HP Officejet Pro 8600 Plus, Printer Pintar e-All-In-One

25 May 2013 17:00 4812 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

HP Officejet Pro 8600 Plus merpakan versi update dari produk Officejet HP sebelumnya yaitu Pro 8500A Plus yang meluncur tahun lalu. Keunggulan HP Officejet Pro 8600 Plus ini pada pengoptimalan performa dari luar dan dalam.

HP Officejet Pro 8600 Plus merpakan versi update dari produk Officejet HP sebelumnya yaitu Pro 8500A Plus yang meluncur tahun lalu. Keunggulan HP Officejet Pro 8600 Plus ini pada pengoptimalan performa dari luar dan dalam. Misalnya, kecepatan mesin cetak dan tekstur berkualitas, penambahan layar sentuh 4,3 untuk navigasi, dan chasis yang lebih ramping dari produk sebelumnya, sehingga pengguna tidak akan kesulitan menempatkan produk ini. Produk ini juga bisa mencetak melalui cloud dengan menggunakan aplikasi iOS. Karena dari itu, dia disebut e-All-In-One membuat produk ini mengesankan. Paseban sarankan, yang ingin memiliki printer pekerja keras untuk kantor rumahan, ini adalah pilihan yang tepat.

Desain dan Fitur

HP Officejet merupakan produk yang menggantikan cara mencetak menjadi lebih modern lagi. Tampilannya pun mengesankan. Bila di letakkan di rumah atau kantor Anda, menambah indah dekorasinya walau dimensinya cukup besar panjang 19,4 inci, tinggi 12,4 inci dan lebar 18,9 inci. Anda harus menyediakan ruang yang cukup besar untuk menempatkan printer ini. Kedua sisi printer memiliki pegangan yang mempermudah Anda memindahkannya. Walau sebenarnya Anda tidak akan sering-sering memindahaknnya.

Sebuah baki kertas yang menjorok sekitar 4 inci kedepan printer mampu menampung sebanyak 250 kertas. Secara otomatis, menyusun 50 halaman di pada susunan paling atas, atau teknologi ini biasa di sebut ADF (Automatic Document Feeder). Anda tidak akan menemukan baki manual seperti di printer laser. Memang ini sedikit menyebalkan bila Anda mencetak Amplop, cardstock yang berat dan susunan halamannya tidak ada. Kertas ini juga akan di susun dengan teknologi ADF. Tapi, bila Anda memang sering mencetak dokumen seperti itu, Paseban sarankan untuk menggunakan HP LaserJet Pro 100 Color MFP atau printer laser HP yang memiliki fungsi scanner, copy dan print.

Bila kapasitas 250 halaman itu masih kurang menurut Anda, bisa membeli versi premium printer ini yang disebut Officejet Pro 8600 Premium yang dilengkapi baki tambahan untuk 250 lembar kertas, paket tambahan catridge tinta senilai sekitar Rp583.000 dan kertas Golssy Premium dari HP 50 lembar senilai Rp 136.000 yang bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto atau dokumen grafis.

Touch-sensitive 4,3 inci yang ada pada printer ini berfungsi untuk menavigasi copy, print atau faks dan beberapa fungsi lainnya. Ukuran layar ini sama dengan ukuran layar pada Officejet Pro 8500A Plus dan bersaing dengan Epson WorkForce 840, hanya saja layar Epson sebesar 7,8 inci yang menyediakan tombol navigasi tambahan. Seluruh navigasi pada layar sentuh ini mirip dengan iPhone, begitu juga desainnya. Namun, kedua vendor ini membuat navigasi yang sangat membantu pengguna dalam menggunakan printer. Hanya saja, tombol QWERTY yang dibuat untuk memasukkan password dan user name terkadang agak mengganggu.

Beda dengan printer lainnya, HP Officejet Pro 8600 Plus tidak menyediakan port USB. Untuk mengubungkannya ke komputer harus melalui Ethernet atau Wi-Fi. Pengaturan Wi-Fi nya tidak sulit. Anda hanya perlu menyalakan Wi-FI dan secara printer menemukan koneksi Wi-FI Anda. Di sini fungsi dari tombol QWERTY tadi, kita perlu memasukkan password dan username karena printer ini hanya menggunakan koneski Ethernet dan Wi-Fi.

Performa

Masalah kecepatan, The HP Officejet Pro 8600 Plus cukup baik dibandingkan dengan seri sebelumnya. Namun, bila dibandingkan dengan saingannya Epson WorkForce 840 ada sedikit kekalahan yang dialami 8600. Yaitu di sisi mencetak kertas tetapi lebih baik dalam mencetak grafik atau foto berwarna. Memang seperti itulah printer. Fokus cetakan jarang yang seimbang dengan cetakan monochrome. Bila monochrome lebih baik maka hasil cetakan warna akan lebih buruk dan juga sebaliknya. Atau untuk menanggulangi hasil kecepatan harus di kesampingkan.

Kesimpulan

Meski ada kekurangan di sisi kecepatan mencetak, tetapi untuk ukuran kantor atau rumah Anda tidak akan menyesal menggunakan printer ini. Garis-garis hasil cetakan terlihat solid dalam cetakan berwarna ataupun hitam putih. Tidak akan mengecewakan menunjukkan pada klient hasil cetakan printer Anda. Termasuk mencetak dokumen-dokumen yang berkualitas tinggi seperti Powerpoint, AI dan sebagainya. Warna grafik lebih hidup dan terang walau tidak sebagaimana aslinya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel