VGA Nvidia GeForce Terbaru GTX 780 Yang Ringan Dengan Frame Rate Tercepat

19 Aug 2013 08:00 4869 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perusahaan Nvidia memang merupakan salah satu  produsen terbesar di dunia yang sering dan banyak memproduksi hardware GPU dan graphics card. Setelah meluncurkan produk GPU yang berlabel GeForce GTX Titan yang memiliki spesifikasi dan perfoma sangat tinggi, pihak Nvidia kembali meluncurkan produk yang masih berjenis sama dengan GeForce GTX Titan, yakni  Nvidia GeForce GTX 780.

Perusahaan Nvidia memang merupakan salah satu  produsen terbesar di dunia yang sering dan banyak memproduksi hardware GPU dan graphics card. Setelah meluncurkan produk GPU yang berlabel GeForce GTX Titan yang memiliki spesifikasi dan perfoma sangat tinggi, pihak Nvidia kembali meluncurkan produk yang masih berjenis sama dengan GeForce GTX Titan, yakni  Nvidia GeForce GTX 780. Jadi bisa dibilang bahwa VGA Nvidia GeForce terbaru ini adalah adik dari GeForce GTX Titan. Nvidia GeForce GTX 780 ini merupakan varian yang lebih ringan dari  kakaknya, GTX Titan dengan memiliki 2304 CUDA core dan memori lokal berkapasitas 3 GB GDDR5 yanng akan menemaninya. Untuk lebih jelasnya, kita berikan gambaran spesifikasi dari Nvidia Geforce terbaru ini di bawah inii :

Design

VGA Nvidia GeForce terbaru dengan label GTX 780 memiliki xdesain bentuk yang tidak berbeda jauh dengan kakaknya Titan, hanya lebih ringan serta ringkas dengan panjang sekitar  10,5 inci,  termasuk dua dual link-DVIs, konektor HDMI, dan konektor DisplayPort, untuk boot.

Desain bentuk dari Nvidia GeForce terbaru ini dilengkapi pula dengan sistem dual cooler yang tidak berisik dengan rate kebising hanya 43 dBA pada bodynya yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara di sekitarnya. Jadi ketika bekerja secara maksimal suhu di sekitarnya tidak panas dan tetap mampu bekerja dengan baik.   Pengguna dapat meningkatkan batas suhu termal untuk meningkatkan kinerja yang lebih  lebih lanjut, yang dikenal sebagai overvoltaging, pada graphics card sendiri dan memungkinkan pengguna untuk meningkatkan tegangan operasi chip, sehingga memungkinkan peningkatan double clock. Tetapi menggunakan fitur ini tidak menimbulkan risiko merusak GPU, dan pengguna sebaiknya harus tahu risiko sebelum mereka menggunakan teknologi fitur ini.

Nvidia GeForce terbaru ini memang didesain untuk penggemar PC gamer yang bersedia untuk berada pada setting grafis maksimum dan resolusi layar tingkat tinggi antialiasing juga mendukung DirectX 11.0 tessellation, untuk meningkatkan render objek 3D, dan Nvidia PhysX untuk tambahan kekuatan.

Performa

Meskipun dibekali dengan spesifikasi yang kalah bertenaga dari Nvidia GeForce GTX Titan, Nvidia GeForce GTX 780 ini tetap menawarkan jumlah CUDA core dan memori lokal yang lebih banyak 50% dari Nvidia GeForce GTX 680 pendahulunya. Dengan memiliki 12 unit SMX, 2304 core CUDA, subsistem memori yang terdiri dari enam pengendali memori 64-bit (dengan lebar bus memori 384 bit) dengan 3GB memori GDDR5 mampu membuat Nvidia GeForce terbaru ini dengan dasar kecepatan  clocks di 863MHz, dan juga dengan kemampuan untuk mempercepat, melalui teknologi Boost hingga 900MHz dan hanya mengkonsumsi daya listrik  sebesar 250 watt saja.

Pihak Nvidia telah meningkatkan kemampuan GPU Boost dalam perangkat Nvidia GeForce terbarunya ini  dengan fitur 2.0 Boost hingga dapat berjalan secepat mungkin tanpa terlalu panas. Versi awal teknologi Boost yang pada dasarnya sama dengan Intel Turbo Boost dan teknik overclocking lain yang digunakan di seluruh industri, yakni menggenjot kecepatan clock secepat mungkin, dalam kumpulan daya yang diberikan, yang berarti bahwa melebihi ambang batas daya bisa menaikkan suhu Chip ke tingkat berbahaya. Tetapi dengan teknologi Boost 2.0, Nvidia GeForce terbaru ini menggunakan sensor termal on-chip untuk pengukuran yang lebih akurat.

Di samping itu pula,  Nvidia GeForce terbaru dengan tipe GTX 780 ini menawarkan kinerja yang hebat dengan tampilan grafis yang sangat mulus untuk aneka game PC, seperti game  Ghosts, Watch Dogs, dan Battlefield 4 karena pada GeForce GTX 780 mampu memberikan frame rate tercepat dan animasi yang paling mulus pada tingkatan yang belum pernah dilihat sebelumnya pada dunia game basis desktop PC.

Harga dan Kesimpulan

Adapun mengenai harga pada produk Nvidia GeForce terbaru ini akan dijual sekitar  atau mulai dari harga  US$649 , memang jauh lebih “murah” dari kakaknya, GeForce GTX Titan yang seharga US$1000. Kartu grafis GeForce GTX 780 pabrikan Nvidia ini mulai tersedia melalui beragam produsen kartu grafis macam Asus, Gigabyte, Innovision 3D, EVGA, Gainward, Galaxy, MSI, Palit,  Zotac dan lain sebagainya.

Dari gambaran spesifikasi dan harga di atas, maka dapat dimpulkan bahwa Nvidia GeForce terbaru tipe GTX 780 ini memang dirancang untuk mempercepat teknologi yang disebut "WaveWorks" dan "FaceWorks",  yang mengandung peningkatan teknik untuk fitur rendering permukaan seperti lautan dan wajah masing-masing yang tampak real dan nyata  dan bisa dijadikan pegangan dan soplusi jangka panjang untuk perangkat pendukung game masa depan. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel