Tips Google Chrome: Bagaimana Cara Melindungi Password Anda Dalam Browser Chrome

16 Aug 2013 06:00 2947 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Isu tentang keamanan memang menjadi isu yang sensitif dan sangat dijaga kerahasaiaannya, terutama pada browser sekelas Google Chrome. Untuk menjaga password Anda aman, Anda perlu mengetahui tips Googe Chrome tentang bagaimana cara menjaga password Anda aman tanpa bisa diakses dan diketahui oleh orang lain.

Isu tentang keamanan memang menjadi isu yang sensitif dan sangat dijaga kerahasaiaannya, terutama pada browser sekelas Google Chrome. Untuk menjaga password Anda aman, Anda perlu mengetahui tips Google Chrome tentang bagaimana cara menjaga password Anda aman tanpa bisa diakses dan diketahui oleh orang lain.

Karena jika Anda tidak menjaga password Anda dengan aman, maka siapa saja yang mengakses akun Windows Anda dapat melihat semua password Anda jika mereka menggunakan Google Chrome sebagai media browsing mereka. Itu resiko keamanan besar, dan Chrome bukan satu-satunya browser yang terpengaruh.

Untuk melihat sejauh mana masalah ini, Anda dapat menggunakan tips Google Chrome seperti dengan meluncurkan halaman Settings Chrome dan klik link di bagian bawah yang mengatakan "Show advanced settings..." gulir ke bawah ke bagian yang berjudul Passwords and forms, lalu klik link berjudul Manage saved passwords. Ini tidak terlihat begitu buruk pada awalnya, list ini akan menampilkan beberapa situs yang Anda kunjungi yang membiaran Chrome menyimpan kata sandi rahasia Anda. Namun, ketika Anda mengklik pada item apapun dalam daftar tombol yang berlabel Show muncul di label sebelah password, dan ya, maka Anda dapat menampilan kata sandi atau password Anda dalam teks biasa. Anda bisa melihatnya, dan siapa saja yang dapat mengakses komputer Anda dapat melihatnya.

Begitu Pula Firefox

Apakah Firefox browser pilihan Anda? Dalam hal ini, Anda punya keamanan lebih yang tersedia. Pilih Options dari menu Tools dan klik tab Security. Perhatikan kotak centang berjudul  "Use a master password." Jika Anda sudah memeriksa ini dan menentukan password atau kata sandi yang kuat untuk Anda, kredensial Anda aman dari para pengintip yang menggunakan Firefox Anda. Jika tidak, mereka bahkan lebih terbuka daripada di Chrome.

Untuk melihat mengapa, klik tombol Saved Passwords. Awalnya itu hanya menampilkan situs web dan nama pengguna yang sesuai, tetapi dengan klik tombol Anda dapat menampilkan semua password sekaligus.

Internet Explorer Lebih Baik

Sebuah studi terbaru oleh NSS Labs mengungkapkan bahwa pengaturan default Internet Explorer melindungi privasi Anda lebih baik dari Firefox, Safari, atau Chrome. Bahkan, Chrome datang pada daftar terakhir untuk perlindungan privasi.

Internet Explorer juga menangani sandi Anda dengan baik. Password Anda akan terenskripsi berada di dalam Registry, dan tidak ada mekanisme untuk menampilkan mereka di IE. Namun, ada banyak utilitas pihak ketiga gratis yang akan membuang password cache dan membuat semua password terlihat.

Respon Google

Dalam respon terhadap post originalnya, Chrome browser security tech lead, Justin Schuh membela perilaku penanganan sandi Chrome. Schuh berpendapat bahwa setelah penjahat masuk ke dalam akun Windows Anda, maka hal ini akan segera berakhir, sehingga menambahkan password master atau melindungi sandi yang disimpan adalah sia-sia.

 

Baca juga :

                Tips Google Chrome: Hal yang Tak Pernah Anda Tahu Apa yang Bisa Dilakukan Chrome

                Kulkas Pintar ini Dijual Seharga 78 Juta Rupiah Lho!

 

Lindungi Password Anda

Apapun browser yang Anda gunakan, gunakan empat langkah ini untuk melindungi password Anda dari orang yang mengincar password Anda.

  • Install password manager
  • Impor password yang tersimpan di dalam browser Anda
  • Hapus semua password yang tersimpan di dalam browser Anda
  • Matikan fitur password-saving di dalam browser.

Fakta bahwa password manager dari pihak ketiga dapat mengimpor password dari browser Anda harus dijadikan bendera merah. Jika mereka bisa melakukannya, sebuah aplikasi berbahaya yang berhasil melewati antivirus Anda bisa melakukannya juga.

LastPass 2.0 dan  Dashlane 2.0 melakukan pekerjaan yang baik dengan berkutat pada penyimpanan password. Tidak hanya dapat mengimpor dari Chrome, Firefox, dan Internet Explorer, mereka juga akan menghapus password dari browser dan mematikan fitur password saving. Tidak mengherankan, keduanya merupakan produk pilihan.

Di Chrome, Firefox, dan IE, penghapusan manual password yang disimpan bisa Anda mulai dengan cara menekan tombol Shift + Ctrl + Del. Sebuah dialog akan muncul dan memungkinkan Anda untuk menghapus berbagai komponen menelusuri riwayat browsing Anda. Gunakan untuk menghapus password khusus. Firefox dan Chrome akan menanyakan kepada Anda dari periode mana Anda akan menghapus riwayat browsing Anda. Di dalam Firefox, pilih  "Everything"; di Chrome, pilih "from the beginning of time."

Tingkatkan Keamanan Password Anda

Sekarang Anda sudah mendapatkan password Anda secara aman, dengan penyimpanan berbasis web, yang mengambil sedikit waktu untuk meng-upgrade. LastPass dan Dashlane akan menyediakan Anda dengan laporan keamanan daftar password yang masuk kategori lemah dan juga mengidentifikasi mereka apakah telah digunakan di beberapa situs lainnya di luar sana. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel