Tips Perawatan memory SDCard Agar Awet dan Tahan Lama

8 Oct 2012 17:00 7254 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penggunaan memori eksternal atau SDcard harus dibarengi dengan perawatan memori yang baik dan benar. SImak tips dan trik berikut ini untuk perawatannya.

SDcard merupakan sosok penting bagi gadget Anda untuk penyimpanan file yang lebih besar di gadget Anda. SD card tidak hanya digunakan di gadget Anda, tetapi kamera DSLR ataupun mirrorless pun menggunakan memori eksternal ini.

Walaupun terbagi dalam berbagai tipe dari media penyimpanan, tetapi memiliki fungsi yang sama. Maka untuk perawatannya pun tidak jauh berbeda. Sebagian dari pemilik gadget yang menggunakan SDcard pasti sering mengalami keluhan mengenai SDcard-nya yang tiba-tiba meminta untuk diformat, kecepatan reading dan writing yang juga mulai menurun, dan terkadang tidak terbaca oleh gadget Anda ataupun di PC Anda saat memasukkan ke card reader atau SD adapter.

Dalam artikel berikut ini, Anda dipandu mengenai tips perawatan memory agar lebih awet dan tahan lama. Berikut tipsnya:

Jangan menyentuh kuningan SDcard

Agar tidak mempengaruhi kualitas read and write dari SDcard yang dimiliki, sebaiknya hindari menyentuh kuningan dengan tangan Anda. Jika berniat untuk membersihkannya, gunakanlah tisu atau kapas, karena kuningan ini termasuk bagian yang paling sensitif.

Menghapus data di PC

Jika memory card sudah mulai sesak, sebaiknya hapus file-file yang dianggap sudah tidak perlukan lagi. Ini juga mempengaruhi kualitas SDcard Anda, apalagi jika Anda sering memasukkan file baru dan menghapus file lama ataupun yang baru.

** Cabut SDcard di PC secara aman**

Setelah Anda menyalin ataupun memindahkan file dari/ke PC, selalu ikuti prosedur untuk mencabutnya secara aman. Kadang kala saat Anda meng-eject SDcard selalu ada warning, dikarenakan SDcard Anda masih membaca atau menyalin file di dalamnya. Agar lebih aman, sebaiknya untuk mencabutnya saat mematikan PC Anda atau klik safety remove hardware.

Memiliki multiple cards lebih baik

Bagi para fotografer, memiliki SDcard cadangan adalah suatu kewajiban. Karena tidak mungkin memilih dan menghapus gambar yang jelek di waktu-waktu yang penting, seperti memotret kedatangan pejabat penting. Keuntungan lainnya, Anda tidak menggunakan memory card yang itu-itu saja, sehingga masa pemakaiannya pun bisa panjang.

Format SD card secara periodic

Secara periodik, ada baiknya Anda memformat SDcard yang digunakan agar bisa meningkatkan kembali performa SDcard itu sendiri. Anda bisa membandingkan kecepatan read and write SDcard saat masih penuh dengan file dengan saat sudah diformat.

Lakukan format di perangkat yang digunakan

Untuk melakukan formatting SDcard, sebaiknya tidak dilakukan di PC. Karena struktur dan format dari memori card bisa saja menjadi tidak support untuk perangkat Anda. Oleh karena itu, dari setiap buku petunjuk selalu menyarankan Anda memformat SDcard di perangkat itu sendiri.

Matikan perangkat yang digunakan saat melepas SDcard

Untuk melepas SDcard, disarankan agar Anda mematikan (switch off) perangkat Anda agar lebih aman. Meskipun saat ini sudah banyak gadget yang support safety remove SDcard dalam keadaan menyala dan letaknya yang hotswap, perawatan memory yang baik sebaiknya Anda tetap mengikuti prosedur yang disarankan oleh pihak produsen.

Update SDcard

Jika Anda memiliki budget yang lebih, sebaiknya membeli SDcard yang baru untuk menggantikan SDcard Anda yang mungkin performanya sudah menurun. Mengganti dengan SDcard yang lebih fresh juga meningkatkan kembali performa perangkat Anda ke keadaan seperti Anda membeli baru.

Isi baterai disaat akan mencapai critical down

Di saat Anda sedang berbagi file ataupun sedang mengambil gambar menggunakan kamera sebaiknya segera cepat-cepat diisi ulang baterainya. Karena jika pada saat memproses file perangkat tiba-tiba mati, bisa saja terjadi kerusakan terhadap file tersebut yang mengakibatkan error.

Penyimpanan SDcard

Perawatan memory terakhir untuk menyimpan SDcard, jangan disimpan di sembarang tempat. Simpanlah di tempat yang kering, memiliki suhu yang stabil, jangan sampai terjatuh apalagi berulang kali terbentur, dan hindari berdekatan dengan yang berunsur logam ataupun magnet. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel