah sebelum tidur. Hal yang paling dekat kita fikirkan akan diproses saat kita tidur. Saat kita tidur, disitulah otak kita menyesun kembali memori selama kita sadar agar bisa di panggil lagi nantinya. 

Ya, kita bisa mengatur mimpi kita tetapi hanya dengan latihan. Salah satu waktu yang paling tepat melatihnya adalah sebelum tidur. Hal yang paling dekat kita fikirkan akan diproses saat kita tidur. Saat kita tidur, disitulah otak kita menyesun kembali memori selama kita sadar agar bisa di panggil lagi nantinya. Jadi jangan sangka otak kita juga beristirahat saat kita tidur, dia malah bekerja kuat saat kita tidur. Karena alasan ini juga kita sering bermimpi hal yang paling kita ingat saat dalam keadaan sadar. Tetapi untungnya ada cara mengatur mimpi yang ditemukan para profesor-profesor psikilogi. Mari kita lihat bagaimana cara mengatur mimpi.

Dairdre Barret, seorang profesor psikologi Universitas Harvard dan penulis buku Committee of Sleep melakukan uji coba kepada 76 mahasiswanya. Mahasiswa tersebut disuruh memilih masalah (mau liburan kemana, mengatur  furnitur mereka, memilih tempat kuliah dan lain lain) kemudia fokus pada masalah tersebut saat mau tidur.  Mimpi mereka kemudian direkam dalam seminggu dan ternyata sepertiga mahasiswa berhasil memecahkan masalah dalam mimpi mereka. Contohnya, seorang mahasiswa yang memilih masalah tempat kuliah, Massachusettes atau California. Dia bermimpi terbang dengan pesawat, kemudian di dalam mimpi tersebut ia menyarankan kepada pilot untuk mendarat di Massachusettes. Tetapi pilot mengatakan bahwa lebih baik menuju cahaya terang di Barat.

Ini menunjukkan kalau mimpi kita sebenarnya bisa di arahkan. Kita perlu benar-benar fokus pada permasalahan yang kita hadapi. Sayangnya, kemampuan manusia untuk fokus pada satu masalah berbeda-beda. Walau sudah mencoba untuk fokus, terkadang kita sering di belokkan oleh permasalahan yang lain, apalagi kita termasuk orang yang banyak memiliki masalah. Misalnya, dikejar-kejar hutang, rindu dengan seseorang, mau menghadapi ujian. Masalah ini tentunya membuat kita sulit melepaskan fikiran kita. Dibawah alam sadar kitapun ini masih saja terngiang-ngiang. Maka dari itu tidak heran bila mimpi Anda sedang dikejar-kejar orang, bertemu dengan orang yang di rindui atau gagal dalam ujian.

Sebenarnya bukan itu saja metode yang bisa kitalakukan untuk mengendalikan mimpi. Ada metode yang lazim digunakan psikolog dalam membantu pasien mereka. Metode ini disebut IRT (Imegery rehearshal Theraphy). IRT merupakan metode yang dilakukan di siang hari dan dianggap lebih efesien mempengaruhi mimpi. Psikolog membantu orang-orang korban trauma agar mimpi buruk mereka tidak berulang-ulang. Mimpi buruk telah mempengaruhi sekitar tiga juta orang di AS yang menderita post-traumatic stress. Caranya, penderita mimpi buruk menulis versi bahagia dari mimpi buruk mereka misalnya dari monster bertaring menjadi anak anjing, lorong gelap menjadi jalan yang cerah kemudian memvisualisasikannya selama 15 menit difikiran masing-masing penderita. Sekelompok pasien di VA San Diego Healthcare System yang mengikuti terapi IRT ini, mimpi buruk mereka berkurang 33% setelah lima minggu.

 

Baca juga :

               "Wake Ari Bukken," Properti Banting Harga hingga Lima Kali Lipat

               Perkenalkan Mali-G71, GPU Terbaru Buatan ARM

 

Di dalam mimpi yang jelas, ada kemungkinan Anda bisa beraksi daripada hanya reaksi sederhana menurut Gackenbach, profesor psikologi Universitas Grant MacEwan di Alberta dan penulis buku Paly Reality. Sekitar 58% mengalami mimpi yang jelas, setidaknya pernah satu kali. Karena data ini, Gackenbach menyelidiki video game militer merupakan jalan untuk membantu tentara mengatasi mimpi buruk peperangan. “Di dalam mimpi militer mereka, tentara yang jarang bermain game perang tidak bisa menarik pelatuk senjatanya. Mereka tidak berdaya menghadapi bahaya. Tetapi, tentara yang sering bermain game perang bisa melawan dan dengan leluasa menembakkan senjata”.

Sebenarnya, kita sulit sekali mengontrol mimpi kita secara keseluruhan. Kita sulit membangun lingkungan yang ada di mimpi. Misalnya, ketika Anda mengalami mimpi yang jelas Anda ingin merubah objek yang ada di mimpi Anda menjadi objek lain. Ini akan sangat sulit. Tetapi, yang lebih mudah untuk dilakukan adalah, mengontrol diri kita sendiri. Dimimpi yang jelas, kita bisa mengendalikan diri kita dengan latihan terus menerus. Bila Anda bermimpi dikejar-kejar orang, Anda akan sulit merubah orang tersebut menjadi baik dengan Anda. Tetapi Anda bisa mengontrol diri Anda untuk tidak takut dengan orang tersebut. Atau bahkan Anda bisa mencoba untuk melawannya.

Walau begitu, mimpi masih menyimpan berbagai misteri. Penelitian mengenai mimpi terus dilakukan oleh ilmuan-ilmuan. Di Jepang, bahkan ada alat yang katanya bisa membentuk citra di mimpi Anda, membentuk lingkungan yang Anda inginkan di alam mimpi. Tetapi tidak semudah itu, Anda juga sebelumnya harus mengikuti beberapa petunjuk dan terapi agar alat ini berhasil. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel