Adu Ponsel Dual SIM Murah, Nexian NX G868 vs Samsung Champ Duos

27 Jun 2012 20:00 5639 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak hanya persaingan dalam smartphone Android saja yang kian sengit. Persaingan ponsel dengan kategori *entry level* pun tidak kalah sengit dibandingkan ponsel-ponsel untuk kategori ponsel pintar. Seperti yang terjadi pada persaingan antara dua ponsel *entry level* yang sama-sama memboyong dual SIM antara Nexian NX G868 dengan Samsung Champ Duos.

Tidak hanya persaingan dalam smartphone Android saja yang kian sengit. Persaingan ponsel dengan kategori entry level pun tidak kalah sengit dibandingkan ponsel-ponsel untuk kategori ponsel pintar. Seperti yang terjadi pada persaingan antara dua ponsel entry level yang sama-sama memboyong dual SIM antara Nexian NX G868 dengan Samsung Champ Duos. Lalu manakah di antara Nexian NX G868 dan Samsung Champ Duos yang lebih unggul?

Desain

Sama-sama memiliki tubuh yang mungil, kedua ponsel ini juga hampir memiliki bentuk desain dan bahan material yang sama, yakni sama-sama berbentuk candybar dan berbahan material plastik yang membungkus rapi ponsel kedua ponsel ini. Seakan jenuh dengan bentuk ponsel QWERTY, pabrikan ponsel lokal Nexian mencoba untuk merombak bentuk desain ponselnya dengan diluncurkannya Nexian Tap G868 ini yang mengusung mekanisme sentuhan pada layar. Memang bukan yang pertama dalam pasar penjualan ponsel lokal, namun bukan tidak mungkin trend ponsel lokal akan bergerak maju untuk mengubah bentuk desain ponselnya menjadi ponsel layar sentuh murah.

Sedangkan pada pabrikan Samsung masih mempertahankan bentuk candybar-nya untuk semua ponsel layar sentuhnya. Kesamaan desain pada kedua ponsel ini adalah sama sama meninggalkan tiga buah tombol tradisional pada bagian permukaan ponselnya. Untuk Samsung sendiri Anda bisa menemukan tiga tombol di antaranya call, back, dan end call/power. Sedangkan pada Nexian Anda akan menemukan tiga tombol yang masing-masing memiliki fungsi call, end dan tombol bulat pada bagian tengah yang seperti berfungsi sebagai tombol OK.

Layar

Karena sama-sama berpenampang mungil, kedua ponsel ini pun memiliki konsekuensi layar yang juga mungil. Nexian dibekali dengan layar sentuh resistive yang memiliki resolusi sebesar 240 x 320 piksel pada layar sebesar 2.8 inci. Pada layar homescreen Anda dapat menemukan 4 ikon yang berderet sebagai pengganti tombol yang tidak disematkan pada ponsel ini. Memang ikon ini tidak terlihat dalam posisi stand-by, namun akan muncul ketika Anda masuk ke dalam menu atau mengaktifkan ponsel. Berturut-turut ikon panggilan, kontak, pesan dan menu bisa Anda temukan terselip di bawah layar.

Sedangkan pada Samsung sendiri memasok kaca sentuh resistive yang juga memiliki resolusi sebesar 240 x 320 piksel pada layar berdiagonal 2.6 inci. Untuk tampilan layar home screen, Samsung mengandalkan tampilan dari TouchWiz Lite UI di mana Anda akan menemukan tiga ikon bederet pada layar home screen yang terdiri dari ikon panggilan, kontak dan menu. Dan Anda juga aka melihat empat ikon besar pada layar utama ponsel Anda yang terdiri dari jejaring sosial dan fitur pesan. Kedua ponsel ini sama-sama memiliki fitur layar yang sebanding, dan hanya berbeda ukuran layar yang tidak terlampau jauh.

Fitur

Kedua ponsel ini memang bukan tipe ponsel pintar seperti kebanyakan ponsel yang beredar di tanah air saat ini. Namun sebagai gantinya, unsur hiburan ditanamkan pada kedua ponsel ini. Masing-masing ponsel pun memiliki fitur multimedianya masing-masing, Nexian menyematkan fitur pemutar audio. Tampilan antar muka pada pemutar audio pada Nexian ini bisa dibilang sangat sederhana, via metode sentuh, Anda sudah bisa mengendalikan penuh fitur audio pada ponsel ini. Seperti Anda memungkinkan untuk mengubah equalizer sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari dansa, pesta, pop dan rock. Terlebih lagi suara yang dihasilkan akan terasa lebih mantap karena adanya pengaturan efek bass yang disematkan pada ponsel ini.

Pancaran siaran radio pun bisa Anda nikmati dengan menggunaka earphone sebagai sarana antena untuk mendengarkan radio. Jika Anda menyukai salah satu lagu yang diputar pada radio kesayangan Anda, maka Anda bisa merekam lagu tersebut dalam format AMR, WAV atau WAB. Namun ponsel lokal ini absen dari hadirnya TV analog yang merupakan fitur wajib dari setiap ponsel lokal. Bergeser pada Samsung, Samsung menyematkan fitur multimedia di antaranya pemutar audio yang juga bisa Anda atur equalizernya sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk fitur radionya sendiri, Samsung memiliki Radio FM di dalamnya yang mengahruskan Anda juga untuk menggunakan earphone sebagai media antenanya. Untuk kemampuan browsing, ponsel ini dibekali dengan browser WAP 2.0/xHTML dan HTML.

Kamera

Untuk sektor fotografi, masing-masing ponsel mengunggulkan kamera yang ditanamkannya. Nexian mengusung kamera berkekuatan sebesar 2MP. Segala pengaturan kamera untuk kepentingan mengabadikan objek, bisa Anda kontrol melalui layar sentuh pada ponsel ini. Tidak hanya unggul dalam mengabadikan gambar, kamera pada ponsel inipun bisa Anda ajak kompromi untuk merekam video. Begitu pula untuk Samsung, Samsung membawa kamera berkekuatan sebesar 1.3MP yang bisa menangkap gambar sebesar 1280 x 1024 piksel. Untuk daya rekam videonya sendiri, kamera pada Samsug ini mampu merekam video dengan kualitas QCIF@15fps. Kedua kamera ini juga tidak melengkapi dirinya dengan kamera sekunder.

Kesimpulan

Kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang bisa dikatakan sangat tipis. Sama-sama mengusung tipe dual SIM, fitur yang disematkannya pun tidak berbeda jauh. Perbedaan hanya terletak pada luas layar, serta kualitas kamera yang berbeda tipis, namun mempengaruhi hasil tangkapan. Bersaing pada harga yang kompetitif, dan fitur yang seimbang, salah satu dari kedua ponsel ini bisa Anda dapatkan dengan penyesuaian atas minat dan kebutuhan Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel