Begini Cara Membaca Harddisk Mac di Windows

3 May 2016 18:00 27628 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Windows biasanya tidak bisa membaca drive yang diformat Mac tetapi, ada alat yang bisa mengatasi ini dan membuat kita bisa mengakses drive dengan format Apple file sistem HFS+ di Windows

Windows biasanya tidak bisa membaca drive yang diformat Mac dan mengarahkan kita untuk memformat ulang. Tetapi, ada alat yang bisa mengatasi ini dan membuat kita bisa mengakses drive dengan format Apple file sistem HFS+ di Windows. Ini juga bisa digunakan untuk me-restore backup Time Machine di Windows.

Jika Anda tahu bakal menggunakan drive pada Mac dan Windows seharusnya menggunakan sistem file exFAT yang kompatibel dengan keduanya. Tetapi, jika Anda tidak mengetahuinya Anda bisa memformat drive dengan HFS Plus Apple yang secara default tak bisa di baca Windows. Bahkan ada perusahaan yang menjual drive Mac hanya dengan file sistem Mac.

 

Jangan Format Drivenya! (kalau belum)

Ketika Anda menghubungkan drive berformat Mac ke Windows akan muncul pesan “you need to format the disk in drive X: before you can use it”. Jangan klik Format disk atau kalau tidak Windows akan menghapus semua konten di drive, klik Cancel!.

Pesan ini muncul karena Windows tak mengenali file sistem Apple HFS+. Itu tidak masalah karena ada aplikasi lain yang bisa melakukannya. Jangan format drive sampai Anda mendapat file penting pada drive tersebut.

Tentu saja jika tidak punya file penting Anda bisa memformatnya. Tetapi, jangan lakukan hal ini untuk perangkat mobile iPhone, iPad atau Android kalau tidak mau berhadapan dengan super hardbrick.

 

Pilihan pertama: HFSExplorer (gratis)

Jika Anda hanya perlu beberapa file dari drive berformat Mac kami sarankan menggunakan HFSExplorer. Ini cara gratis untuk bisa mengakses drive yang diformat dengan Mac. Alat ini membutuhkan Java, jadi kalau belum punya installah terlebih dahulu. Kemudian instal HFSExplorer seperti program lainnya.

HFSExplorer bukan software luar biasa dan tidak memiliki banyak fitur. Anda tidak bisa menggunakannya untuk menulis file ke drive berformat Mac dan tidak bisa menginstal driver yang bisa terintegrasi ke File Explorer. Tetapi Anda bisa membuka HFSExplorer, membaca drivenya dan menyalin file ke PC Windows. Ini juga bisa me-mount Mac dmg disk untuk mendapat file yang ada di dalamnya.

Aplikasi ini hanya read-only walau itu tidak selalu berarti buruk untuk kita. Ini memastikan agar tidak ada bug pada driver yang bisa merusak drive yang berformat Mac dan file yang ada di dalamnya. Anda bisa mengatur mode read-only pada aplikasi lain juga.

Untuk bisa menggunakan HFSExplorer, hubungkan drive berformat Mac ke PC Windows dan buka HFSExplorer. Klik File dan pilih Load File System From Device. Ini secara otomatis akan mencari drive yang terhubung dengan PC dan Anda bisa memuatnya. Anda akan bisa melihat konten HFS+ di jendela dengan grafis sederhana. Pilih file yang Anda inginkan, klik Extract dan pilih folder. Dia akan meng-copy file yang di pilih ke folder tujuan.

 

Pilihan kedua: Paragon HFS+ (20 USD)

Alat ini sedikit lebih menarik, tetapi sayangnya tidak gratis. Alat ini menginstal driver file sistem yang membuat Anda bisa mengakses drive yang diformat Mac seperti mengakses File Explorer atau aplikasi explorer Windows lainnya. Kecepatannya luar biasa dan tentunya lebih cepat dari aplikasi sebelumnya. Tidak seperti HFSExplorer, alat ini juga menawarkan akses read/write ke drive berformat Mac, jadi Anda bisa menulis file ke drive tersebut di Windows. Cukup instal dan drive Mac akan seperti drive biasa lainnya.

Jika Anda banyak bekerja dengan drive berformat Mac dan ingin mengintegrasikan sistem operasi, kecepatan dan akses untuk menulis drive Paragon HFS+ pilihan yang baik dan layak untuk dicoba. Tetapi, jika hanya untuk mendapatkan beberapa file, 20 USD sepertinya agak berlebihan.

 

Pilihan ketiga: Mediafour MacDrive (50-70 USD)

Ini mirip dengan Paragon HFS+ untuk Windows, tetapi fiturnya lebih banyak dan lebih mantap. Harganya juga lebih mahal dari Paragon, 50 YSD untuk yang standar dan 7-USd untuk versi Pro.

Bagi kebanyakan orang software ini mungkin tidak begitu layak mendapat harga seperti itu. Namun, dia menawarkan beberapa fitur unik seperti support untuk drive yang diformat Mac menjadi RAID. Software ini juga puny UI yang cantik dengan dukungan memverifikasi, memperbaiki dan memformat drive Mac. Paragon tidak menyediakan UI seperti ini, hanya bisa membuat Anda mengakses drive dengan format HFS+ di File Explorer.

 

Pilihan terakhir adalah format drive Anda menjadi exFAT agar bisa di baca Mac dan Windows, tetapi ini akan menghapus semua data di drive Anda. Jadi hati-hati lah sebelum melakukan ini, pastikan file penting sudah diselamatkan.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel