Daftar Home Automation Canggih Sebagai Alat Pengontrol Rumah Menggunakan Gadget

8 Nov 2012 17:00 5634 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
engan menggunakan peralatan Home Automation, Anda bisa tenang meninggalkan rumah ketika pergi ke kantor atau sedang berlibur dengan tenang. Anda tentu tidak mau liburan terganggu karena lupa belum mematikan lampu atau mengunci pintu. Selamatkan rumah Anda dari kejadian-kejadian kurang mengenakkan ini menggunakan alat pengontrol rumah berikut ini.

Kita tentu tidak ingin terjadi hal yang buruk pada rumah kita seperti kemalingan karena tidak mengunci pintu, korslet karena belum mematikan lampu, air di kamar mandi banjir, dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Sekarang Anda bisa memonitor rumah Anda dengan menggunakan smartphone, tablet, atau laptop Anda. Dengan menggunakan peralatan Home Automation, Anda bisa tenang meninggalkan rumah ketika pergi ke kantor atau sedang berlibur dengan tenang. Anda tentu tidak mau liburan terganggu karena lupa belum mematikan lampu atau mengunci pintu. Selamatkan rumah Anda dari kejadian-kejadian kurang mengenakkan ini menggunakan alat pengontrol rumah berikut ini.

Belkin WeMo

Ada dua produk alat pengontrol rumah WeMo yang dirilis Belkin yaitu WeMo Switch dan WeMo Switch+Motion. Kedua alat ini menggunakan jaringan WiFi. Untuk WeMo Switch Anda membutuhkan koneksi Internet agar dapat mengendalikannya melalui jaringan internet. Untuk WeMO Switch+Motion hanya membutuhkan WiFi karena memang untuk memberikan perintah dengan jarak terbatas, kurang lebih 30 meter.

Cara menggunakannya sangat sederhana. Bila Anda menggunakan WeMo Switch cukup menghubungkannya ke stop kontak. Hubungkan peralatan yang ingin dikendalikan ke WeMo. Atau bisa juga menghubungkan terminal listrik untuk set Home Theater atau yang lain. Satu WeMo Switch hanya memiliki satu stop kontak. Intinya dia merupakan saklar yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan iPhone, iPad dan iPod dengan mendownload WeMo App yang tersedia gratis di App Store. Bila Anda ingin mengendalikan semua listrik di rumah Anda bisa membeli WeMo Switch sesuai jumlah peralatan tersebut. Harga WeMo Switch $49.9.

Beda WeMo Switch dengan WeMo Switch+Motion hanya pada cara memberikan perintah. Untuk WeMo Motion Anda bisa memberikan perintah dengan motion seperti menjentikkan jari, bertepuk tangan, menghentakkan lantai atau lain-lain yang nantinya direkam WeMo sebagai perintah. Jadi ketika pulang dari berbelanja dan banyak membawa barang Anda tidak perlu repot-repot mencari saklar untuk menyalakan lampu, cukup dengan hentakan kaki atau tepukan tangan. Harga WeMo Switch+Motion $99.99. Belkin juga berjanji akan membuat alat yang dapat mengunci pintu, garasi, penyiram tanaman, dan memonitor bayi melalui gadget Anda.

Nest ThermoStat

Nest merupakan hasil desain dari prang-orang yang juga mendesain iPod. Fungsi dari Nest Thermostat adalah untuk mengontrol suhu udara di dalam rumah. Produk ini juga bekerja pada jaringan WiFi. Jadi bila Anda sedang tidak ada di rumah Anda tetap bisa mengendalikan suhu udara di dalam rumah dengan iPhone, iPad, iPod, dan MacBook untuk hewan peliharaan Anda atau yang lain. Nest Thermostat dijual dengan harga $250.

Iris

Alat ini dikembangkan oleh AlertMe dari Inggris. Iris memiliki beberapa produk, Starter Kit untuk sensor pintu, jendela, dan hal bergerak lainnya dengan harga $179, Energy Kit yang terdiri atas Smart Thermostat dan hub dengan harga $179 ($99 hanya hub saja). Atau Anda dapat menggabungkan Kit tersebut menjadi satu dengan harga $299. Perangkat ini terhubung melalui jaringan WiFi. Jadi bisa dikendalikan dari jarak jauh dan tersedia aplikasi pengendalinya di App Store. Ada versi gratis dan berlangganan dari produk ini. Bila Anda memilih yang berlangganan akan ada pesan otomatis ke smartphone Anda mengenai peralatan yang terhubung dengan Iris. Biaya berlanganan sebesar $9.99 perbulan. Namun untuk yang gratis saja sudah banyak yang bisa kita lakukan.

TaHomA

TaHomA merupakan produk yang tergolong mewah. Pemasangan TaHomA harus melalui dealer resmi dengan harga $2.500 untuk mengontrol 11 perangkat rumah Anda. Semua perangkat bisa di kendalikan melalui jaringan internet termasuk menutup gorden atau mengurangi cahaya lampu. Seperti di film-film, segala perangkat rumahnya bisa dikendalikan melalui smartphone atau PC.

Savant SmartSystem

Mirip dengan TaHomA yang pemasangannya harus melalui orang yang profesinal. Hanya saja Savant berbasis iOS. Kontrol Home Automation ini berada pada iPhone, iPad ata iPod Anda. Kontrol mencakup keseluruhan rumah Anda. Jadi bila terjadi sesuatu Anda bisa meminta pertanggung jawaban pada Savant karena dia mengendalikan rumah Anda. Hanya saja harganya pasti sangat mahal.

ADT Pulse

ADT memang sudah terkenal menjadi sistem kemanan rumah. Sekarang ADT tidak hanya mengenai keamanan rumah saja, kita juga bisa mengontrolnya. ADT pulse memiliki fitur remote vidoe, alarm, thermostat, air, CO2 dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa dikendalikan melalui gadget Anda. Ada juga versi berlanggan agar Anda merasa lebih nyaman. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel