Tutorial dan Tips Cara Instal Flash Player Pada Nexus 7 dan Sistem Operasi Jelly Bean Lainnya

25 Sep 2012 17:00 6127 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Adobe berhenti mengembangkan software untuk perangkat Android ber-OS Jelly Bean maupun Google Nexus 7 dari ASUS terbaru. Namun untuk dapat menggunakannya, simak tips & trik cara instal flash player berikut ini.

Tablet PC milik Google Inc. yaitu Nexus 7 yang menggunakan sistem operasi Android Jelly bean ini tidak bisa memutar website atau aplikasi yang terdapat flash player, Apa itu flash player? Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata tersebut, namun mungkin masih ada juga di antara Anda yang masih belum mengetahuinya. Adobe Flash Player, adalah software berukuran kecil yang sangat berguna, terutama untuk browsing di internet. Dengan menggunakan Adobe Flash Player, maka Anda bisa memutar file dengan format .swf dan .flv yang berada di sebuah website atau blog.

Adobe Flash Player sendiri bisa berguna dan berfungsi untuk:

• Memutar video di situs-situs sharring video semacam Youtube.

• Memutar lagu atau Mp3 dengan kode embednya.

• Memutar TV Online Streaming.

• Chatting di situs jejaring semacam Facebook dan di Yahoo Mail.

Hampir seluruh situs website yang ada saat ini di dalamnya memerlukan flash agar dapat terlihat lebih baik, namun Adobe berhenti untuk mendukung dan mengembangkan flash agar bisa dijalankan pada Nexus 7 dan pada perangkat Android seperti OS Jelly Bean (Android 4.1). Anda membutuhkanfile Flash APK. Untuk itu kali ini Plimbi akan memberikan sedikit tips dan trik cara instal flash player pada Nexus maupun pada sistem operasi Android Jelly Bean. Anda bisa mengunduh aplikasi Adobe flash player di link ini.

Jika Anda memiliki ponsel atau tablet Android, Anda dapat menekstraknya mempergunakan AirDroid. Setelah Anda menginstal AirDroid pada smartphone Anda, kemudian jalankan dan login menggunakan browser. Klik ikon aplikasi dari AirDroid, lalu cari Flash, kemudian klik download link untuk mengekstrak file Flash APK kedalam komputer Anda.

Tutorial dan Tips Cara Instal Flash Player Pada Nexus 7 dan Sistem Operasi Jelly Bean Lainnya

Proses Install Flash APK

• Copy file Flash APK tadi ke dalam Nexus 7 atau pada perangkat Jelly Bean milik Anda menggunakan USB Drive/Flashdisk atau juga dengan meng-upload file APK tersebut ke layanan cloud storage seperti pada Google Drive atau media penyimpanan online lainnya.

• Setelah file APK tersebut sudah berada pada perangkat Nexus 7 atau pada perangkat Jelly Bean, Anda harus mengaktifkan atau menceklist Unknown Sources agar dapat mengijinkan aplikasi diluar Google Play. Silakan buka pada layar pengaturan Setting Screen.

Tutorial dan Tips Cara Instal Flash Player Pada Nexus 7 dan Sistem Operasi Jelly Bean Lainnya

• Ceklist kategori Security pada layar pengaturan dan aktifkan Unknown sources check box.

Tutorial dan Tips Cara Instal Flash Player Pada Nexus 7 dan Sistem Operasi Jelly Bean Lainnya

• Cara instal flashplayer selanjutnya, cari di mana letak file APK tersebut disimpan pada tablet Nexus 7 atau pada perangkat Jelly Bean Anda. Jika Anda meng-copy di dalam system Nexus 7 Anda memerlukan sebuah aplikasi file manager seperti ES File Explorer untuk memindahkan dan menginstallnya silahkan download di link ini. Jika Anda menggunakan Google Drive, Anda bisa membuka file APK tersebut.

Tutorial dan Tips Cara Instal Flash Player Pada Nexus 7 dan Sistem Operasi Jelly Bean

• Setujui jika ada pemberitahuan pada saat proses instalasi.

Tutorial dan Tips Cara Instal Flash Player Pada Nexus 7 dan Sistem Operasi Jelly Bean

• Install Browser yang mendukung aplikasi Flash seperti Firefox, untuk saat ini Google Chrome for Android tidak mendukung Flash. Anda bisa mempergunakan Firefox for Android yang bisa Anda unduh secara gratis pada link ini. Setelah menginstal Firefox for Android tersebut silahkan tutup dan restart Firefox tersebut agar file Flash dapat dijalankan.

• Untuk memastikan plugin Flash aktif pada Firefox silahkan Anda buka layar pengaturan dan atur agar Flash tersebut menjadi Enabled.

Tutorial dan Tips Cara Instal Flash Player Pada Nexus 7 dan Sistem Operasi Jelly Bean

Demikianlahcara instal flashplayer nexus dan pada sistem operasi Jelly Bean, jika dirasaa masih kurang jelas dan sulit dimengerti, Anda bisa melihat video berikut ini.

 

How to Install Flash on the Google Nexus 7 Tablet

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel