Tips Memilih dan Download Game untuk Android Bagi Pemula

19 Aug 2013 13:30 30186 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Smartphone masih menjadi gadget portable terlaris hingga saat ini. Disokong sistem operasi yang terbuka, seperti android, semakin memudahkan banyak  pengembang game dan pengembang aplikasi berperan aktif menciptakan game atau aplikasi untuk smartphone android. Hal ini semakin dipermudah dengan kehadirian pasar aplikasi seperti Google Play.

Smartphone masih menjadi gadget portable terlaris hingga saat ini. Disokong sistem operasi yang terbuka, seperti Android, semakin memudahkan banyak  pengembang game dan pengembang aplikasi berperan aktif menciptakan game atau aplikasi untuk smartphone android. Hal ini semakin dipermudah dengan kehadirian pasar aplikasi seperti Google Play Store yang menampung berbagai macam aplikasi dan game yang siap didownload. Sayangnya, ketika Anda telah berhasil mendownload game di Google Play Store, game tersebut tidak dapat dimainkan dengan mulus. Bahkan mungkin Anda sedikit penasaran karna di smartphone teman Anda sebuah game bisa dimainkan sementara di smartphone Anda game tersebut tidak dapat dimainkan. Untuk itu Anda harus pintar dalam memilih dan download game untuk Android agar Anda bisa bermain di smartphone kesayangan dengan nyaman.

Berikut tips memilih dan download game untuk Android game android yang bisa Anda coba kala Anda menjelajah dan berniat mendownload game di Play Store.

Memilih Game secara Umum

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa game yang bagus dan menarik ialah game yang memiliki data besar, grafis yang detail dan sempurna, atau game yang diciptakan oleh pengembang yang sudah terkenal. Kenyataannya sistem operasi yang terbuka di android membuat banyak produsen terus berkreasi dan tak terlalu fokus pada data, atau grafis. Alhasil Anda harus jeli dalam memilih game android di Playstore karena game yang bagus saat ini lebih menekankan alur cerita game yang menarik dan tidak membosankan. Kebanyakan para pengguna smartphone juga menginginkan game yang tidak membebani memori internal dan tidak membebani RAM gadget yang terkadang bisa menyebabkan smartphone Anda lag.

Memilih Game Berdasarkan Type Grafis dan Prosesor

Banyak pemula yang memilih game android dari segi tampilan screenshoot-nya saja. Jika tampilannya menarik pasti akan langsung didownload. Padahal tidak sembarang smartphone bisa memainkan game berkualitas grafis tinggi. kalaupun dipaksakan maka game yang Anda download akan berjalan patah – patah atau lag, paling parah tidak bisa dimainkan. Oleh sebab itu Anda harus mengenali lebih dalam spesifikasi smartphone Anda.

Beberapa game android membutuhkan kemampuan prosesor stabil. Game android kelas atas rata-rata juga membutuhkan persyaratan prosesor dual core bahkan sampai ada quad core. Dengan prosesor stabil, tidak akan ada lag atau permainan rusak ketika Anda memainkan game tersebut.

Untuk beberapa game kelas atas hanya bisa dimainkan dengan smartphone dengan prosesor terbaik semacam Qualcomm, Nvidia Tegra hingga Mediatek disokong  GPU Adreno 205 chipset, PowerVR SGX540 atau Nvidia GeForce (Nvidia Tegra) . GPU dan Prosesor yang baik membuat tampilan game halus dan perpindahan adegan yang stabil. Jadi, jika smartphone Anda memiliki GPU biasa, pilihlah game dengan grafis yang biasa pula.

 

Baca juga :

                Download Game Android Indonesia Terunik dan Tradisional di Google Play

                Nagoya, Jepang Tahun 2017 Mendatang akan Miliki "Legoland" Sendiri

 

Memilih Berdasarkan Ukuran Data Game

Tips memilih game android bagi pemula berikutnya ialah melihat dari ukuran data game tersebut.  Bagi Anda yang memiliki jaringan internet gratis atau pulsa melimpah tentu tak akan masalah dengan ukuran data ketika mendownload. Namun, tentu saja hal ini cukup mengganggu bagi Anda yang memiliki jaringan internet terbatas. Sebelum mendownload game android, sebaiknya Anda mengecek kembali ukuran data game tersebut. Baca dengan teliti keterangan yang terlampir di game tersebut.

Selain masalah data ketika mendownload, dalam memilih game android data game juga perlu diperhatikan agar kapasitas memori internal Anda tidak terlalu penuh. Pastikan Anda memiliki memori internal yang besar jika ingin mendownload game – game android.  Hal ini cukup penting karena tak jarang meski keterangan game di Playstore telah tercantum ukuran data, kenyataannya saat didownload ukuran data tersebut akan membengkak.  Bahkan beberapa game juga menuntut Anda mendownload beberapa data tambahan agar bisa memainkannya. Jadi sekali lagi pastikan dahulu kapasitas memori internal smartphone Anda sanggup menampung data – data game tersebut.

Memilih Berdasarkan Harga

Jika bisa mendapat gratis kenapa harus pilih berbayar? Mungkin itu pilihan bagi banyak orang kala memilih game android di dunia maya. Diantara sekian banyak game di pasar aplikasi, hampir 70% diantaranya merupakan game gratis. Namun, kebanyakan game gratis tersebut memiliki beberapa keterbatasan fitur maupun level yang dapat dimainkan. Oleh sebab itu Anda harus jeli dalam memilih game android karena diantara sekian banyak game gratis, Anda bisa saja menemukan game yang benar – benar berkualitas.

Terakhir, sebaiknya Anda bisa menyesuaikan perangkat smartphone Anda dengan game yang akan Anda download. Jangan memaksakan game yang tidak sesuai dengan sistem Android Anda karena tentu saja game tersebut akan tidak optimal. Pilihlah game sesuai minat, sesuai genre yang disukai dan jangan terpaku pada tren yang berkembang. Dan jangan lupa cek selalu pulsa Anda kala mendownload. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel