Duel Ponsel Pendatang Baru Windows Phone: Nokia Lumia 800 vs HTC Radar

5 Apr 2012 15:30 8585 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel-ponsel yang ditanamkan sistem operasi Windows Phone tak mau kalah dengan para pesaingnya yang terlebih dahulu muncul. Salah satu dari banyak ponsel yang dipercaya membawa sistem operasi ini ialah Nokia Lumia 800.

Saat ini, pasar ponsel di tanah air mengalami kemajuan yang pesat. Setelah diramaikan dengan dominasi RIM yang membawa BlackBerry dan Apple yang membawa iOS, kini dominasi berikutnya datang dari Google yang membawa robot hijaunya, Android. Tak berselang lama, Windows kembali menyusul ketertinggalannya dengan para pesaingnya dengan mengeluarkan Windows Phone yang menggantikan Windows Mobile pada tahun ini.

Ponsel-ponsel yang ditanamkan sistem operasi inipun tak mau kalah dengan para pesaingnya yang terlebih dahulu muncul. Salah satu dari banyak ponsel yang dipercaya membawa sistem operasi ini ialah Nokia Lumia 800. Kali ini Nokia Lumia 800 akan dipertemukan dengan HTC Radar yang sama-sama menggunakan sistem operasi ini. Kita lihat dari kedua ponsel ini, ponsel manakah yang nantinya akan lebih unggul. Karena dari sisi spesifikasi kedua ponsel ini hampir sama, dan memiliki rentang harga yang tak terlalu jauh.

Dimensi

Nokia Lumia 800 memiliki desain candybar yang terkesan kaku. Kesan bodi yang disuguhkan oleh Nokia Lumia 800 ini sangat tegas. Nokia Lumia 800 memiliki dimensi 117 x 61 x 12mm dan memiliki bobot 142 gr.

Sementara HTC Radar memiliki desain bodi yang telah menjadi ciri khas ponsel HTC pada umumnya yang tak memiliki perbedaan yang mencolok dengan produksi ponselnya yang lain. HTC Radar memiliki dimensi 121 x 62 x 11mm dan bobot 138 gr. Untuk dimensi, Nokia Lumia 800 lebih unggul karena lebih kecil, sedangkan untuk bobot sendiri, Nokia Lumia 800 harus mengalah dengan pesaingnya, karena HTC memiliki bobot yang lebih ringan hanya 138 gr dibandingkan Nokia Lumia 800.

Layar

Untuk layar sendiri, Nokia Lumia 800 memiliki dimensi layar 3.7 inci dan mendukung capacitive touchscreen yang memiliki kekuatan piksel 480 x 800 dan telah mendukung layar AMOLED dan ClearBack display. Sementara untuk HTC sendiri,membawa layar 3.8 inci dan memiliki kekuatan piksel 480 x 800 tanpa disediakan teknologi penunjang lainnya yang dapat memberikan nilai plus pada layar HTC Radar. Untuk urusan layar, Nokia Lumia 800 lebih unggul dibandingkan dengan HTC Radar karena memiliki beberapa teknologi layar yang diadopsi untuk ponselnya.

Performa

Kedua ponsel ini memboyong ssstem operasi yang sama, yaitu Windows Phone Mango 7.5. Namun untuk prosesor, masing masing memiliki prosesor yang berbeda. Nokia Lumia 800 memiliki prosesor Qualcomm MSM8225 1.4GHz dan dilengkapi pula dengan RAM sebesar 512MB. Sedangkan untuk HTC Radar memiliki prosesor yang hanya memiliki kekuatan 1 Ghz dan juga memiliki RAM yang sama dengan Nokia Lumia 800 dan berkekuatan 512MB. Untuk kategori performa, Nokia Lumia 800 jelas lebih unggul karena memiliki prosesor yang memiliki kekuatan hingga 1.4GHz

Kamera

Untuk mengabadikan gambar, keduanya memiliki kualitas yang berbeda. Nokia Lumia 800 memiliki kamera sebesar 8MP yang menggandeng pihak Carl Zeiss dan juga memiliki dual-LED flash, namun sayangnya Nokia Lumia 800 tidak memiliki kamera depan yang mendukung percakapan video call.

Sedangkan untuk HTC Radar hanya mengusung kamera sebesar 5MP, dan dilengkapi dengan LED flash, serta kamera depan yang memiliki kekuatan VGA. Untuk kamera, lagi-lagi Nokia Lumia 800 lebih unggul dari segi kekuatan dibandingkan dengan HTC, namun kekurangannya hanya pada tidak adanya kamera depan bila dibandingkan dengan HTC Radar.

Baterai dan Memori

Untuk media penyimpanan, Nokia Lumia 800 memiliki memori internal sebesar 16GB tanpa ada slot memori eksternal. Sementara untuk baterai, Nokia Lumia 800 memiliki baterai 1450 mAh (BV-5JW). Dan untuk HTC Radar, memiliki daya simpan internal sebesar 8GB dan juga dilengkapi dengan slot memori eksternal. Untuk daya tahannya, HTC Radar mengusung baterai Li-ion 1520 mAh. Untuk baterai dan memori, jelas HTC yang lebih unggul daripada Nokia Lumia 800.

Kesimpulan

Dari beberapa perbandingan di atas tadi telah didapatkan kesimpulan bahwa Nokia Lumia 800 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan rivalnya HTC Radar. Tetapi masih terdapat beberapa perbedaan kecil di antara keduanya. Namun pilihan kembali pada kebutuhan Anda. Mungkin ada di antara Anda yang menyukai layar lebar, bisa meminang HTC namun untuk yang sebaliknya, bisa meminang Nokia Lumia 800. [PY]

People and Messaging - Nokia Lumia 800

HTC Radar - Unmissable entertainment

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel