Cara Setting Folder Untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

24 Oct 2012 17:00 7323 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Folder akan memudahkan kita untuk mengelompokkan file-file. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat lebih memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan folder. Berikut ini adalah cara setting folder untuk lebih memudahkan pekerjaan Anda.

Folder, khususnya pada "Windows" merupakan wadah digital yang digunakan untuk mengelompokkan file komputer dan file-file lain agar tetap terorganisir. Adalah hal yang mudah jika kita akan membuat folder, untuk kemudian diisi dengan file atau bisa juga shortcut. Folder akan memudahkan kita untuk mengelompokkan file-file. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat lebih memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan folder. Berikut ini adalah cara setting folder untuk lebih memudahkan pekerjaan Anda.

Membuka folder dengan sekali klik Biasanya Anda membuka folder dengan double klik. Tidak terlalu masalah memang, tetapi akan menyita waktu jika perkerjaan Anda seharian berhubungan dengan file dan folder. Anda menginginkan membuka folder dengan sekali klik agar jari Anda tidak lelah? Berikut langkah-langkah untuk mengaturnya.

- Buka Windows Start> Control Panel> Appearance and Personalization> Folder Options. 

- Setelah membuka Folder Options, lihat area Click items as follows, kemudian klik Single click to open an item, kemudian klik Apply. Setelah melakukan setting folder tersebut, jika Anda akan membuka folder cukup gunakan satu kali klik untuk memangkas waktu bekerja Anda. Dan mungkin jika Anda ingin melakukan peregangan terhadap jari Anda dengan ingin melakukan double klik kembali, ikuti langkah-langkah tadi, kemudian pilih Double click to open an item.

Menyederhanakan tampilan folder Windows akan memberikan tampilan folder yang stAndar. Pada Windows Explorer, di kiri atas terdapat tAnda navigasi. Kemudian di sebelah kanan atas terdapat Preview dan juga menu untuk memilih ukuran dan detail folder. Di bagian bawah terdapat informasi detail item yang Anda pilih, dan di bagian atas terdapat informasi detail folder yang sedang dilihat. Memang tampak baik, dengan berbagai informasi dari folder yang ada. Namun jika Anda menyukai sesuatu yang sederhana, Anda bisa mengikuti cara berikut:

- Buka folder yang diinginkan, kemudian klik menu Organize di sebelah kiri atas, lalu pindahkan mouse Anda pada pilihan Layout.

- Sekarang Anda dapat melihat menu dengan pilihan Menu bar, Details, Previw Navigation dan Library.

- Jika Anda menginginkan tampilan folder yang sederhana, lakukan *uncheck* pada pilihan menu tadi, sesuai keinginan.

Membuka folder pada menu Windows sendiri Ketika Anda membuka folder, biasanya folder tersebut akan terbuka dan menggantikan folder yang sebelumnya. Jika Anda menginginkan folder yang dibuka berada di menu Windows sendiri, terpisah dengan folder sebelumnya, berikut langkah-langkahnya:

- Pilih Folder Options pada Control Panel.

- Lihat area Browse Folder, pilih Open each folder in its own window. Ada juga pilihan Open each folder in the same folder, apabila Anda ingin folder tersebut tetap pada pengaturan folder yang biasa yaitu membuka folder pada menu Windows yang sama. Lalu klik Apply. Setelah mengatur folder tersebut, cobalah untuk membuka folder yang diinginkan. Sekarang folder tersebut terbuka pada menu Windows sendiri.

Mempermudah fungsi folder menggunakan Smart Folders Smart Folders merupakan software yang digunakan untuk menyederhanakan fungsi folder. Dengan Smart folders Anda bisa membuat folder dengan hanya melakukan drag and drop pada file. Pada sistem operasi Windows, misalnya Windows 7 Anda harus membuat folder terlebih dahulu, kemudian memasukkan file secara manual. Namun menggunakan software ini, yang Anda lakukan adalah hanya drag and drop saja. Ini dapat membantu Anda untuk mengorganisasi gambar, file audio, dll tanpa membuat folder kemudian memasukkan suatu file. Yang perlu dilakukan adalah memindahkan file yang diinginkan di atas file lain, maka software ini akan muncul dengan perintah untuk memberikan nama folder yang dibuat.

Folder bisa dibuat pada lokasi yang sama dengan file, dan file akan otomatis masuk ke folder. Anda juga bisa memindah multiple file, dengan memindahkannya ke atas file lain. Ketika men-drag file-file tersebut ke atas, pertanyaan yang sama juga muncul, yaitu untuk memberikan nama folder. Cantumkan nama folder Anda, kemudian klik OK, dan folder telah selesai dibuat. [DEAS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel