Cara Membuat Aplikasi Android Langsung Melalui Perangkat Android Anda Dengan AIDE

21 Mar 2012 17:00 18150 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
pakah Anda seorang pengembang aplikasi, khususnya aplikasi Android? Paseban memiliki berita bagus untuk Anda. Saat ini terdapat aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android langsung dari perangkat Android Anda, baik tablet PC maupun *smartphone*.

Apakah Anda seorang pengembang aplikasi, khususnya aplikasi Android? Paseban memiliki berita bagus untuk Anda. Saat ini terdapat aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android langsung dari perangkat Android Anda, baik tablet PC maupun smartphone.

AIDE—Android Java IDE— merupakan singkatan dari Integrated Development Environment untuk membuat aplikasi Android langsung dari perangkat Android. Dengan menggunakan aplikasi Android AIDE, memungkinkan pengembang aplikasi untuk menulis, mengkompilasi dan menjalankan aplikasi Android yang sedang dikembangkan langsung pada perangkat Android Anda.

Biasanya, ketika pengembang aplikasi ingin membuat aplikasi Android, mereka melakukannya pada mesin atau komputer terpisah yang menjalankan program Eclipse (atau IDE alternatif lain). Sekarang, semua kegiatan membuat aplikasi Android bisa dilakukan langsung dari perangkat Android Anda—kecuali apabila Anda sedang menggarap proyek besar, khususnya aplikasi Android yang membutuhkan library yang kompleks.

AIDE mendukung sepenuhnya siklus dalam membuat aplikasi Android, yaitu edit-compile-run: menulis kode dengan editor yang kaya akan fitur yang menawarkan fitur-fitur canggih seperti code completion, real-time error checking, refactoring, smart code navigation dan kemudian menjalankan aplikasi Anda dengan single klik.

AIDE akan mengubah tablet PC Android menjadi development box dalam membuat aplikasi Android. Tidak hanya tablet PC saja, AIDE juga kompatibel dengan smartphone Android, namun tentu saja membuat aplikasi Android tidak bisa dilakukan secara serius pada layar yang lebih kecil. Selain itu AIDE sepenuhnya kompatibel dengan Eclipse projects, cukup copy sourcecode ke perangkat Android Anda, buka source file melalui AIDE untuk load project dan memulai coding.

Berikut video demo membuat aplikasi Android menggunakan AIDE:

AIDE - Android Java IDE on Galaxy S2

Anda bisa mendapatkan AIDE–Android Java IDE secara gratis via Google Play Store. Singkatnya, aplikasi untuk membuat aplikasi Android ini sangat mengagumkan, belum ada aplikasi Android seperti ini sebelumnya. Tablet secara umum bertujuan untuk menggantikan laptop dan netbook sebagai perangkat komputasi utama pengguna. Hal ini tidak dapat terjadi selama Android masih bergantung pada OS lainnya untuk membuat aplikasi Android. Aplikasi Integrated Development Environment (IDE) pertama ini mungkin belum cukup untuk langsung menggantikan fungsi Windows, Linux atau Mac dalam membuat aplikasi Android yang kompleks, tetapi ini adalah langkah pertama yang hebat. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel