Tips Meningkatkan Kinerja Komputer Windows 8 Untuk Bermain Game

15 Aug 2013 07:00 24180 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Windows 8 merupakan sistem operasi terbaru besutan Microsoft. Sistem operasi yang menggantikan Windows 7 ini menghadirkan perombakan besar-besar dari versi sebelumnya

Windows 8 merupakan sistem operasi terbaru besutan Microsoft. Sistem operasi yang menggantikan Windows 7 ini menghadirkan perombakan besar-besar dari versi sebelumnya, terutama dari tampilan antar muka. Sayangnya, kehadiran sistem operasi terbaru ini justru banyak menimbulkan masalah dari segi kompabilitas, terutama untuk bermain game.banyak komputer windows 8 yang tidak mampu menjalankan game sebaik komputer windows 7 sehingga membuat banyak penggunanya kecewa.

Namun jika Anda terlanjur sudah memasang sistem operasi windows 8 di komputer Anda, maka Anda tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk meningkatkan kinerja komputer windows 8 Anda. kali ini Plimbi akan memberikan kepada Anda beberapa langkah mudah untuk meningkatkan kinerja komputer windows 8 Anda untuk bermain game. walaupun tidak bisa mengatasi masalah kompabilitas, namun setidaknya tips dan trik di bawah ini dapat menambah kecepatan komputer Anda ketika bermain game sehingga tidak akan macet atau lag. Apa sajakah tips trik tersebut? Simak ulasan Plimbi berikut ini.

Aktifkan Fitur Fast Startup

Fast startup merupakan salah satu fitur terbaik yang ada pada windows 8. Fitur ini sangatlah berguna sekali karena akan mempercepat proses booting dari komputer windows 8. Fitur fast startup ini mirip seperti fitur hibernate pada sistem operasi windows terdahulu. Fitur ini akan menyimpan program, registry, service, dan berbagai macam komponen penting lainnya di dalam hard disk sehingga akan mempercepat booting dan juga mempercepat kinerja komputer ketika bermain game.

Gunakan USB Flash Drive sebagai RAM

ReadyBoost merupakan fitur unggulan pada windows 8 yang sudah tersedia sejak jaman windows 7. Fitur ini cukup efektif dalam membantu meningkatkan kinerja komputer yang kekurangan RAM, terutama untuk laptop yang tidak menyediakan slot untuk RAM tambahan. Fitur ini mampu menyingkirkan masalah lag ketika Anda bermain game ataupun ketika menjalankan aplikasi yang cukup berat. Dengan fitur ini, kapasitas memori yang terdapat pada USB flash drive Anda akan diubah menjadi RAM tambahan sehingga komputer windows 8 Anda akan dapat bekerja lebih baik ketika menjalakan game.

Defragmentation / Drives Optimization for Windows 8

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja komputer windows 8 Anda ketika bermain game adalah dengan melakukan defragmentation. Pada sistem opersi windows 8 ini, fitur defragmentation disebut juga sebagai Optimize Drive. Fitur ini dapat banyak meningkatkan kinerja komputer dalam bermain game karena fitur ini akan mengurangi lag serti meningkatkan limit FPS ketika bermain game.

Untuk melakukan defragmentation pada komputer dengan sistem operasi windows 8, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Masuk ke My Computer kemudian pilihlah drive yang ingin dioptimalisasi
  2. Buka tab manage kemudian klik tombol optimize
  3. Sebuah jendela konfirmasi akan muncul, pilihlah drive yang diinginkan kemudian klik optimize

Setelah melakukan langkah-lahkah tersebut maka Anda dapat merasakan komputer windows 8 Anda bekerja lebih baik dan lebih optimal.

Defragmentation under Windows 8 is called Optimize Drives. This feature helps a lot in Video Gaming it reduces a lot the Lag and improves more the FPS limit. To Defragment Windows 8 disk drives you can follow the following tutorial:

 

Baca juga :

                MSI AE201 - Komputer Windows 8 All in One, Yang Mungil dan Minimalis

                Inilah Perintah Lengkap dari Google Now

 

Tutup Metro Apps

Metro menu merupakan tampilan antar muka terbaru yang ada di windows 8. Tampilan tersebut sangatlah cantik sehingga banyak orang yang berpindah ke windows 8 karena menyukainya. Sayangnya, banyak orang yang kurang familiar atau kurang mengerti metro menu ini sehingga mereka lupa dan membiarkan beberapa aplikasi untuk terbuka secara terus menerus di metro. Padahal aplikasi yang terdapat di metro tersebut biasanya cukup banyak memyedot memori dan juga CPU sehingga akan memperlambat komputer ketika sedang bermain game.

Untuk menutup aplikasi yang berkalan pada metro, terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan yaitu:

Cara 1: klik Alt + Ctrl + Del untuk menjalankan task manager, setelah itu pilihlah aplikasi yang akan ditutup kemudian klik End Task

Cara 2: buka metro menu, klik kanan pada aplikasi yang sedang berjalan lalu klik Close

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kinerja komputer Windows 8 Anda. selamat mencoba! [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel