Penemuan Planet Baru di Tata Surya Kita

26 Jun 2013 14:15 17767 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Benda yang dikatakan memiliki ukuran 1,5 kali ukuran planet Pluto dan terletak sekitar 9,7 miliar mil dari matahari ini disebut-sebut sebagai planet baru kita. Benda ini memang sudah lama ditemukan, namun mungkin ada beberapa di antara Anda yangt belum mengetahuinya, pada artikel ini Plimbi akan kembali mengulasnya untuk Anda.

Benda yang dikatakan memiliki ukuran 1,5 kali ukuran planet Pluto dan terletak sekitar 9,7 miliar mil dari matahari ini disebut-sebut sebagai planet baru kita. Benda ini memang sudah lama ditemukan, namun mungkin ada beberapa di antara Anda yangt belum mengetahuinya, pada artikel ini Plimbi akan kembali mengulasnya untuk Anda.

Selama beberapa dekade, kita telah menghitung sembilan planet yang ada dalam tata surya kita, seperti planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Bumi adalah planet ketiga dari matahari. Neptunus adalah planet kedelapan dan Pluto kesembilan. Pada tahun 2006, Pluto diturunkan dalam klasifikasi planet karena ukurannya yang kecil.

Benda baru ini dikenalkan kepada para astronom sebagai 2003-UB313, yang diberi nama Eris oleh International Astronomical Union. Adalah astronom dari California Institute of Technology yang menemukan benda langit ini. Ia bernama Michael Brown, yang mengatakan bahwa ini adalah planet baru di tata surya kita, tepatnya planet kesepuluh. Eris memiliki sebuah bulan, yang diberi nama Dysnomia.

Planet Kerdil

Eris, Pluto dan asteroid besar Ceres saat ini disebut pelanet kerdil oleh IAU. Dua lainnya sedang dipertimbangkan untuk kategori planet kerdil di tata surya. Ceres telah dikenal sejak 1801 dan merupakan asteroid terbesar. Ini adalah asteroid pertama yang pernah ditemukan. Massanya lebih dari sepertiga dari 3.000 asteroid yang terekam. Ceres memiliki diameter sekitar 578 mil.

Michael Brown dan sesama rekan astronomnya – Chad Trujillo dari Gemini Observatory dan David Rabinowitz dari Yale University – menggunakan Teleskop Samuel Oschine 48-inci di Palomar Observatory dekat San Diego untuk memotret obyek tersebut pada 21 Oktober 2003. Teleskop Samuel Oschin adalah teleskop Schmidt lebar yang dirancang untuk survei langit.

Hal ini terlihat pada foto tanggal 8 Januari 2005. Penemuan itu diumumkan oleh Minor Planet di Cambridge, Massachusetts, pada 29 Juli 2005. Para astronom telah mengusulkan penamaan planet tersebut ke International Astronomical Union.

Jarak

Brown menjelaskannya ini adalah obyek paling jauh yang mengorbit matahari yang pernah ditemukan. 9,7 miliar mil, Eris tiga kali lebih jauh dari Matahari daripada Pluto, yang rata-rata 3,6 miliar mil dari Matahari.

Obyek ini lebih jauh daripada planetoid misterius Sedna yang ditemukan pada tahun 2003. Dibutuhkan waktu 560 tahun bagi benda ini untuk mengorbit matahari. Saat ini, Eris berada di sisi yang jauh dari tata surya pada titik terjauh dari Bumi. Dalam 280 tahun, planet ini akan menjadi sedekat planet Neptunus ke Bumi.

Ini tampak seperti segerombolan benda es yang mengorbit matahari di luar Neptunus. Para astronom berpikir bahwa ini adalah sisa-sisa bahan kuno yang membentuk tata surya. Ini adalah 97 unit astronomi dari matahari.

 

Baca juga :

                   Planet Mars Diprediksi akan Bertabrakan dengan Bulan

                   Inilah ciri-ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja

 

Ukuran

Brown mengatakan benda ini lebih besar dari Pluto, yang ditemukan pada tahun 1930. Ini akan membuatnya menjadi objek terbesar yang ditemukan mengorbit Matahari sejak penemuan Neptunus dan bulannya Triton pada tahun 1846.

Perhitungan menunjukkan obyek ini setidaknya seukuran Pluto dan mungkin setengah kali lebih besar. Diameternya tidak lebih dari 2.205 mil. Sebagai perbandingan, diameter Pluto adalah 1.410 mil, bulannya yang bernama Charon berdiameter sekitar 727 mil, dan diameter Bumi adalah 7.900 mil.

Di masa lalu, Pluto telah digambarkan oleh beberapa astronom sebagai obyek Kuiper Belt terbesar. Penemuan baru akan membuat Pluto menjadi yang terbesar kedua.

Komposisi

Permukaan benda ini sebagian besar diselimuti metana, seperti Pluto. Trujillo menggunakan near-infrared spectrograph (NIRI) pada Gemini North Telescope di Mauna Kea, Hawaii, untuk merekam spektrum permukaan Eris pada tanggal 25 Januari 2005.

Hal ini menunjukkan tanda yang kuat dari metana mirip es dengan spektrum Pluto. Es metana menunjukkan permukaan primitif yang tidak dipanasi oleh matahari sejak tata surya terbentuk 4,5 miliar tahun lalu. Jika Eris pernah dekat ke matahari, es metana ini pastinya akan dipanaskan.

Interior planet tersebut mungkin adalah campuran dari batu dan es, seperti Pluto. Sebelumnya, permukaan es metana telah terlihat pada Pluto dan bulan Neptunus, Triton, namun tidak pada obyek Kuiper Belt lainnya.

Orbit

Orbit elips dari Eris miring sebesar 45 derajat dari orbit planet lain. Delapan planet pertama dari tata surya tidak seperti Eris dan Pluto:

  • Yang disebut planet terestrial – Merkurius, Venus, Bumi, Mars – memiliki tubuh berbatu ukuran menengah.
  • Yang disebut gas raksasa – Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus – memiliki ukuran yang jauh lebih besar.
  • Orbit delapan planet pertama hampir melingkar dan dalam disk tipis mengelilingi matahari.

Pluto dan Eris berbeda:

  • Mereka terbuat dari batu dan es.
  • Mereka melakukan perjalanan orbit yang sangat eksentrik.
  • Orbitnya miring jauh dari seluruh planet. [RIC]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel