Tips Belanja Online: Cara Mengetahui Ulasan User Palsu

7 Dec 2012 19:00 3168 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sulitnya membuktikan sebuah ulasan palsu tentunya menjadikan setiap *user* harus jeli menilai sebuah produk, baik dari ulasan resmi media ataupun langsung dari penggunanya sendiri. Berikut beberapa tips belanja online untuk mengetahui apakah sebuah ulasan berasal dari user asli atau palsu.

Ada beragam produk yang dipasarkan dan ditawarkan secara online. Budaya belanja online bahkan sedikit demi sedikit telah dianut oleh jutaan user melalui berbagai media sosial dan lainnya. Tentunya dengan menjamurnya toko-toko online serta produk yang ditawarkan, ada pula kesempatan bagi para user palsu untuk menaikkan citra produknya sendiri dengan melakukan ulasan subjektif. Saat sebagian besar ulasan tersebut hadir dari pengguna asli seperti Anda yang sangat berhasrat untuk berbagi opini mengenai sebuah produk, ada banyak pula user palsu yang memanfaatkan hal tersebut hanya untuk menaikkan citra, atau bahkan merusak citra kompetitornya tersendiri.

Sulitnya membuktikan sebuah ulasan palsu tentunya menjadikan setiap user harus jeli menilai sebuah produk, baik dari ulasan resmi media ataupun langsung dari penggunanya sendiri. Berikut beberapa tips belanja online untuk mengetahui apakah sebuah ulasan berasal dari user asli atau palsu.

Memberikan Pujian Berlebihan

Seberapa bagus sebuah produk, tentunya selalu ada sisi negatif yang dapat diperbandingkan dengan produk lain. Namun, tidak bagi user palsu. Biasanya pola mereka adalah dengan memuji sebuah produk setinggi langit dan memberikan lima bintang. Hal tersebut dapat diartikan sebagai kesempurnaan sebuah produk menurut sudut pandang yang sempit. Namun, hal ini kerap kali dilakukan bukan hanya oleh user palsu, tetapi juga oleh para kompetitor dan juga penggemar berat sebuah produk.

Nama Pengulas

Nama seorang pengulas pun dapat memberikan tanda apakah ia palsu atau tidak. Secara umum, saat berada dalam situs belanja online, seorang pengulas palsu tidak mengambil banyak waktu untuk membuat nama asli atau lebih memilih menggunakan beragam variasi penggunaan nama dalam layar. Artinya mereka menggunakan nama secara acak seperti adam123 atau lainnya.

Tanggal Ulasan

Tanggal sebuah ulasan biasanya menawarkan banyak informasi mengenai perilaku para pengulas palsu. Jika Anda menemukan banyak rating lima bintang dalam satu ulasan, dimasukkan pada tanggal yang sama, dan ditulis dengan nada serupa, kemungkinan besar itu ulasan sang user palsu. Tentunya diperlukan cukup waktu bagi seorang user untuk mendapatkan pengalaman berarti dengan sebuah produk. Tipikal pengguna seperti itulah yang kerap kali ditemui pada produk terbaru, terlebih produk-produk gadget.

Satu Ulasan Setiap Akun

Secara umum, Anda harus membuat sebuah akun user untuk membuat sebuah ulasan dalam tips belanja online. Apabila Anda melihat sebuah akun yang hanya memasukkan satu ulasan bagi produk tertentu saja, hal itu bisa jadi hasil dari rekayasa ulasan user palsu. Pada kasus seperti itu, tanggal dibuatnya akun dan tanggal ulasan pun dapat mengungkap informasi yang tepat, terlebih apabila keduanya dibuat secara bersamaan.

Gaya Ulasan

Gaya ulasan dalam situs-situs belanja online dapat menjadi faktor paling menentukan untuk mengetahui seberapa asli ulasan tersebut. Jika Anda menemukan ulasan yang terbaca seperti sebuah siaran pers atau iklan yang menawarkan informasi mengenai fitur betapa baiknya produk saat dibandingkan dengan kompetitornya, ulasan tersebut sepertinya telah direncanakan oleh vendornya sendiri. Selain itu, ulasan yang dilengkapi dengan rating kerap menjadi legitimasi nilai sebuah produk. Padahal, sebuah produk tentunya harus dinilai secara objektif dan berimbang. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel