Jadi DJ Profesional dengan Aplikasi DJ iPhone: Touch DJ

16 Jun 2012 12:00 10761 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Terdapat banyak usaha untuk membawa pengalaman bermain DJ untuk iPhone. Dari QuickDecay-™s DJ Virtual Deck, hingga VectorForm-™s Surface DJ dan Savy Soda-™s DJ. Beberapa aplikasi ini memiliki tampilan visual yang keren, namun sayangnya tidak satu pun yang telah berhasil memasukkan hal-hal penting yang dibutuhkan oleh seorang DJ profesional di dalam ...

Terdapat banyak usaha untuk membawa pengalaman bermain DJ untuk iPhone. Dari QuickDecay DJ Virtual Deck, hingga VectorForm Surface DJ dan Savy Soda DJ. Beberapa aplikasi ini memiliki tampilan visual yang keren, namun sayangnya tidak satu pun yang telah berhasil memasukkan hal-hal penting yang dibutuhkan oleh seorang DJ profesional di dalam aplikasinya.

Berbeda dengan aplikasi sejenis, Touch DJ bisa dibilang adalah aplikasi DJ pertama di dunia yang membawa kekuatan multi-deck untuk ber-DJ ria pada iPhone dan iPod touch. Apa yang membuat Touch DJ spesial? Yah, ini merupakan aplikasi pertama yang menghentak App Store Apple yang memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan mencampur dua MP3 track yang terpisah, secara real time, bersama satu sama lain.

Touch DJ juga merupakan aplikasi pertama yang menggunakan Visual Mixing. Visual Mixing adalah teknologi yang digunakan di sebagian besar aplikasi berbasis desktop yang kita dengar dan lihat, hari ini. GarageBand misalnya, memungkinkan Anda, untuk melihat tampilan timeline baik bagian tinggi dan rendah dari track, dan Anda kemudian dapat mulai melakukan mixing sesuai.

Aplikasi DJ ini dibundel dengan 25 dance track berlisensi, milik DanceMusicHub. Secara default, tidak semua track tersedia. Sebagai gantinya, Anda dapat menyelesaikan berbagai aktifitas jaringan sosial berbasis shout-outs, dari aplikasi itu sendiri untuk membuka track lain.

Bila Anda membuka Touch DJ, atau ketika Anda melihat layar dari aplikasi ini, Anda mungkin akan merengut karena banyaknya objek pada layar. Ya, Anda nampaknya harus membiasakan diri pada User interface-nya, tetapi sekali Anda terbiasa, Anda akan mencampur lagu seperti pro dalam waktu singkat!

Namun apa yang saya paling suka tentang User Interface adalah bahwa tombol dan penempatannya tampak alami. Mungkin elemen utama pertama yang akan Anda perhatikan adalah tentu saja two-track deck. Terletak di tengah layar, ini adalah deck yang secara visual akan menunjukkan profil masing-masing MP3 dimuat. Touch DJ ini terbagi menjadi dua sisi, dan deck masing-masing itu sendiri memiliki kontrol musik independen. Kontrol ini mencakup: Start, End dan Play. Merekam dan menyeret track akan menyebabkan 'efek menggaruk', sama seperti vinil. Di kiri dan kanan layar, bergerak dari bawah ke atas Anda akan menemukan: track volume, track eject/load, equalizer dan pitch. Dalam kedua sudut bawah layar Anda akan menemukan waktu yang tersisa pada masing-masing track lagu yang berjalan. Jika Anda perlu memuat sebuah lagu baru, cukup tekan tombol 'Eject' kecil (terletak tepat di atas VOL) di track yang sesuai. Dari sini, Anda dapat memilih untuk memuat preset, atau pilih track Anda sendiri. Namun saat ini tidak mungkin untuk mendapatkan musik dari iTunes library. Ini adalah pembatasan teknis yang tidak dapat diselesaikan.

Tetapi Touch DJ menggunakan library MP3-nya sendiri sehingga Anda masih dapat menggunakan musik sendiri dengan Touch DJ. Menggunakan desktop counterpart, Amidio Sync (tersedia untuk download untuk Mac dan Windows di sini, Anda secara wireless dapat sync lagu tambahan, namun hanya dalam format MP3 dan M4A.

Aplikasi DJ ini menawarkan banyak pilihan. Terdapat Equalizer yang dibagi menjadi 3 bagian, termasuk: Low, Med dan High. Efek ini beroperasi tergantung slider, geser dan masing-masing akan memberikan efek yang berbeda. Jika Anda ingin dua lagu menjadi terdengar, slider harus di tengah. Tetapi jika Anda ingin menciptakan efek campuran, menggerakkan slider ke salah satu arah akan membuat satu lagu lebih menonjol, dari yang lain. Di tengah dua deck Anda memiliki opsi lebih lanjut.

Secara keseluruhan, Touch DJ memiliki segalanya untuk membuat malam minggu Anda meriah. Meskipun akan dianggap mahal, dan user interface-nya itu mungkin tampak berantakan, perusahaan mengklaim bahwa aplikasi ini dapat melakukan bahkan hampir menggantikan kebutuhan peralatan DJ profesional yang sangat mahal.

Touch DJ akhirnya menawarkan pengalaman ber-DJ yang sebenarnya pada platform sentuh. Sayangnya, Anda tampaknya tidak dapat membuat antrian atau membuat playlist lagu. Artinya, Anda harus secara manual memuat track lagu berikutnya jika Anda ingin melanjutkan pesta Anda. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel