Tutorial dan Cara Mengganti Background Pas Foto dengan Photoshop

30 Aug 2013 17:00 91611 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Membutuhkan pas foto untuk melamar pekerjaan atau kepentingan mengurus surat-surat? Anda tidak harus pergi ke studio untuk berfoto pas foto. Gunakan saja foto Anda sendiri yang diambil dari ponsel dan kemudian ganti background pas foto tersebut dengan warna yang diinginkan dengan Photoshop.

Plimbi kali ini akan memberikan tutorial cara mengganti background foto menggunakan software Adobe Photoshop, tentunya dengan cara termudah dan tercepat. Pertama-tama, mintalah orang lain untuk memfoto Anda setengah badan menggunakan kamera ponsel atau akan lebih baik dengan kamera digital khusus. Usahakan Anda berfoto di area yang memiliki cahaya cukup, tidak gelap namun juga tidak terlalu terang. Selain itu, cari latar belakang tembok atau apapun yang polos karena nantinya dapat mempermudah proses pengeditan mengganti background. Sebagai tambahan, posisi badan harus tegak lurus dan mata menghadap kamera. Setelah foto siap, masukan segera ke perangkat komputer Anda yang sudah ada program Photoshop untuk proses editing mengganti bakcground.

Kali ini kami akan memberikan dua tutorial cara mengganti background pas foto dengan photoshop, untuk yang pertama adalah menggunakan fitur Extract, dan yang kedua menggunakan Pen tool. Keduanya memiliki kinerja yang hampir sama, namun berbeda penggunaannya. Simak selengkapnya cara mengganti background foto di bawah ini:

Menggunakan Fitur Extract

Perlu Anda ketahui bahwa Extract pada Photoshop berfungsi untuk memisahkan objek yang berbeda warna secara kontras.

  • Pertama-tama, masukan satu foto Anda yang telah diambil dengan kamera ke dalam program Adobe Photoshop.
  • Kemudian dibagian kanan window, klik layer dan tekan CTRL + J untuk menambah layer. Jadi sekarang Anda sudah memiliki 2 layer, yakni background dan layer 1.
  • Pada layer background, langsung saja Anda pilih Brush tool pada toolbox yang ada disebelah kiri. Pilih warna (contoh merah) yang akan menjadi background baru untuk mengganti background asli dan kemudian “gosok” Brush tersebut ke seluruh foto tanpa terkecuali. Akan lebih mudah bila opacity yang digunakan 100%.
  • Setelah di “gosok” dengan Brush tool, terlihat pada thumbnail layer background berwarna merah seluruhnya dengan foto masih tetap asli.
  • Setelah itu, klik layer 1 dan masuk pada filter – Extract dan akan tersedia tool extract yang bisa dibesarkan atau di kecilkan.
  • Segera poles disekitar pinggir badan foto Anda dengan perkiraan Extract tool 50% masuk ke badan dan 50% keluar pada bakcground asli. Jika memasuki wilayah rambut, perbesar Extract tool tersebut. Poleslah ke seluruh pinggiran badan hingga semua terseleksi.
  • Langkah selanjutnya, pilih Fill tool yang berada tepat dibawah Extract tool dan klik tool tersebut diarea badan Anda yang sudah terseleksi, kemudian klik OK.
  • Alhasil foto setengah badan Anda akan berubah background menjadi warna baru (contoh merah) karena foto pada layer 1 telah kehilangan bakcground karena sudah terseleksi oleh Extract tool tadi.
  • Langkah terakhir, klik menu Layer diatas dan pilih Flatten Image untuk menjadikan editan foto kembali menjadi satu layer, bukan dua.
  • Silahkan Save dan foto Anda siap untuk dicetak.

 

Baca juga :

               Photoshop VS GIMP, Pertarungan Dua Software Editing Papan Atas

               Minuman Buatan Coca Cola ini dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

 

Menggunakan Fitur Pen Tool

Selain extract Anda juga bisa mengganti background pas foto menggunakan fitur Pen tool. Langkah ini sama mudahnya dengan langkah diatas atau bahkan lebih mudah karena Anda tidak harus menggunakan 2 layer.

  • Pertama masukan foto setengah badan Anda ke dalam program Adobe Photoshop.
  • Langsung saja klik Pen tool yang berlambang ujung pulpen pada toolbox sebelah kiri window.
  • Klik Pen tool tersebut disekitaran pinggir badan Anda untuk proses seleksi dan aturlah New Anchor Point dengan melengkung atau lurus-lurus saja. Manfaatkan Pick-up Path setelah menarik garis melengkung Pen tool dengan cara klik titik Pen menggunakan klik kiri + alt.
  • Usahakan Pen tool membentang secara benar disekitaran pinggir tubuh sesuai lekukan.
  • Setelah selesai hubungkan garis Pen tool akhir dengan garis awal diluar kotak foto sampai pada history tertulis close path.
  • Selanjutnya klik kanan pada area tengah foto yang masuk dalam area Pen tool, dan pilih Make Selection dengan feather radius 1, terakhir OK. Pada saat itu history akan tertulis Selection Change.
  • Segera saja masuk pada menu Select dan klik Inverse.
  • Langkah terakhir, gunakan Brush tool dengan pilihan warna baru (contoh merah) pada area background dengan opacity 100% untuk lebih maksimal.
  • “Gosok” Brush tool pada area bakcground, namun Anda tidak perlu khawatir terkena sekitar tubuh karena sudah terseleksi.
  • Alhasil badan Anda tetap seperti asli, dengan background yang sudah berganti warna.
  • Klik Deselect dengan tombol shorcut CTRL + D.
  • Save foto Anda dan siap dicetak.

Perlu diketahui, penggunaan fitur Extract lebih maksimal untuk pas foto dengan background asli polos, seperti tembok maupun kain. Sedangkan fitur Pen tool lebih cocok untuk pas foto dengan background asli tidak polos, seperti di halaman atau terdapat banyak benda dibelakang. Usahakan Anda menggunakan foto yang jelas dan dengan lighting pas, tanpa noise serta tajam. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel