Deretan Tips Trik Fotografi Untuk Pemula agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal

11 Jul 2013 16:30 4919 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai seorang fotografer baru, berikut ini adalah deretan tips dan trik fotografi untuk pemula yang ingin mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.

Fotografi kini main dilirik oleh masyarakat, kamera bukanlah barang mewah lagi. Sebagian orang rela membeli kamera mahal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai seorang fotografer baru, berikut ini adalah deretan tips dan trik fotografi untuk pemula yang ingin mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.

Jangan langsung Membeli kamera Mahal

Perkembangan di dalam dunia teknologi memang sedang dalam masa puncaknya. Begitu pula dengan teknologi yang tersimpan pada kamera di jaman sekarang ini. Tentunya bagi para pemula lebih baik jangan langsung membeli kamera super mahal. Nah langkah pertama dalam tips fotografi untuk pemula yakni alangkah lebih baik jika Anda perbanyak latihan dalam memotret dan mengambil gambar dengan baik. Dengan banyak berlatih, Anda dapat mengentahui objek seperti apa yang paling Anda sukai untuk di potret. Jika Anda sudah mengentahui objek apa yang paling Anda sukai untuk di ambil gambarnya, maka Anda bisa menentukan kamera apa yang cocok untuk objek kesukaan Anda tersebut.

 Pertimbangkan Penggunaan Tripod

Tripod ini dapat membantu Anda untuk mengambil gambar dengan stabilitas tinggi. Jika Anda merasa tangan Anda sering bergetar ketika ingin mengambil gambar, maka tidak ada salahnya Anda menggunakan tripod ini agar pengambilan gambar menjadi sempurna. Tripod ini juga berfungsi jika Anda ingin mengambil diri Anda sendiri tanpa harus memegang kamera Anda.

Buatlah Objek Yang Ingin Anda Potret

Ketika Anda sedang berjalan – jalan dan tidak membawa kamera. Alangkah baiknya jika Anda membuat sebuah catatan kecil di secarik kertas untuk dijadikan sebuah daftar objek pemotretan Anda ketika Anda menemukan hal unik di sebuah daerah atau lokasi dimana Anda berada. Pastikan catatan tersebut sangat terperinci seperti kondisi pencahayaan lokasinya seperti apa dan tempat objek tersebut dimana. Jika sudah membuat catatan dengan lengkap dan terperinci, Anda dapat kembali lagi ke lokasi yang telah Anda catat dan mulai melakukan pemotretan sesuai dengan keinginan Anda.

Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Anda

Jika Anda tidak melihat objek gambar yang menarik di ruang tamu Anda atau halaman belakang Anda. Cobalah cari lingkungan yang akrab dan memiliki keindahan tersendiri menurut Anda. Anda mungkin menangkap hal yang menarik dari cahaya atau menemukan beberapa bunga-bunga liar tak terduga di halaman Anda. Hal tersebut seringkali menjadi sebuah objek sederhana yang dapat menjadi sebuah hasil yang sangat baik.

 

Baca juga :

                   Tips Trik Fotografi untuk Anda yang Bingung Mencari Obyek Foto

                   5 Langkah Menulis Artikel dengan Cepat untuk Pemula! Dijamin Langsung Bisa!

 

Terus Kembangkan Proses Pembelajaran

Bagian terbaik dari fotografi yakni Anda tidak akan pernah kehabisan hal untuk terus dipelajari. Anda bisa mencari sebuah inspirasi dari lingkungan sekitar Anda. Melihat segala sesuatu dengan mata seorang fotografer dan Anda akan melihat begitu banyak hal yang dapat Anda ambil gambarnya dengan sangat baik.

Manfaatkan Sumber Daya Gratis Untuk Belajar

Menelusuri Flickr atau website seperti forum Digital Fotografi Forum untuk mencari inspirasi dan tips dalam fotografi. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang pos-pengolahan, perangkat lunak bebas seperti GIMP patut Anda coba. Dengan melakukan langkah ini, maka eksplorasi Anda dalam mengambil sebuah gambar akan terus berkembang dengan baik.

Pengaturan Kamera

Cobalah memotret objek Anda dengan beberapa pengaturan untuk mempelajari efek apa yang Anda suka menggunakan kamera kesayangan Anda. Ketika Anda sedang melihat foto Anda pada komputer, Anda dapat memeriksa data EXIF ââ(biasanya dalam sifat-sifat file itu) untuk mengingat pengaturan yang Anda gunakan saat mengambil gambar.

Pelajari Aturan – Aturan Dasar Dalam Memotret

Jumlah informasi tentang fotografi di dunia maya tidak lah terhitung. Anda dapat mencari banyak informasi mengenai fotografi dengan mengunjungi berbagai situs mengenai fotografi. Dengan membaca berbagai artikel mengenai cara memotret, Anda akan mendapatkan banyak informasi penting agar mendapatkan hasil jepretan yang sangat indah.

Ambil Foto Secara Teratur

Cobalah untuk memotret sesuatu setiap hari. Jika Anda tidak dapat melakukan itu, pastikan Anda mengambil waktu untuk berlatih secara teratur, sehingga Anda tidak lupa apa yang telah Anda pelajari. Langkah ini adalah cara yang sangat baik untuk memotivasi diri sendiri.

Jangan Takut Untuk Bereksperimen

Jika Anda menggunakan kamera digital, jangan takut melakukan kesalahan. Anda dapat bereksperimen sesuka Anda menggunakan kamera digital. Mungkin saja Anda akan mendapatkan hasil jepretan yang sangat baik dengan eksperimen Anda. [NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel