SugarSync - Aplikasi Backup Data Cloud yang Mirip Dropbox Khusus untuk Symbian

9 Apr 2012 17:00 4799 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketika membahas tentang media *backup data online* yang sering disebut sebagai *cloud*, yang adadibenak Anda pasti terbayang pada salah satu aplikasi yang bernama Dropbox. Sistem backup data ini memang telah meraih kepopulerannya sebagai sebuah aplikasi backup data menggunakan media penyimpanan dunia maya.

Ketika membahas tentang media backup data online yang sering disebut sebagai cloud, yang adadibenak Anda pasti terbayang pada salah satu aplikasi yang bernama Dropbox. Sistem backup data ini memang telah meraih kepopulerannya sebagai sebuah aplikasi backup data menggunakan media penyimpanan dunia maya. Anda bisa menyimpan segala data rahasia sekalipun di dalam media storage cloud ini. Namun kali ini kita tidak akan membahas Dropbox, namun masih berkaitan dengan aplikasi backup data yang khusus untuk sistem operasi Symbian.

Aplikasi backup data cloud miliki Symbian tersebut bernama SugarSync. SugarSync menawarkan Anda untuk menyimpan segala data ke dalam sistem cloud yang disediakan oleh aplilkasi ini. SugarSync merupakan aplikasi backup data yang akan menjadi pesaing yang solid untuk Dropbox karena menyediakan sistem backup data yang serupa.

Namun pada kenyataannya, kedua aplikasi ini memiliki perbedaan dalam memberikan pelayanan terhadap para penggunanya. SugarSync menawarkan media penyimpanan hingga 5GB sedangkan pesaingnya Dropbox hanya menawarkan 2GB untuk media penyimpanannya. Cara kerja SugarSync sama seperti media penyimpan online pada umumnya, yakni Anda perlu mendaftarkan akun Anda dan memilih salah satu folder pada komputer Anda untuk mendapatkan sambungan akses kepada server SugarSync yang berada di cloud.

Tampilan menu yang disajikan oleh aplikasi backup data ini meniru tampilan website desktop service lainnya. Ikon aplikasi backup data ini akan secara otomatis tampil pada desktop Anda ketika Anda selesai melakukan pendaftaran untuk menggunakan servis dari aplikasi backup data untuk Symbian. Karena keterbatasan baterai, penyimpanan dan bandwith, perangkat mobile Anda tidak bisa melakukan sinkronisasi dengan server. Ketika Anda menekan ikon SugarSync pada ponsel Anda, yang Anda temukan adalah Anda akan melakukan browsing file lokal dengan maksud untuk meng-upload ke akun SugarSync Anda.

Ketika Anda melakukan browsing file yang telah tersinkronisasi dengan aplikasi backup data online ini akan terasa sangat cepat dan tidak memiliki lag sedikit pun. Jadi Anda bisa melakukan browsing file Anda yang berada di cloud serasa Anda melakukan file Anda pada File Manager. Namun, ada beberapa kegiatan yang dibatasi oleh aplikasi ini, yaitu merubah nama pada file Anda yang Anda simpan pada cloud tersebut. Hal ini mungkin terdengar tidak terlalu buruk, namun hal ini terkait dengan masalah penting kita yang akan datang kemudian.

Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa sharing data Anda melalui email, namun Anda tak perlu melakukan copy paste kontak email Anda, aplikasi backup data ini akan otomatis mencari pada daftar kontak.

Pada intinya, aplikasi backup data cloud ini bisa membantu Anda dalam menyimpan data-data penting. Aplikasi backup data cloud untuk Symbian ini disediakan secara gratis pada Nokia Store dan bisa Anda unduh di sini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel