Mainkan Game Gunman Clive dan Rasakan Tampilan Grafis Menawan di Dalamnya

29 May 2012 12:30 2391 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kualitas sebuah game tidak hanya berada pada pola permainannya yang menarik. Beberapa gamers memang terhitung banyak yang menyukai game dengan tingkat kesulitan yang tinggi tapi sangat minim unsur estetik dalam hal desain. Mungkin inilah yang menjadi salah satu kelebihan game yang dikembangkan oleh pengembang bernama Bertil Hörberg. Ia menciptakan sebuah game yang ...

Kualitas sebuah game tidak hanya berada pada pola permainannya yang menarik. Beberapa gamers memang terhitung banyak yang menyukai game dengan tingkat kesulitan yang tinggi tapi sangat minim unsur estetik dalam hal desain. Mungkin inilah yang menjadi salah satu kelebihan game yang dikembangkan oleh pengembang bernama Bertil rberg. Ia menciptakan sebuah game yang memiliki desain grafis permainan yang sederhana tapi ditampilkan dengan unik dan berbeda. Game tersebut bernama Gunman Clive. Game Gunman Clive ini hadir dengan grafis sederhana seperti halnya sketsa gambar yang dibubuhi dengan warna-warna berkesan "retro." Orang-orang di balik kehadiran Gunman Clive perlu diapresiasi tinggi berkat tampilan game yang unik dari permainan yang sejatinya berkesan "jadul."

Gunman Clive memiliki latar cerita di Amerika Serikat sekitar abad 17. Seperti yang banyak diangkat menjadi film, pada bagian barat negara super power ini dahulu banyak dikuasai oleh para koboi yang kerap menjadi musuh, atau bahkan pahlawan. Di dalam cerita Gunman Clive ini Anda akan menemukan sekumpulan bandit-banding yang telah menculik putri dari seorang walikota bernama Johnsons. Para penculik tersebut tersebar di berbagai tempat. Namun, hanya Gunman Clive yang mampu memberikan perintah perintah dan menyelamatkan gadis tersebut. Di dalam permainan ini, Anda akan memainkan sebuah perang koboi yang telah dilengkapi dengan pistol dan perlengkapan koboi lainnya. Tak salah lagi, Anda akan berperan sebagai Gunman Clive yang siap menyelamatkan putri sang walikota.

Saat memainkannya mungkin Anda akan merasa sedang memainkan sebuah game dari halaman sebuah buku sketsa. Oleh sebab itu, pada awalnya mungkin Anda tidak akan terlalu memperhatikan jalan cerita permainan, namun masih mengagumi tampilan grafis dari game ini. Game ini termasuk ke dalam pola permainan game sidescrolling. Jika Anda ingat dengan permainan game dekade 90-an seperti Contra, Mario Bros, dan lainnya game ini dimainkan dengan cara seperti game-game tersebut. Proses pengontrolan permainan pun cukup mudah untuk diatur. Anda akan menemukan pad navigasi virtual di sebelah kiri bawah layar. Sedangkan pad virtual untuk menembak dan meloncat dapat ditemukan di bagian kanan bawa layar. Bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan pad virtual, sepertinya Anda harus terlebih dahulu beradaptasi agar dapat memainkannya dengan nyaman.

Para desainer di balik game Gunman Clive ini telah mendesain permainan ini dengan baik. Intepretasi mengenai wilayah koboi yang lebih banyak dihabiskan di dataran-dataran gersang di wilayah Amerika Serikat bagian timur dapat hadir dengan baik. Kesan panas, gersang, dan berdebu akan sangat nyata tampil. Selain itu, tampilan sketsa kasar memberikan kesan permainan yang menarik. Tetapi, salah satu yang membuat permainan ini cukup sulit adalah tidak adanya checkpoint bagi para pemain. Hal ini tentunya menjadi tantangan yang harus dipecahkan para pemain. Namun dengan tidak adanya checkpoint, kecenderungan pengulangan permianan menjadi lebih banyak. Pasalnya tidak seluruh pemain yang dapat dengan sabar mengulang permainan tanpa ada checkpoint. Sementara, setiap boss yang harus dihadapi cukup sulit untuk kalahkah.

Bila diperhatikan, Gunman Clive sepertinya terinspirasi oleh game klasik seperti Ninja Gaiden dan Mega Man. Selain desain grafis yang mengagumkan, salah satu hal yang patut di berikan pujian adalah art director yang ditampilkan oleh pihak pengembang. Anda seperti sedang menonton karya-karya seorang seniman ilustrasi. Namun secara keseluruhan pola permianan, game Gunman Clive ini memiliki beberapa fitur menarik seperti tampilan grafis 3D, karakater-karakter lawan yang banyak, dan juga pola pertarung dengan boss yang berlangsung sangat epik. Apabila saat memainkan game ini terasa lambat, coba untuk mengganti mode render dan reduksi ukuran layar melalui menu opsi.

Selain dapat dimainkan pada perangkat Android, Anda pun dapat memainkan game yang masuk ke dalam kategori Arcade & Action ini pada perangkat iOS. Para pengguna Android yang tertarik memainkan game ini, Anda dapat mengunduh game berukuran 14 MB ini seharga $ 0.97 melalui Google Play Stone di sini. Sementara bagi para penggunakan iPhone, iPad dan perangkat iOS lainnya, Gunman Clive dapat Anda unduh seharga $ 0.99 melalui iTunes di sini. Pada beberapa kesempatan Anda masih akan menemukan beberapa bug. Tapi, sepertinya game ini menyimpan potensi sebagai salah satu kandidat game favorit di perangkat Android. Dengan kemampuan 3D dan seni grafis yang tidak ditemui pada permainan lain, para gamers sudah saatnya mencoba Gunman Clive. [MS]

 

Gunman Clive Trailer

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel