Kantor atau Toko di Dunia Maya Untuk Usaha Kecil Berbasis Online

6 Jun 2011 15:31 6288 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selain melalui situs jejaring sosial seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya, usaha kecil berbasis *online* juga perlu untuk memiliki situs untuk produknya, karena selain untuk media pemasaran produk, situs juga bisa memberikan citra pada usaha tersebut. Situs bisa memberikan kesan usaha kecil tersebut "resmi", bukan salah satu bentuk penipuan lain yang banyak ditemui di dunia maya.

Selain melalui situs jejaring sosial seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya, usaha kecil berbasis online juga perlu untuk memiliki situs untuk produknya, karena selain untuk media pemasaran produk, situs juga bisa memberikan citra pada usaha tersebut.


Situs bisa memberikan kesan usaha kecil tersebut "resmi", bukan salah satu bentuk penipuan lain yang banyak ditemui di dunia maya. Apabila budget menjadi permasalahan Anda para pengusaha kecil, situs dengan budget hanya layanan internet pun bisa dibuat sekarang ini. Anda bisa memanfaatkan layanan blog yang telah banyak tersedia. Dan untuk alamat domain dimana Anda bisa menentukan sendiri sesuai nama usaha, Anda bisa menggunakan domain gratisan seperti www.co.cc. Langkah selanjutnya, dan yang paling terpenting, adalah masalah desain situs usaha tersebut. Sama seperti kantor atau etalase, desain berperan penting dalam pembangunan citra usaha. Kantor atau toko di dunia maya dengan desain bagus bisa memberikan kesan usaha tersebut terkelola secara profesional, dan hal itu bisa membangun kepercayaan konsumen. Sementara desain yang buruk dan asal-asalan membuat pengunjung enggan untuk memasuki kantor atau toko di dunia maya.


Mengenai desain situs bisnis online, berikut beberapa detail yang harus Anda perhatikan: - Sediakan petunjuk ringkas tentang deskripsi produk dan petunjuk sistem transaksi. - Konsep desain, selain bagus, juga mewakili atau menonjolkan produk yang ditawarkan. Contoh, karena pemilik usaha sangat menyukai bunga, desain situs usahanya penuh dengan hiasan bunga. Sementara usahanya adalah toko handphone, bukan toko bunga. - Konsep desain juga perlu memperhatikan pasar yang dibidik oleh produk usahanya. Konsep desain sebuah situs distro online untuk anak muda tentu berbeda dengan situs berita. - Sediakan fitur sederhana untuk berinteraksi dengan pengunjung. Contoh, pada setiap halaman produk tersedia polling "Like"? atau "Dislike"?. - Selain berinteraksi melalui fitur sederhana, pancing percakapan dengan atau antar pengunjung melalui topik menarik atau mengajukan pertanyaan menarik. - Pastikan menu situs memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk melihat konten yang diinginkan. - Tampilkan layanan utama situs Anda pada garis terdepan. Contoh, situs usaha Anda adalah persewaan mobil, maka tampilkan fitur pencarian mobil berdasarkan tipe atau harga sewa menjadi fitur statis yang ada pada setiap halaman situs.


Memanfaatkan kedua media, situs jejaring sosial dan situs produk, sangat diperlukan dalam usaha kecil berbasis online. Situs produk akan berlaku sebagai "kantor atau toko" Anda. Sementara situs jejaring sosial akan berlaku sebagai "tenaga kerja marketing" Anda, selain menjual produk juga mengarahkan konsumen untuk mengunjungi "kantor atau toko" Anda di dunia maya. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel