Latih Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Aplikasi Flash Card Untuk Android

13 Jun 2012 19:00 8405 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Peran orang tua sangatlah penting untuk mendidik anak sedini mungkin. Saat ini banyak tersedia mainan edukatif yang dapat menstimulasi daya pikir anak salah satunya melalui media flash card. Anak-anak bisa diibaratkan sebagai selembar kertas putih yang mana setiap warna yang diberikan pada akhirnya akan membentuk ...

Anak-anak bisa diibaratkan sebagai selembar kertas putih yang mana setiap warna yang diberikan pada akhirnya akan membentuk karakteristik baru untuk kertas tersebut. Seperti itulah gambaran akan pentingnya pendidikan bagi perkembangan anak. Peran orang tua sangatlah penting untuk mendidik anak sedini mungkin. Saat ini banyak tersedia mainan edukatif yang dapat menstimulasi daya pikir anak salah satunya melalui media flash card.

Flash card untuk anak bisa digunakan untuk mengenalkan nama-nama benda atau makhluk hidup lain sekaligus melatih daya ingat anak dan metode flash card paling sering digunakan untuk mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, para orang tua tidak perlu repot-repot membeli flash card yang sesungguhnya, khusus bagi orang tua pengguna Android, Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi flash card untuk anak berikut ini:

Baby Flashcards for Kids

Aplikasi flash card pertama datang dari eFlashApps, LLC yang menyediakan lebih dari 450 macam flash card yang disertai dengan teks dan suara, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melatih anak Anda berbahasa Inggris sambil bermain. Ada 11 macam kategori yang disediakan di Baby Flashcard for Kids yaitu Makanan, Binatang, Alphabet, Transportasi, Angka, Bentuk dan Warna, Pakaian, Peralatan rumah tangga, Bagian Tubuh, Benda-benda di lingkungan sekitar, Seni/Instrumen musik, dan Pelajaran. Secara keseluruhan, Baby Flascards for Kids memiliki beberapa macam kelebihan yaitu:

  • Menyediakan lebih dari 450 kata yang tersebar di 11 kategori.

  • Kata-kata dan huruf dibuat berukuran besar sehingga mudah memancing perhatian anak.

  • Kualitas suara pelafalan kata yang baik dan jelas.

  • Gambar yang berkualitas tinggi.

  • Real sound untuk gambar yang sedang ditampilkan sebagai contoh ketika gambar singa muncul, Anda bisa memperdengarkan suara auman singa.

  • Mode pertanyaan untuk interaksi orangtua-anak dengan menampilkan 4 gambar di mana sang anak mencari jawaban sesuai dengan pertanyaan orangtua.

  • Melatih daya ingat anak.

Konsep bermain sambil belajar bisa Anda lihat pada aplikasi yang satu ini karena pada dasarnya daya konsentrasi belajar anak-anak hanyalah sebatas 30 menit jika lebih dari itu ia cenderung bosan sehingga dibutuhkan aplikasi semacam ini. Aplikasi flash card ini bisa Anda unduh secara gratis namun dianjurkan untuk menggunakan WiFi karena data yang diunduh cukup besar yaitu sekitar 18MB. Anda bisa mengunduhnya di sini.

 

Best iPad Apps For Kids: Baby Flash Cards: 450+ eFlashApps

 

Kids Animal ABC Alphabet Sound

Dengan maraknya sekolah yang menggunakan embel-embel nama bertaraf standar internasional, anak-anak yang ingin memasuki sekolah semacam ini diwajibkan mampu berbahasa Inggris karena mayoritas sekolah ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Sehingga banyak sekali ditemukan para ibu yang sudah memasukkan anaknya ke tempat les bahasa Inggris yang tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Namun bagi para Ibu yang kreatif, aplikasi Kids Animal ABC Alphabet Sound bisa membantu anak Anda untuk mempelajari bahasa Inggris. Aplikasi besutan dari Aruhat Technologies Pvt Ltd. ini merupakan semacam game edukatif yang membuat anak Anda mempelajari alphabet-alphabet dalam bahasa Inggris dengan menghubungkannya dengan nama-nama binatang sehingga mudah dan menarik untuk diingat. Kids Animal ABC Alphabet sound memiliki beberapa macam fitur seperti:

  • Full ABC

  • Semua macam alphabet tersedia dengan gambar-gambar di setiap alphabet.

  • Mampu menghadirkan suara binatang seperti yang sesungguhnya.

  • Suara pelafalan huruf dan kata.

  • Child lock.

  • Terhubung dengan sosial media.

  • Cukup dengan satu sentuhan untuk mendengarkan kembali suara yang sebelumnya ditampilkan.

  • Ketika aplikasi dalam keadaan idle, maka akan terdengar nyanyian anak-anak yang sangat popular berjudul œABC sebagai latar belakangnya.

Nama-nama binatang yang dimunculkan dalam aplikasi ini akan bermunculan secara alphabetis dari A-Z dan akan menampilkan nama binatang dengan huruf pertamanya di tonjolkan. Anda juga dapat mematikan fitur menampilkan nama pada gambar untuk mengetes kemampuan daya ingat anak Anda. Aplikasi ini sangat cocok bagi para orangtua dan anak ketika sedang menghabiskan waktu bersama. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di market Android resmi Google Play.

Shapes

Aplikasi flash card untuk anak selanjutnya lebih berfokus untuk mengenalkan macam-macam bentuk dan warna kepada anak-anak. Shapes dari Five Pumpkins ini akan membantu anak Anda mengenal macam-macam warna dengan menunjukkan satu blok warna berukuran besar di satu sisi sementara di sisi lain berisi satu gambar objek lain. Aplikasi ini juga memiliki beberapa macam fitur seperti:

  • Edit mode, untuk mengatur teks dan gambar sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat memasukkan suara anak Anda ke aplikasi ini.

  • Favorites mode, untuk membuat kumpulan gambar favorit Anda di aplikasi ini dengan melabeli bintang pada gambar yang ingin anda perlihatkan pada anak Anda.

  • Random button, ,enampilkan huruf-huruf secara acak.

  • Quiz mode, suara akan di non-aktifkan.

Shapes dari Five Pumpkins ini bertujuan untuk membuat fondasi yang solid untuk kemampuan membaca dan kemampuan matematis anak Anda terutama yang belum memasuki usia sekolah. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di sini.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel