Belajar Membaca Partitur via Aplikasi Musik Android

6 Jun 2012 18:00 23451 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memang untuk memainkan beberapa alat musik tanpa perlu bisa membaca partitur musik pun masih bisa dilakukan namun bagi Anda yang berniat belajar musik klasik, Anda diwajibkan bisa membaca partitur musik. Ditambah lagi jika Anda mengambil les musik piano, biola maupun vocal biasanya Anda akan diajarkan membaca partitur musik.

Pernakah Anda mempelajari bagaimana cara membaca partitur musik saat Anda masih duduk di bangku sekolah? Mungkin beberapa dari Anda pernah mendapat pelajaran musik semacam ini namun bisa ditebak banyak dari murid-murid yang cenderung mengacuhkan pelajaran musik yang satu ini karena memang membaca partitur musik bukanlah hal yang mudah dengan banyaknya notasi dan letak not yang harus dihapal di luar kepala.

Memang untuk memainkan beberapa alat musik tanpa perlu bisa membaca partitur musik pun masih bisa dilakukan namun bagi Anda yang berniat belajar musik klasik, Anda diwajibkan bisa membaca partitur musik. Ditambah lagi jika Anda mengambil les musik piano, biola maupun vocal biasanya Anda akan diajarkan membaca partitur musik. Hal ini dikarenakan musik klasik didominasi oleh hasil karya komposer-komposer terkenal seperti Mozart dan Beethoven yang ke semua hasil karyanya ditulis dalam bentuk partitur musik. Bagi Anda yang mengalami kesulitan membaca partitur musik, Anda bisa mencoba mengunduh beberapa aplikasi musik Android berikut:

Music Sheet Workout

Bagi Anda yang berkeinginan belajar musik klasik secara otodidak namun Anda belum memahami cara membaca partitur musik dengan baik maka Anda dapat mencoba aplikasi dari aTekkie yang bernama Music Sheet Workout. Aplikasi ini dibuat untuk membuat Anda bisa membaca partitur musik dengan cepat karena tantangan dalam bermain musik klasik adalah bagaimana Anda bisa memainkan not-not tersebut dalam tempo yang seharusnya. Music Sheet Workout akan membantu Anda untuk mempelajari segala yang Anda butuhkan untuk dapat membaca partitur dengan benar dan cepat. Aplikasi musik Android ini memiliki beberapa macam fitur yang dapat digunakan untuk berlatih:

  • Practice. Dengan fitur ini Anda bisa belajar membaca partitur musik dengan benar dengan beberapa metode pembelajaran yang ada.

  • Quiz. Cobalah untuk melakukan tes dengan menggunakan fitur ini. Maka Anda akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai notasi-notasi balok.

  • Statistics. Dengan fitur ini Anda bisa melihat sampai sejauh apa perkembangan Anda membaca partitur musik dengan melihat score yang telah dicapai.

Dengan Music Sheet Workout, Anda tidak hanya bisa belajar cara membaca partitur musik tetapi juga meningkatkan kemampuan kecepatan sight-reading Anda dengan mengidentifikasi setiap not yang mucul di layar. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di market-market Android dan diinstal di Android versi 1.5 atau di atasnya di sini.

Music Tutor Sight Read Lite

Aplikasi dari VirtualCode.es ini didesain khusus bagi Anda yang ingin belajar membaca sekaligus menulis partitur musik dengan benar. Music Tutor Sight Read Lite ini dibuat dengan format quiz yang cukup mudah dan menyenangkan bahkan bagi Anda yang baru mempelajari musik. Prinsipnya, aplikasi ini bekerja dalam 2 cara yaitu pertama, program akan memberikan Anda pertanyaan yang ditujukkan di panel pertanyaan, kedua Anda menjawabnya di panel jawaban, jika jawaban Anda benar maka ada musik yang dimainkan (tergantung pertanyaan yang diberikan) namun jika Anda salah maka tidak ada musik yang dimainkan.

Ada dua macam game mode yaitu sesi membaca partitur dan sesi menulis partitur. Pada sesi membaca partitur Anda akan diberikan pertanyaan berupa gambar notasi balok dan Anda harus menjawab nama notasi tersebut berdasarkan posisinya. Sedangkan pada sesi menulis partitur, Anda akan diberikan pertanyaan berupa nama notasi balok misalkan notasi E pada G mayor, maka Anda harus menjawabnya melalui panel jawaban dengan menaruh not di tempat yang sesuai di garis paranada. Music Tutor Sight Read Lite juga memiliki tiga macam mode permainan:

  • Timed Test. Pada rentang waktu yang ditentukan, Anda akan menjawab beberapa pertanyaan. Benar atau salahnya akan dihitung dan setelah waktu berakhir, skor akan diberikan.

  • Study: Pada mode ini tidak ada batasan waktu yang diberikan karena memang dikhususkan untuk Anda yang ingin belajar membaca partitur.

  • Learn. Mode ini sebenarnya juga terdapat pada Study dan jika Anda mengaktifkan mode ini dan menekan panel jawaban maka akan muncul beberpa pertanyaan sekaligus dengan jawabannya yang benar.

Music Tutor Sight Read Lite sangat cocok digunakan bagi Anda yang masih pemula karena menyediakan ‘paket’ yang lengkap dalam mempelajari musik klasik. Aplikasi musik ini dapat diunduh secara gratis di sini dan diinstall pada Android versi 2.1 atau diatasnya. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel