Ape Escape - Game Playstation One Tentang Kera Lucu

29 Apr 2013 18:30 3509 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Keunikan game Play Station 1 adalah pada tampilan gambar yang hanya 2D, namun tetap saja asik untuk dimainkan.

Keunikan game Play Station one adalah pada tampilan gambar yang hanya 2D, namun tetap saja asik untuk dimainkan. Kesederhanaan dan kemudahan dalam memainkannya membuat game-game PS1 tetap digemari, meskipun saat ini sudah banyak game yang tersedia dari platform lain yang lebih canggih. Salah satu game PS1 yang dianggap cukup unik dan bahkan mengundang tawa adalah Ape Escape, sebuah game yang dipublikasikan oleh Sony Computer Entertaiment.

Ape Escape pertama kali dirilis pada bulan Juni 1999, dan platform yang tersedia saat itu tentunya adalah game Playstation one. Berbagai seri dan versi Ape Escape selalu menggabungkan antara tokoh karakter kera yang lucu dan bisa dijadikan humor. Alur cerita utama dari Ape Escape pada seri utama dilakoni oleh seekor kera putih berambut yang bernama Specter. Kera ini mendapatkan helm (tutup kepala) yang dikenal sebagai Peak Point Helmet (Pipo Helm pendek). Keajaiban dari helm sang kera dapat meningkatkan kecerdasannya otak, intelektual dan akhirnya mempengaruhi kemampuan fisiknya. Kemudian ada berbagai kera yang juga sudah dilengkapi dengan Helm ajaib ini, mereka menggunakan helm ini untuk meningkatkan kemampuan dirinya sendiri. Dengan kemampuan yang luar biasa ini, akhirnya Specter mengerahkan pasukan para monyet dan memiliki niat jahat untuk mengambil alih dunia serta seluruh alam semesta.

Di sini tokoh protagonis dalam permainan yang bernama Spike atau Kakeru dalam versi Jepang asli, harus melakukan perjalanan dengan waktu terbatas untuk menangkap engan bantuan alat khusus. Dia adalah anak berusia 10 tahun, dan memiliki teman bernama Buzz (Jake versi Amerika dan Hiroki versi Jepang). Saat Spike pergi untuk melihat dan masuk kedalam sebuah mesin waktu yang baru diciptakan oleh Profesor, mereka terjebak dalam mesin tersebut karena telah diaktifkan oleh Specter. Akhirnya Spike merubah haluannya untuk berjalan melalui waktu ke era yang berbeda, menangkap monyet dan mendapatkan peralatan baru untuk membuat perjalanannya lebih mudah.

Spike yang dilengkapi dengan berbagai peralatan khusus bertekad untuk menangkap monyet dan memulihkan ketertiban ke dunia. Dunia sangat kacau ketika dikuasai para monyet yang tidak terkendali itu. Setting latar belakang dari Ape Escape terjadi di dunia yang mirip dengan bumi pada masa beberapa periode seperti usia prasejarah, karena dinosaurus dan makhluk aneh lain dapat ditemukan. Ditambah daerah hutan dengan kuil serta daerah pesisir yang terdapat pantai, dan zaman es masa di mana semuanya membeku. Namun ada pula yang berpendapat bahwa Ape Escape berlatar belakang abad pertengahan, di mana pada masa ini ada banyak lingkungan istana bergaya Gothic.

Perlu Anda ketahui bahwa Ape Espace merupakan sebuah game PlayStation pertama yang mengharuskan penggunaan controller DualShock, stick bagian kiri digunakan untuk menggerakan karakter sedangkan sisi kanan untuk mengoperasikan peralatan apapun dari pemain utama miliknya. Pada intinya Anda mendapat tugas untuk mencari dan menangkap monyet dengan peralatan seadanya. Ketika monyet telah ditemukan, dia harus ditangkap dan dapat dimasukan ke dalam jaring. Pada permainan awal, Anda akan memiliki sejumlah tugas ringan untuk menangkap monyet dan selanjutnya Anda bisa maju ke tingkat berikutnya yang lebih sulit.

Ape Escape pada awal kemunculannya banyak dipuji oleh para kritikus, dan inilah yang membuat game ini kemudian muncul untuk platform Play Station lain. Untuk versi PSP Ape Escape dirilis pada bulan Maret 2005, sedangkan untuk versi Play Station Network dirilis bulan Agustus 2007. Media distrubusinya seperti kebanyakan game-game Play Station lain, yakni menggunakan CD-ROM dan UMD.

Pendistrubusian Ape Escape memang banyak dilakukan oleh Sony Computer Entertaiment. Inc, namun yang menjadi developer adalah SCE Japan Studio dengan didukung oleh programer, desianer dan komposer handal dari Jepang. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel