Inilah 3 Custom ROM Android Yang Paling Banyak Digunakan

23 Jul 2013 19:00 18527 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika kita berbicara mengenai sistem operasi Android, maka kita pasti tidak akan bisa lepas dari istilah Custom ROM. Ya, custom ROM merupakan sebuah ROM yang dibuat oleh komunitas atau perorangan yang mencoba untuk membuat sistem yang lebih baik dari yang dibuat oleh vendor pembuat ponsel.

Jika kita berbicara mengenai sistem operasi Android, maka kita pasti tidak akan bisa lepas dari istilah Custom ROM. Ya, custom ROM merupakan sebuah ROM yang dibuat oleh komunitas atau perorangan yang mencoba untuk membuat sistem yang lebih baik dari yang dibuat oleh vendor pembuat ponsel. Karena Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source, maka hal tersebut bukanlah pelanggaran hukum dan boleh dilakukan oleh siapa saja. Menariknya, beberapa vendor ponsel Android malah secara terang-terangan mendukung pihak-pihak yang mengembangkan custom ROM Android ini. Sebagai contoh, Sony memberikan tutorial lengkap untuk melakukan unlock bootloader di situs mereka dan Samsung sering merekrut para developer yang ada di balik pembuatan beberapa custom ROM.

Karena siapa saja bisa dengan bebas membuat custom ROM Android ini, maka pastinya ada ribuan jenis custom ROM yang beredar saat ini. Namun dari ribuan custom ROM tersebut, ada 3 custom ROM yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh para pengguna Android. Selain itu, ketiga custom ROM ini juga biasanya dijadikan patokan oleh para developer lain untuk membuat sebuah custom ROM yang baru. Apa sajakah custom ROM tersebut? Simak ulasan Plimbi berikut ini.

CyanogenMod

CyanogenMod dapat disebut sebagai custom ROM yang paling banyak diinstal oleh para pengguna Android di seluruh dunia. Custom ROM yang sering disingkat menjadi CM ini memang menyajikan banyak sekali fitur menarik bagi para penggunanya. Selain itu, CM juga mendukung banyak sekali jenis ponsel Android, bahkan mungkin ada di setiap jenis ponsel Android. CM membuat custom ROM yang berbeda-beda sesuai sistem operasinya, termasuk sistem operasi yang berbeda untuk ponsel dan tablet. Menariknya, CM sangatlah disukai karena mereka terus mensuport berbagai macam ponsel dengan sistem operasi terbaru meskipun para vendor ponsel tersebut sudah tidak mengeluarkan pembaharuan lagi.

Selain itu, CM juga menyediakan berbagai macam fitur yang tidak ada di stock ROM Android, seperti OpenVPN, privacy tools, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin mengetahui ponsel serta tablet apa saja yang didukung oleh CM, Anda dapat melihatnya di sini. 

Android Open Kang Project (AOKP)

Android Open Kang Project (AOKP) merupakan custom ROM yang relative baru jika diandingkan dengan CyanogenMod, namun popularitasnya semakin hari semakin meningkat. AOKP menyediakan berbagai macam fitur yang terdapat pada CM sehingga Anda akan merasa jika kedua ROM ini tampak mirip. Namun jika Anda menelusuri lebih jauh, maka Anda akan menemukan beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya, terutama dalam hal add-ons dan juga tools. AOKP menyediakan sebuah kontrol terhadap ROM yang terkumpul pada satu tempat dan juga menyediakan berbagai macam opsi kustomisasi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan CM.

Karena AOKP ini dikembangkan oleh developer yang jumlahnya lebih sedikit ketimbang CM, maka custom ROM ini hanya mendukung jumlah perangkat yang lebih sedikit ketimbang CM. jika Anda ingin mengetahui perangkat apa saja yang telah didukung oleh custom ROM AOKP ini, Anda dapat melihatnya di sini. 

 

Baca juga :

               5 Custom ROM Terbaik 2015

               5 Antivirus Terbaik untuk Android di Bulan Mei 2016

 

MIUI

MIUI merupakan custom ROM Android yang yang sangat cantik dan tangguh. Jika Anda merasa bosan dengan tampilan berbagai macam ROM Android yang itu-itu saja, maka Anda harus mencoba custom ROM MIUI ini. MIUI memberikan pengalaman baru kepada para penggunanya sebuah sistem operasi yang Android yang cantik dan juga elegan. Walaupun tidak dapat banyak dirubah sistemnya seperti CM dan AOKP, namun MIUI merupakan custom ROM yang memiliki tampilan paling cantik dan paling elegan di antara semuanya.

MIUI sendiri awalnya hanyalah custom ROM yang dibuat untuk para pengguna di Negara cina. Namun karena banyak menarik perhatian, akhirnya custom ROM ini banyak dibuat untuk berbagai bahasa dan wilayah. MIUI menyediakan berbagai macam tema, lockscreen, dan aplikasi dengan tampilan yang menawan. Selain itu, MIUI juga sudah dalam keadaan root semenjak awalnya. Walaupun dari segi fitur masih kalah jika dibandingkan dengan dua custom ROM yang Plimbi bahas di atas, namun Anda dapat merasakan penggunaan Android yang mudah dan sederhana di custom ROM ini. Untuk melihat perangkat apa saja yang didukungnya, Anda dapat mengunjungi link ini. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel