Ace Combat Assault Horizon : Simulasi dan Game Pesawat Tempur Untuk PC dan Konsol Anda

10 May 2013 17:30 7484 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda masih ingat dengan game lama Ace Combat yang tersedia untuk platform Arcade dan PlayStation 1? Setiap perilisan seri Ace Combat selalu digemari para gamer, baik dari masa Ace Combat Original, Ace Combat 3: Electrosphere, hingga Ace Combat 6: Fires of Liberation. Namun, sudahkah Anda memainkan Ace Combat Assault Horizon terbaru?

Tidak diragukan lagi bahwa Ace Combat merupakan franchise game yang dianggap sukses. Maka sangat disayangkan jika seri game ini harus terhenti. Itulah mengapa pengembangnya Project Aces kembali menghadirkan Ace Combat Assault Horizon sebagai penerus Ace Combat seri sebelumnya yang sudah hampir mencapai 10 seri. Kehadirkan Ace Combat Assault Horizon semakin mendapat respon positif dari khalayak ramai. Bagaimana tidak? Game ini tersedia tidak hanya untuk konsol PlayStation 3 dan Xbox 360, namun juga untuk platform PC Microsoft Windows.

Perilisan platform PlayStation 3 dan Xbox 360 sudah dilakukan sejak bulan Oktober 2011, sedangkan untuk Microsoft Windows baru dirilis bulan Januari 2013 lalu. Kepopuleran Ace Combat versi ini juga lantaran didukung publikasi oleh Namco Bandai Games. Seperti seri sebelumnya, Ace Combat Assault Horzion masih dihadirkan dengan genre Arcade dan Combat Flight Simulator. Anda bisa memainkan game ini dengan 2 mode, Single Player dan Multiplayer.

Uniknya Ace Combat Assault Horizon ini disetting dengan latar belakang lokasi tempat yang berbeda-beda Miami, Afrika Timur, Dubai dan negara-negara Timur Tengah, Rusia (, Laut Hitam, Kaukasus, dan kota Moskow), serta Washington.DC. beberapa kota fiksi juga turut dipakai dalam pertempuran, termasuk Mogadiyu, Carruth, dan Belyi Base. Pengembang game ini menggunakan citra satelit secara akurat untuk membuat lokasi peradaban yang senyata mungkin, sehingga memungkinkan bagi pemain untuk memilih secara realistis bangunan dan lokasi saat bermain game. Namun lokasi diatas hanya untuk mode Single Player, untuk Multiplayer hanya tersedia beberapa lokasi seperti Miami, Afrika Timur, Dubai, Moskow, dan Washington, DC dan Paris. Untuk tambahan lokasi Honolulu dan Tokyo dapat didownload secara khusus.

Dalam Ace Combat Assault Horizon, Anda sebagai pemain akan menjalankan seorang Kapten William Bishop, seorang pilot pesawat tempur kawakan dari NATO. Posisi Anda adalah pemimpin sebuah skuadron terbang bernama Warwolf. Untuk plot ceritanya sendiri diawali sebuah konfilik di tahun 2015, dimana perhatian dunia sedang tertuju pada wilayah Afrika yang selalu tejadi peperangan sipil dan konflik berkepanjangan. Salah satu organisasi teroris yang menamakan dirinya SRN menebarkan ancaman serius pada dunia lewat senjata pemusnah massal jenis terbaru yang dinamakan TRINITY. Dalam hal ini PBB harus turun tangan dan mengatasi terorisme berbahaya ini. Pasukan NATO dan Russia mendapat jatah untuk menggelar operasi militer bersama-sama untuk menghancurkan teroris SRN serta sekaligus menghilangkan senjata Trinity dari muka bumi.

Kabar buruknya, SRN ternyata juga dibantu oleh organisasi teroris lain bernama Blatnoi yang bermarkas di Rusia. Dengan kekayaan pemimpin Blatnoi yang luar biasa, mereka justru merekrut anggota militer terbaik Rusia. Salah satu anggota militer Rusia yang membelot adalah Markov, sang pilot yang merupakan terbaik dari yang terbaik. Pesawat yang dikendarai Markov dinamai The Shark atau juga disebut Akula. Disinilah Anda sebagai pemain yang menjalankan Bishop harus mengalahkan pasukan angkatan udara yang dipimpin Markov. Anda akan disebut sebagai pahlawan jika mampu menghancurkan 2 organisasi teroris kuat ini.

Dalam gameplay Ace Combat Assault Horizon terdapat fitur baru, yakni sistem yang disebut "Close-Range Assault" (CRA). Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan intensitas serta untuk fasilitas tindakan lebih dekat dengan pemain, menembak pada titik jauh yang sering terlihat dalam game pesawat. Selain itu ada pula fitur "Dogfight Mode" (DFM) untuk pertempuran udara ke udara serta "Air Strike Mode" (ASM) untuk target udara ke darat. Untuk memulai melakukan DFM, pemain dapat menggunakan tombol LB + RB di Xbox 360 dan L2 + R2 di PS3. Tidak hanya dengan pesawat tempur standar saja, pada misi-misi tertentu Anda juga akan berperan sebagai pilot helikopter dengan mini-gunner. Pada misi ini, Anda hanya perlu mengarahkan gatling gun untuk kemudian menembakan semua target musush yang bergerak, sementara helikopter akan melakukan perjalanan dan manuver secara otomatis. Mirip konsep pada Point Blank dengan mode pada lokasi Helispot.

Sebagai tambahan, Ace Combat Assault Horizon juga turut menghadirkan mode Free Mission, yakni sebuah mode bebas dimana pemain dapat memainkan kembali semua misi yang sudah diselesaikan, khususnya Campaign Mode. Sedangkan untuk masalah grafis, dijamin Anda tidak akan kecewa. Kehadirkan karakter kapten William Bishop sebelum terbang semakin membuat game ini realistis. Nuansa futuristik kota lokasi pertempuran dibuat sangat mirip aslinya, ditambah kahancuran (damage) yang ditimbulkan saat senjata Anda mengenai musuh. Sebelumnya memainkannya, ada baiknya Anda menonton trailer game ini lebih dahulu :