Tips Membersihkan dan Menyembunyikan File di Komputer Dengan 5 Aplikasi Mac ini

3 Aug 2013 09:00 2535 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda sering bekerja di depan layar komputer Mac setiap hari, maka Anda pasti sering kesal dengan berbagai file yang membuat desktop Anda tampak berantakan. 

Jika Anda sering bekerja di depan layar komputer Mac setiap hari, maka Anda pasti sering kesal dengan berbagai file yang membuat desktop Anda tampak berantakan. Selain berbagai file yang berceceran, terkadang banyaknya aplikasi untuk Mac, Finder, serta halaman browser yang terbuka semakin memperparah keadaan tersebut sehingga lama kelamaan akan mengganggu kinerja Anda dalam bekerja.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk membersihkan hal-hal tersebut agar Anda dapat lebih fokus ke pekerjaan Anda, seperti membuat presentasi, membuat screenshot, atau hanya sekedar untuk menonton DVD. Sebenarnya Anda dapat membersihkan berbagai item menjengkelkan tersebut hanya dengan menggunakan keyboard komputer Anda. Namun hal tersebut tentunya kurang praktis dan memakan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mengulas beberapa aplikasi untuk Mac yang dapat membersihkan dan menyembunyikan berbagai item di komputer Anda dengan mudah dan efisien. Apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut Plimbi akan mengulasnya untuk Anda.

Hide All

Jika Anda ingin melakukan hide atau unhide berbagai program yang terdapat di desktop, maka Anda dapat menggunakan aplikasi yang bernama Hide All. Hide All merupakan sebuah aplikasi yang memiliki sebuah window kecil yang dapat digunakan untuk me-minimize semua aplikasi yang terbuka hanya dalam sekali klik, dan kemudian membukanya kembali dengan sekali klik.

Sayangnya, aplikasi Hide All ini tidak mendukung shortcut keyboard maupun ikon di menu bar. Sehingga aplikasi ini akan sangat berguna bagi Anda yang hanya menginginkan untuk melakukan hide dan unhide program secara regular dengan membiarkan window kecil dari aplikasi Hide All ini tetap terbuka.

GoodbyeHello

Terkadang ketika Anda sedang bekerja di depan komputer, Anda menginginkan agar beberapa file atau folder yang ada di desktop disembunyikan untuk sementara waktu, dan kemudian dibuka lagi dengan cepat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan aplikasi GoodbyeHello untuk melakukan hal tersebut.

Dengan aplikasi GoodbyeHello tersebut, Anda hanya tinggal menaruh berbagai file atau folder pada aplikasi ini untuk kemudian disembunyikan sementara waktu. jika Anda ingin memunculkannya kembali, maka Anda tinggal membuka aplikasi ini kembali. Walaupun banyak aplikasi yang memiliki fungsi sejenis, namun GoodbyeHello dianggap paling mudah digunakan dan juga bisa didapatkan dengan gratis.

Clean

Jika Anda seorang pengguna komputer Mac yang sering menyimpan berbagai item di desktop namun jarang sekali membersihkannya, maka Anda dapat menggunakan aplikasi gratis Clean untuk melakukan pekerjaan bersih-bersih tersebut bagi Anda.

Setiap interval waktu tertentu, aplikasi Clean ini akan memindahkan berbagai item yang tidak berguna di desktop ke dalam sebuah folder khusus. Folder tersebut akan diberi label berdasarkan tanggal pembersihannya. Selain itu, folder tersebut juga dapat dikelompokkan berdasarkan hari atau bulannya. untuk melakukan pembersihan secara manual, Anda dapat langsung mengklik tombol “Clean Now” pada aplikasi ini.

 

Baca juga :

                    Begini Cara Membaca Harddisk Mac di Windows

                    "Wake Ari Bukken," Properti Banting Harga hingga Lima Kali Lipat

 

Desktoday

Desktoday juga merupakan sebuah aplikasi yang akan memindahkan berbagai item di desktop Anda ke sebuah folder khusus. Namun berbeda dengan Clean, aplikasi Desktoday ini dapat Anda akses melalui menu bar sehingga Anda hanya dapat melakukan pembersihan secara manual. Selain itu, Anda juga dapat menentukan file atau folder apa saja yang terdapat di desktop yang tidak ingin dipindahkan atau dibersihkan oleh aplikasi ini.

HideAllApps dan Spirited Away

Jika Anda merasa bahwa desktop Anda terlalu sering dipenuhi oleh file dari berbagai aplikasi, maka Anda dapat menemukan solusinya dengan menggunakan aplikasi HideAllApps. HideAllApps merupakan sebuah aplikasi yang akan menyembunyikan seluruh aplikasi background Anda dalam interval waktu tertentu. Pada menu pop-up atau ikon aplikasi ini, Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin Anda sembunyikan atau tidak.

Sama halnya seperti HideAllapps, aplikasi Spirited away juga dapat menyembunyikan program untuk interval tertentu. Namun bedanya, aplikasi Spirited away ini hanya bisa Anda akses dari menu bar. Sayangnya, aplikasi ini memiliki kelemahan di mana Anda harus mengatur kembali berbagai aplikasi yang ingin disembunyikan atau tidak setiap Anda melakukan reboot pada komputer Mac Anda.

Aplikasi - aplikasi untuk membersihkan file pada desktop MAc tersebut dapat diunduh degan mengunjungi App Store. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel