Mengintip Fitur Terbaru Dari Opera Mini Baru

6 Jun 2012 10:00 3628 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kegiatan browsing pada dunia maya sekarang ini tidak hanya melulu bisa kita lakukan pada perangkat komputer atau laptop saja. Berkat kemajuan teknologi yang sangat cepat dan tidak bisa kita hindari ini memungkinkan kita untuk melakukan browsing atau berselancar pada dunia maya melalui perangkat mobile kita. Sejak ditanamkannya teknologi GPRS pada ponsel ...

Kegiatan browsing pada dunia maya sekarang ini tidak hanya melulu bisa kita lakukan pada perangkat komputer atau laptop saja. Berkat kemajuan teknologi yang sangat cepat dan tidak bisa kita hindari ini memungkinkan kita untuk melakukan browsing atau berselancar pada dunia maya melalui perangkat mobile kita. Sejak ditanamkannya teknologi GPRS pada ponsel kita beberapa tahun yang lalu, telah meruntuhkan tembok pembatas antara internet dan perangkat mobile. Semenjak ditanamkannya teknologi internet pada ponsel, masing-masing vendor ponsel telah menanamkan browser bawaan untuk ponsel yang dipasarkannya.

Namun selain ditanami peramban bawaan, banyak developer dari web browser lain yang mencoba peruntungan untuk membuat web browser khusus untuk perangkat mobile. Dari sekian banyak developer pembuat web browser untuk perangkat mobile, salah satu developer pembuat peramban untuk perangkat ponsel yang telah memiliki rating dan pengguna terbanyak adalah Opera Mini. Tim Opera berhasil membuat peramban mobile nya menjadi peramban untuk perangkat ponsel yang terbaik dan paling banyak digunakan di dunia.

Opera pertama kali mengenalkan peramban untuk perangkat ponselnya yang diberi nama Opera Mini ini pada tahun 2005 dimana tren untuk browsing internet melalui media ponsel sedang mengalami tren di tingkat awal. Semenjak itu, peramban Opera Mini ini menjadi sebuah peramban yang terbaik dan memiliki pengguna terbanyak di dunia. Meskipun developer lainnya juga tidak mau kalah dengan membuat peramban untuk perangkat ponsel, namun Opera Mini sudah menjadi rujukan pertama para pengguna ponsel yang memiliki konektivitas internet untuk ponsel yang mengusung sistem operasi ponsel pintar maupun ponsel ‘biasa’. Tidak ingin mengecewakan dan selalu ingin memuaskan penggunannya dalam berselancar pada dunia maya, pihak Opera selalu membuat update terhadap versi peramban khusus untuk ponsel ini.

Seri terakhir dari Opera Mini sendiri menginjak pada seri Opera Mini 7. Ada banyak perubahan pada peramban Opera Mini ini dibandingkan dengan peramban Opera Mini yang lainnya. Tidak hanya meluncurkan Opera Mini, pihak Opera juga meluncurkan peramban lainnya yang bertajuk Opera Mobile. Perbedaan diantara keduanya adalah jika Opera Mini khusus disediakan untuk pengguna ponsel entry level dengan kemampuan kompresi yang mumpuni, sedangkan Opera Mobile disediakan khusus pengguna smartphone yang tidak menggunakan fitur kompresi seperti pada Opera Mini, namun tak dipungkiri juga bahwa para pengguna smartphone juga bisa menggunakan Opera Mini 7. Untuk mengetahui perbedaan dan menilik fitur-fitur yang dimiliki oleh Opera Mini baru ini bisa Anda ikuti pada ulasan berikut ini.

Pada Opera Mini baru ini Anda bisa menambahkan tab baru hingga maksimal 16 tab untuk mendukung Anda dalam kegiatan browsing dan tampilan antar muka yang baru yang tidak dimiliki oleh Opera Mini yang lalu. Namun Opera Mini pun memiliki perbedaan dengan Opera Mobile. Jika Opera Mobile telah dilengkapi dengan HTML5 maka Opera Mini masih belum dilengkapi dengan HTML5. Perbedaan lainnya antara Opera Mini 7 dengan Opera Mini versi sebelumnya adalah Opera Mini 7 ini memiliki Speed Dial, Visual Tabs, Kinetic scrolling, Download Manager, Predictive text input, Password manager, Accelerometer support, Virtual keyboard dan Smooth animation yang tidak dimiliki oleh Opera Mini versi terdahulu.

Opera Mini 7 ini juga support akan ponsel yang memiliki input touchscreen maupun yang memiliki input keyboard tradisional. Untuk platform sendiri, Opera Mini 7 bisa Anda gunakan pada platform Java, iOS, Android, Symbian/S60, BlackBerry, Windows Mobile. Sementara untuk Opera Mini versi terdahulu, hanya terbatas untuk mendukung platform Java dan BlackBerry saja. Pada Opera Mini terbaru ini masih mengusung teknologi Opera Compression Servers yang dikenal mampu mengompresi halaman suatu situs hingga Anda bisa menghemat biaya Anda hingga 80% lebih untuk melakukan browsing melalui perangkat ponsel Anda. Namun hal sebaliknya berlaku pada Opera Mobile yang hanya melakukan kompresi yang berbeda dengan Opera Mini, karena memang Opera Mobile disediakan untuk Anda yang menggunakan ponsel pintar.

Untuk Anda yang tertarik untuk mengunduh Opera Mini 7 ini bisa langsung mengunduhnya secara gratis di sini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel