Fakta-Fakta Menarik Tentang Planet Venus

29 Jun 2013 13:00 13521 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Masih ingat dengan pelajaran IPA Astronomi di sekolah? Ada urutan planet yang harus dihafal, mulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars dan lain-lain. Venus berada di urutan dua setelah Merkurius, artinya ini adalah planet terdekat kedua dari Matahari. Dan tampaknya ada banyak sekali fakta menarik tentang planet Venus yang bisa kita gali.

Kira-kira apa saja fakta-fakta menarik tentang planet Venus? Kabarnya Venus adalah salah satu planet terpanas. Selain itu Venus juga dianggap planet yang terang . Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik planet Venus. Simak selengkapnya:

  • Untuk yang pertama adalah mengenai nama. Tahukah Anda bahwa nama planet Venus diambil dari nama dewi Romawi kuno dalam sejarah mitologi. Dewi Venus diidentikan dengan cinta, kecantikan dan keindahan.
  • Dalam planet Venus tidak akan memiliki kehidupan karena atmosfer Venus mengandung sekitar 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen.
  • Planet Venus merupakan obyek alami terang di langit malam setelah Bulan. Kira-kira bisa mencapai magnitudo tampak dari -4.6, sehingga cukup terang untuk melemparkan bayangan.
  • Planet Venus adalah salah satu planet yang kedudukannya rendah dari Bumi. Inilah yang membuat planet ini tidak pernah muncul dalam usaha jauh dari Matahari, bahkan elongasi maksimum mencapai 47,8 °. Venus sanggup mencapai kecerahan secara maksimal sesaat sebelum matahari terbit maupun setelah matahari terbenam. Karena inilah planet Venus dahulu disebut oleh budaya kuno sebagai Bintang Fajar atau Bintang Sore.
  • Seperti yang dijelaskan diatas bahwa planet Venus menjadi planet yang terpanas dengan suhu permukaan rata-rata mencapai 735 K (462 ° C, 863 ° F). Hal ini membuat penegasan kembali bahwa tidak mungkin ada kehidupan dalam planet Venus.
  • Dalam satu hari di planet Venus bisa berlangsung sampai 243 hari di Bumi. Itulah lama Venus untuk melakukan satu rotasi. Sedangkan tahun dalam planet Venus (periode revolusinya mengelilingi matahari) yang terpendek hanya 224,7 hari di planet Bumi.

 

Baca Juga :

                    5 Fakta Menakjubkan Soal Luar Angkasa

                    Cara Jitu Mempercepat Waktu Booting Laptop-Komputer

 

  • Penelitian menyimpulkan bahwa ada sekitar 80% dari permukaan Venus yang tertutup oleh dataran vulkanik, dan terdiri dari 70% dataran dengan pegunungan serta 10% dataran kerut halus yang disebut lobate.
  • Planet Venus menjadi planet yang memiliki Gunung api terbanyak di antara planet-planet di tata surya. Para peneliti setidaknya telah mendeteksi ada lebih dari 1.600 gunung berapi di permukaan, namun dimungkinkan akan lebih banyak lagi gunung berapi dengan ukuran kecil dan sulit terlihat. Hanya saja, diperkirakan bahwa hanya sebagian gunung saja yang masih aktif dan sebagian besar sudah tidak aktif.
  • Ada salah satu gunung tertinggi di planet Venus. Gunung tersebut dinamai Maxwell Montes, yang letaknya tepat pada bagian utara yang disebut Ishtar Terra. Puncaknya kira-kira mencapai 11 km di atas ketinggian permukaan Venus.
  • Kecepatan angin pada puncak awan planet Venus bisa mencapai 360 km/jam atau sama dengan 60 kali kecepatan memutar planet. Kecepatan ini kira-kira sama dengan angin awan khatulistiwa yang melaju hingga 9.650 km/ jam. Yang membuat cepatnya rotasi Venus adalah energi sinar matahari yang disebut paparan Grinspoon.
  • Planet Venus dianggap memiliki kemiripan dengan planet Bumi. Dilihat dari ukuran, Venus berukuran 95% ukuran bumi. Selain itu, Venus dan Bumi juga memiliki banyak komposisi kimia yang hampir sama dan hanya memiliki beberapa kawah yang menunjukkan usia relatif muda sekitar 300 - 600.000.000 tahun.
  • Venus yang sepertiga lebih dekat dengan Matahari dibanding Bumi mendapat dua kali lebih banyak sinar. Para ilmuwan menganggap inilah yang membuat panas ekstra menyelimuti Venus dan akhirnya menyebabkan penguapan hebat di awal permukaan air. Uap air yang terperangkap panas dan lebih panas tersebut lebih lanjut memicu penguapan yang lebih besar sampai akhirnya lautan pun mengering dan menghilang sampai saat ini.
  • Planet Venus memiliki rotasi yang disebut rotasi retrograde seperti Uranus. Inilah yang membuat Matahari terlihat terbit dari barat dan terbenam di timur. Perputaran searah jarum jam ini diperkirakan akibat hasil tabrakan kosmik dalam sejarah pembentukan planet Venus.
  • Tekanan udara di permukaan planet Venus sangatlah besar dan ekstrim, kira-kira sekitar 90 kali lebih tinggi dari tekanan di permukaan yang ada di Bumi. Artinya, tekanan pada planet Venus hampir sama dengan tekanan air di Bumi sekitar setengah mil (1 km) di bawah permukaan laut.

Demikian beberapa fakta unik tentang planet Venus, dan kiranya bisa menambah pengetahuan dan referensi bagi pembaca Plimbi. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel