Alasan Tidak Adanya Konektivitas LTE pada Perangkat Google Nexus 4

7 Dec 2012 18:00 3560 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tablet Google Nexus 4 telah dijual tanpa konektivitas LTE di dalamnya. Hal tersebut menjadi alasan penurunan minat konsumen yang mengetahui bahwa banyak perangkat Android yang menyimpan chip LTE di dalamnya. Beberapa pengguna Google Nexus 4 bahkan telah merencanakan untuk menghidupkan chip dan menggunakan perangkat untuk mendapatkan sinyal LTE.

Tablet Google Nexus 4 telah dijual tanpa konektivitas LTE di dalamnya. Hal tersebut menjadi alasan penurunan minat konsumen yang mengetahui bahwa banyak perangkat Android yang menyimpan chip LTE di dalamnya. Beberapa pengguna Google Nexus 4 bahkan telah merencanakan untuk menghidupkan chip dan menggunakan perangkat untuk mendapatkan sinyal LTE. Lalu mengapa LG memasukkan sebuah chip LTE dalam perangkatnya padahal mereka tidak memproduksi sebuah perangkat 4G LTE?

Saat LG mendesain tablet Nexus 4, perusahaan asal Korea Selatan tersebut ingin memasukkan prosesor quad-core 1.5GHz Qualcomm Snapdragon S4 Pro ke dalamnya. Chip tersebutlah yang memungkinkan prosesor quad-core dan LTE dapat bekerja secara bersamaan dengan baik, tidak seperti versi chip Qualcomm sebelumnya. Chip itu hadir dengan sebuah prosesor dan sebuah modem yang tidak akan bekerja secara terpisah tetapi bersamaan.

Sejak LG menginginkan penggunaan prosesor yang lebih spesifik, mereka telah memasukkan chip Qualcomm WTR1605L Seven-Band 4G LTE. Namun agar konektivitas 4G dapat berjalan, perangkat keras lebih penting agar dapat memasukkan hal-hal seperti sinyal aplifier dan juga sebuah saringan. Sementara menurut penuturan pihak LG, sebuah software yang dapat melakukan update secara otomatis tidak dapat membuat Google Nexus 4 terkoneksi ke dalam jaringan LTE.

LG juga menambahkan bahwa penggunaan chip Qualcomm APQ8064 memberikan Google Nexus 4 penampilan prosesor yang sama seperti halnya perangkat LG Optimus G. Selain itu, tanpa adanya 4G, hal tersebut dapat mempertahankan harga dari smartphone itu sendiri tetap murah. Dan hal itu juga yang membuat konsumennya kesulitan menemukan perangkat Nexus 4 pada beberapa retail ataupun secara online.

Ada beberapa misteri yang belum terbongkar hingga saat ini. LG sempat mengatakan bahwa Nexus 4 tidak dapat terkoneki kepada saluran LG tanpa menggunakan perangkat keras mereka sendiri. Namun, beberapa pihak mengklaim telah mengganti chip LTE mereka di dalam perangkat dan mendapatkan kecepatan sinyal 4G melalui jaringan Telus di Kanada. Sebuah tes kecepatan pun dari SpeedTest pun menunjukkan kecepatan perangkat itu sendiri dan membuktikan bahwa LTE dapat berjalan di dalam perangkat. Sedangkan lainnya mengklaim telah mampu mendapatkan sinyal LTE walaupun dengan kekuatan yang sangat lemah.

Pihak LG merespon hal tersebut. Menurut pihaknya, untuk menyediakan spesifikasi yang memungkinkan bagi perangkat Nexus 4, LG telah meningkatkan kekuatan chip Qualcomm Snapdragon yang sama seperti yang dapat ditemukan pada produk-produk 4G LTE lainnya seperti LG Optimus G. Chip bertenaga ini hanya tersedia dengan kombinasi antara prosesor dan modem serta tidak dapat diimplementasikan secara terpisah. Modem tersebut terdiri dari kapabilitas 4G LTE. Tetapi modem tersebut hanya efektif ketika dikombinasikan dengan bagian hardware yang esensial seperti aplifier sinyal dan sebuah filter agar dapat bekerja. Secara keseluruhan, chip Qualcomm Snapdragon yang digunakan Nexus 4 menawarkan performa yang cukup bagi seperti halnya LG Optimus G pada pasar 3G. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel