Mengenal Lebih Dekat Jenis Lensa dan Jarak Fokus Lensa Guna Hasil Foto Super Apik

7 Jun 2013 16:15 7795 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi para pengguna kamera DSLR, lensa menjadi salah satu bagian terpenting yang turut menentukan kualitas gambar yang Anda ambil. Biasanya, banyak fotografer yang kurang puas dengan lensa bawaan dari kamera mereka dan membeli lensa kamera sesuai dengan kebutuhan mereka.Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan saat membeli lensa kamera adalah Focal Length atau jarak fokus.

Bagi para pengguna kamera DSLR, lensa menjadi salah satu bagian terpenting yang turut menentukan kualitas gambar yang Anda ambil. Biasanya, banyak fotografer yang kurang puas dengan lensa bawaan dari kamera mereka dan membeli jenis lensa kamera sesuai dengan kebutuhan mereka.Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan saat membeli lensa kamera adalah Focal Length atau jarak fokus. Hal ini disebabkan karena jarak fokus lensa digunakan oleh fotografer sesuai dengan kebutuhannya dan setiap jarak pada lensa juga dirancang khusus untuk pengambilan gambar dengan jarak tertentu.

Jarak Fokus

Jarak fokus merupakan jarak yang dituliskan dalam satuan milimeter (mm). Jarak fokus jenis lensa adalah jarak antara bagian tengah pada optik lensa dan gambar yang dihasilkan pada sensor kamera DSLR. Selain itu, focal length juga ikut berpengaruh terhadap field of view atau sudut pandang. Field of view merupakan seberapa luas daerah yang mampu dintangkap oleh kamera DSLR. Jarak fokus juga berperan dalam mengontrol seberapa sempit atau seberapa lebar perspektifnya. Lense dengan perspektif lebar atau lensa wide dapat membantu fotografer mendapat pandangan atau field of view yang luas sehingga objek yang akan diambil gambarnya nampak lebih kecil pada gambar yang dihasilkan. Sementara itu, lensa kamera dengan perspektif menengah atau lensa normal dapat memberikan pandangan yang normal. Sementara itu, lensa tele atau lensa dengan persektif sempit dapat membuat objek yang akan dipotret terlihat lebih besar pada gambar.

Semakin panjang Jarak Focus, maka semakin sempit sudut pandang dan perspektif terhadap objek. Hal ini bisa diteukan pada lensa tele. Sementara itu, semakin pendek jarak fokus lensa, maka sperspektif terhadap objek yang terlihat pada gambar dan sudut pandangnya terlihat semakin lebar. Sekarang Anda mungkin sudah lebih mengenal focal length. Berikut ini beberapa macam focal length pada kamera DSLR.

Lensa Ultra Wide Angle

Lensa Ultra Wide Angle yang memiliki Jarak fokus lensa 10 – 15 mm memiliki cakupan pandangan lebih lebar daripada lensa standar sehingga lensa ini membuat objek terlihat lebih kecil di gambar dibandingkan dengan lensa normal. Selain itu, lensa ini juga memiliki Depth of Field (DoF) yang sangat bagus sehingga Anda dapat memotret objek dengan fokus yang sama dari later depan (foreground) hingga latar belakang (background).

Lensa Wide Angle

Lensa wide angle dengan jarak fokus 16-28 mm merupakan lensa kamera yang sering digunakan photografer dalam keadaan dimana photografer tidak bisa berada di posisi yang diinginkan jika meggunakan lensa dengan jarak fokus lensa yang lain misalnya ketika berada di dalam ruangan sempit dan photografer tidak mungkin mundur lagi agar mendapat cakupan terhadap objek dalam ruangan. Hal ini juga berlaku saat memotret pemandangan. Jenis lensa ini biasanya digunakan oleh para photografer untuk memotret arsitektur dan pemandangan interior.

Lensa Normal

Lensa normal memiliki jarak fokus 28 – 40 mm. Jarak fokus lensa ini seringkali digunakan dalam memotret orang dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, pemotretan ¾ body dan pemotretan model.

Short Telephoto Lenses

Lensa ini memiliki jarak fokus 40 – 60 mm dan sering disebut dengan lensa potret. Short telephoto lenses juga sering digunakan photografer yang memotret di studio foto dan memotret model karena lensa kamera ini dapat memberikan pandangan kepada bahu dan kepala dari objek dengan baik sehingga hasilnya akan lebih bagus daripada dengan jarak fokus lensa yang lain.

Lensa Telephoto Medium

Jika Anda adalah penggemar foto makro lensa, lensa dengan kisaran jarak fokus 60 – 135 mm sangat cocok untuk macro lensa dan foto close-up fotografi karena dengan jarak fokus lensa ini memungkinkan  fotograpger memotret dengan jarak yang dekat antara kamera dan objek.

Lensa Telephoto Panjang

Jarak fokus  lensa 135 – 300 mm dari lensa ini dapat membantu memperbesar objek untuk mengisi frame. Lensa ini biasanya digunakan photografer untuk mengambil objek di kejauhan misalnya foto olahraga dan foto binatang liar. Menggunakan lensa ini memerlukan teknik tersendiri agar efek goyangan kamera dapat diminimalisir karena lense ini rentan terhadap goyangan.

Lensa Super Telephoto

Jarak fokus lensa 300 mm ke atas biasanya digunakan untuk memotret objek yang sangat jauh dari fotografer atau tidak bisa dijangkau oleh fotografer misalnya memotret objek di seberang danau dan objek di atas pohon yang sangat tinggi dimana fotografer mengambil gambar dari jarak ratusan meter dari objek. Tidak jarang lensa ini juga digunakan untuk memotret benda - benda langit. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel