Tips Windows 8: Lima Kesalahan yang Lazim Dilakukan Pengguna pada Windows 8 dan Cara Memperbaikinya

11 Sep 2013 14:00 5981 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Windows 8 mungkin mudah digunakan. OS ini lebih disederhanakan lagi untuk penggunaan tablet atau perangkat lainnya. Tetapi, Windos 8 tetap saja berbasis yang sama dengan Windows- Windows lainnya. Masih saja terjadi error pada sistemnya.

Windows 8 mungkin mudah digunakan. OS ini lebih disederhanakan lagi untuk penggunaan tablet atau perangkat lainnya. Tetapi, Windos 8 tetap saja berbasis yang sama dengan Windows- Windows lainnya. Masih saja terjadi error pada sistemnya. Bila Anda pengguna Windows 8 untuk desktop, Anda akan masih menemui error yang mirip dengan versi sebelumnya. Misalnya menghapus file, mengisi  sistem tray komputer Anda dengan program, dan pengalaman lain yang kita temui di Windows sebelumya. Kali ini kita akan membahas masalah yang lazim dilakukan pengguna dan bagaimana cara mengatasinya. Beberapa tips Windows 8 ini bekerja juga pada versi Windows sebelumnya tetapi, di Windwos 8 ditambahkan alat-alat terbaru untuk mengatasi masalah yang sama. Contoh, Windows 8 sudah termasuk built-in antivirus, sehingga pengguna sudah punya anti malware ketika OS baru di instal. Simak tips Windows 8 berikut ini:

1.Tidak sengaja menghapus file

Fitur File History di Windows 8 otomatis membuat salinan file Anda jika diaktifkan. Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengembalikan file yang telah dihapus atau mengembalikan salinan sebelumnya. Sangat berguna ketika Anda merubah salah satu file dan ingin mendapat versi awal dari file tersebut. File History terus berjalan, membuat salinan cadangan dari file Anda setiap jam. Setelah mengaktifkan File History klik saja tombol History pada pita pada folder yang ada filenya untuk mulai mengembalikan.

2. Punya terlalu banyak program startup?

Task Manager pada Windows 8 memungkinkan Anda untuk mengatur program startup Anda. Jika Anda memiliki banyak program yang secara otomatis berjalan pada komputer Anda ini memperlambat proses start up dan mengacaukan system tray. Tetapi ada cara mengatasi masalah ini. Klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Klik link More detail dan kemudian pilih tab Startup untuk menonaktifkan program startup. Windows 8 bahkan memberi tahu seberapa banyak setiap program memakan waktu startup Anda.

Apakah Anda memberantakkan pengaturan?

Anda dapat me-restore ke awal lagi program-program Windows 8 yang sudah Anda rubah dan ingin mengembalikannya ke pengaturan awal.

Library terhapus: klik kanan ikon library di File Explorer kemudian pilih Restore default libraries.

Mengacaukan pengaturan dislpay folder: Klik tab View pada File Explorer kemudian klik ikon Option dan pilih Change folder and search option. Di sini terdapat tombol Restore Default yang terpisah setiap tab, setiap tab akan merestore pengaturan awal secara spesifik.

Menyembunyikan ikon system tray yang terlalu banyak: Klik kanan taskbar kemudian klik Properties, klik tombol Costumize kemudian Notification area kemudian pilih Restore default icon behaviors.

3. Pernah mengalami masalah dengan Internet Explorer?

Versi desktop Internet Explorer dapat mengalami banyak masalah bila terlalu banyak di instal add-on browser misalnya, toolbar. Anda juga akan mengalami masalah ketika terlalu banyak mengotak-atik pengaturan di Internet Explorer.

Untungnya Internet Explorer memberikan cara mereset ke keadaan awalnya. Untuk melakukannya, buka Internet Explorerklik ikon gear, pilih Internet Option, klik tab Advance dan klik reset. Anda akan kehilangan hampir semuanya seperti add-on, toolbar, pengaturan browser, browsing data dan lainnya tetapi, Anda tidak akan kehilangan Internet Explorer favorites.

 

Baca juga :

                    Notice: Undefined variable: channel in /mnt/nfs/data/portal/frontend/core/apps/modules/search/views/list.php on line 84
http://www.plimbi.com/home/read/id:164889/title:4-cara-yang-seharusnya-microsoft-lakukan-untuk-mem" style="color: rgb(51, 51, 51); text-decoration: none; background-color: transparent;" title="4 Cara yang Seharusnya Microsoft Lakukan untuk Mempromosikan Windows 10">4 Cara yang Seharusnya Microsoft Lakukan untuk Mempromosikan Windows 10

                    10 Momen Ramadan yang Hilang dan Hanya Dirasakan Generasi 90-an dan Awal 2000-an

 

4. Terganggu oleh program yang freez atau pemakan sumber daya?

Ini bukan datang daru pengguna. Terkadang program akan freez dan menjadi tidak responsif. Parahnya, program kadang-kadang masih berjalan di background dan menyedot CPU dan memori untuk tidak melakukan apa-apa. Untuk mengakhirinya, Anda dapat menggunakan Task Manager atau key CTRL+ALT+DEL. Dari Task Manager Anda bisa menghentikan secara paksa program yang bermasalah dengan mengklik kanan program tersebut dan pilih End Task, atau yang lebih ekstrem, End Proses tree. Windows 8 membedakan warna pada program-program yang sedang berjalan. Jadi mudah untuk melihat mana yang banyak menghabiskan sumberdaya.

5.Apakah Komputer Anda Freez?

Ada kemungkinan komputer Anda freez secara keseluruhan. Jika tidak merespon sama sekali Anda harus menekan CTRL+ALT+DEL. Jika beruntung, kompute Anda akan merespon dan menampilan pilihan Task Manager untuk menghentikan program yang menjadi biang masalah atau merestart komputer.

Jika tidak merespon sama sekali, jalan terakhir adalah Anda harus menekan tombol power fisik beberapa saat hingga komputer Anda mati. Metode ini tidak disarankan sering-sering digunakan apalagi Anda terbiasa mematikan komputer dengan cara ini. Selain merusak software, mematikan paksa juga akan merusak hadrware komputer, terutama RAM.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel