Sembilan Kelebihan Windows 8

26 Jun 2012 20:00 4523 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemunculan *preview* dari Windows 8 telah beredar beberapa waktu yang lalu. Dan ini bisa Anda manfaatkan sebagai kesempatan Anda untuk mencicipi fitur terbaru yang ditawarkan oleh sistem operasi Microsoft terbaru ini beserta kelebihan Windows 8, lengkap dengan antarmuka baru yang menyerupai tablet dan beberapa perangkat tambahan untuk desktop dan mouse-keyboard tradisional.

Kemunculan preview dari Windows 8 telah beredar beberapa waktu yang lalu. Dan ini bisa Anda manfaatkan sebagai kesempatan Anda untuk mencicipi fitur terbaru yang ditawarkan oleh sistem operasi Microsoft terbaru ini beserta kelebihan Windows 8, lengkap dengan antarmuka baru yang menyerupai tablet dan beberapa perangkat tambahan untuk desktop dan mouse-keyboard tradisional.

Kemunculan sistem operasi terbaru ini merupakan segalanya bagi Microsoft, namun apabila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang apa kelebihan Windows 8 yang dihadirkannya ini, maka Anda bisa mengikuti ulasan Paseban berikut tentang kelebihan-kelebihan yang diusung oleh Windows 8. Anda dapat memeriksanya dari tampilan Metro, desktop, Windows Explorer dan Task Manager yang seluruhnya juga telah diubah. Bahkan Anda bisa mengubah tampilan dari Metro ke dalam tampilan tradisional. Untuk mengobati rasa penasaran Anda, maka ikuti ulasan berikut tentang kelebihan dari Windows 8 yang akan muncul dalam waktu dekat ini.

Peningkatan Performa

Salah satu isu utama dalam kemunculan Windows 8 ini adalah kecepatan dari performa yang dibawakan oleh sistem operasi terbaru ini karena sistem ini juga membawa grafis yang tinggi di dalamnya. Namun Microsoft telah menjawab ini dengan baik. Microsoft tahu kekhawatiran Anda dan telah menjawab bahwa Windows 8 memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows 7, bahkan dengan tampilan antar muka Metro yang Anda aktifkan pada desktop. Hal inipun telah terlihat pada saat melakukan booting yang lebih cepat pada saat Anda masih menggunakan Developer Preview. Para pengguna tablet maupun Netbook harus melihat peningakatan kinerja yang cukup signifikan dengan ditunjukkan oleh Windows 8.

Lock Screen

Tampilan lock screen pada Windows 8 terlihat lebih exciting dari yang telah Anda harapkan. Lock screen ini dihiasi dengan tampilan gambar sebuah pemandangan alam yang memukau dan dihiasi dengan widget yang memberikan Anda informasi tentang jam, hari dan tanggal, email yang Anda terima, dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan pada widget yang tersedia tersebut. Tidak hanya berhenti di situ saja, setelah Anda membuka lock screen pada layar Anda, Anda akan disuguhkan dengan tampilan memukau lainnya. Jika pada umumnya Anda diminta untuk memasukkan nomor kode atau PIN, maka berbeda untuk Windows 8 ini, Anda akan diminta untuk memasukkan pola-pola tertentu untuk membuka kunci pada Windows 8 Anda. Hal yang berlaku juga pada Android jika Anda ingin membuka layar.

Homescreen

Homescreen yang disajikan oleh Windows 8 ini akan sangat familiar jika digunakan oleh para pengguna Windows Phone saat ini. Anda akan disuguhkan beberapa kotak, di mana masing-masing kotak tersebut merepresentasikan aplikasi yang bisa Anda gunakan, dan beberapa informasi maupun notifikasi yang sesuai pada aplikasinya. Seperti contoh, kotak pada email Anda akan memberitahukan ada berapa email yang belum Anda baca, dan lain-lain. Anda juga bisa membuat kotak Anda sendiri untuk game, kontak, dan bahkan aplikasi tradisional Windows lainnya bisa Anda buatkan kotak khusus agar mudah dalam mengaksesnya. Anda juga memungkinkan untuk mengatur dan menata kotak Anda sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Menjalankan Aplikasi

Untuk menjalankan aplikasi pada Windows lama, Anda pasti harus menuju ke tombol Start lalu memilih aplikasi yang Anda inginkan. Namun pada Windows 8 ini Anda akan diberikan akses layar sentuh untuk menjalankan aplikasi ini. Anda hanya tinggal menyentuh layar dan mengetuknya, serta Anda bisa menggunakan modus zoom in dan zoom out. Dan Anda pun bisa mencari aplikasi lainnya atau berbagi melalui Charms bar yang bisa Anda aktifkan dengan menggesekkan dari tepi sebelah kanan layar atau menekan tombol Win+C pada layar Anda. Aplikasi ini dapat berbagi informasi satu sama lain dengan mudah, seperti teks yang dipilih atau foto.

Windows Store

Windows Store juga bisa Anda nikmati pada Consumer Preview, tampak seperti tampilan pada homescreen. Dengan kategori yang sesuai dengan yang ditawarkan, dari situ Anda bisa melihat lebih detail tentang daftar aplikasi yang disediakan pada Windows Store. Tidak hanya aplikasi khusus pengguna layar sentuh saja yang tersedia pada store ini, namun aplikasi untuk pengguna komputer atau aplikasi tradisional pun tersedia lengkap pada store Windows yang satu ini. Dan kebanyakan aplikasi yang ditawarkan pada store ini adalah gratis. Hal ini merupakan nilai plus sebelum Anda membeli sistem operasinya secara penuh, namun bisa mecicipi segala aplikasi yang disediakan oleh Windows 8. Dan ketika Anda telah membeli full version dari Windows 8, maka Anda bisa membeli versi penuh aplikasi yang telah Anda unduh tadi tanpa harus melakukan reinstall.

Sync Semua Data Anda Pada Cloud

Media penyimpanan cloud menjadi tren untuk penyimpanan data saat ini. Begitu pula dengan Windows 8. Windows 8 memiliki media penyimpanan cloud yang bernama SkyDrive. Anda bisa menyimpan semua data penting Anda di sana. Anda hanya cukup untuk melakukan login pada akun SkyDrive Anda, dan Anda bisa melakukan akses terhadap data dimanapun Anda berada, meskipun sedang menggunakan komputer teman.

Desktop

Tampilan tradisional desktop masih bisa Anda temukan di sini. Namun yang berbeda hanyalah Anda tidak akan menemukan taskbar tombol start berada pada tempatnya seperti pada versi Windows sebelumnya. Taskbar akan muncul ketika Anda sedang menjalankan aplikasi atau Anda juga bisa mencoba untuk beralih pada tampilan Metro, maka Anda akan melihat tombol atau lebih tepatnya disebut dengan kotak Start bisa Anda temukan dengan jelas di sana.

Task Manager yang Baru

Tidak hanya tampilan lainnya yang dirombak, Task Manager pun tak luput dari perombakan. Anda akan melihat Task Manager Anda yang baru yang lebih terlihat minimalis dan dengan grafis yang tentunya memukau. Tampilan dari Task Manager sendiri sedikit lebih besar dibandingkan Task Manager pada versi Windows yang sebelumnya. Karena pada Task Manager yang baru ini Anda akan melihat bahwa pada bagian kiri jendela akan terlihat disk dan CPU yang bekerja dan menujnjukkan performanya.

Windows Explorer

Pihak Microsoft tidak mengembangkan secara penuh pada Windows Explorernya, namun ada perbedaan yang bisa Anda temukan di sini, seperti penambahan ribbon yang bisa Anda gunakan untuk mengatur file Anda, dan tombol one folder up yang dikenalkan pada generasi XP pun diusung kembali pada tampilan dari Windows 8 tersebut yang bisa memberikan Anda akses cepat untuk melompat ke folder yang lain. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel