Adu Dua Smartphone Berdesain Candybar - Sony Ericcson Xperia Neo VS Nokia N8

21 Mar 2012 11:30 3689 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kedua *smartphone* yang kali ini Paseban bandingkan ialah Sony Ericcson Xperia Neo dan Nokia N8 yang berdesain *candybar* dan termasuk *smartphone high-end*. Keduanya juga didukung oleh kamera yang berkualitas tinggi dengan tingkat resolusi yang sangat paten dan dijamin akan memuaskan para penggunanya.

Kedua smartphone yang kali ini Paseban bandingkan ialah Sony Ericcson Xperia Neo dan Nokia N8 yang berdesain candybar dan termasuk smartphone high-end. Keduanya juga didukung oleh kamera yang berkualitas tinggi dengan tingkat resolusi yang sangat paten dan dijamin akan memuaskan para penggunanya. Nah, manakah di antara keduanya tersebut yang berhasil memenangkan persaingan dengan kepemilikan fitur-fiturnya yang mumpuni?

Dimensi

Dimensi dari kedua smartphone ini tak memiliki perbedaan yang cukup jauh dan signifikan. Sony Ericcson Xperia Neo berukuran 116 x 57 x 13 mm dengan beratnya 126 gram, sedangkan Nokia N8 berukuran 113.5 x 59.1 x 12.9 mm dan bobotnya lebih berat sedikit yakni 135 gram. Perbandingan keduanya dalam soal dimensi ini bisa dikatakan cukup berimbang.

Layar

Nokia N8 memiliki ukuran layar sentuh (touchscreen) sedikit lebih kecil dibandingkan Sony Ericcson Xperia Neo yakni 3.5 inchi (~210 ppi pixel density), 360 x 640 pixels, tipe layarnya AMOLED capacitive touchscreen, 16 juta warna, serta telah menggunakan Corning Gorilla Glass sehingga layarnya anti-pecah. Sedangkan Sony Ericcson Xperia Neo berukuran 3.7 inchi (~265 ppi pixels density), beresolusi 480 x 854 pixels, tipe layarnya LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16 juta warna, serta layarnya menggunakan teknologi proteksi Sony Mobile BRAVIA Engine dan Timescape UI. Dari segi ukuran, Xperia Neo yang lebih unggul.

Kamera

Nokia N8 didukung oleh kamera yang paling mantap 12 megapixels, 4000 x 3000 pixels, dengan didukung oleh lensa Carl Zeis dan Xenon Flash, auotofocus, memiliki fitur 1/.1.83” sensor size, ND filter, geo-tagging, face detection, merekam video HD 720p, namun sayangnya kamera depannya masih VGA. Sedangkan Sony Ericcson Xperia Neo memiliki kamera 8 megapixels, 3264 x 2448 pixels, autofokus, LED flash, memiliki fitur-fitur touch focus, geo-tagging, face and smile detection, video calling, mampu merekam video HD 720p. Kali ini Nokia N8 lebih unggul jika dilihat dari segi ukuran pixel-nya.

Performa

Untuk performanya, keduanya menggunakan OS yang berbeda. Sony Ericcson Xperia Neo memakai sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dengan ditenagai oleh processor Scorpion 1GHz, dukungan RAM 512MB, dan GPU Andreno 205. Sedangkan Nokia N8 menggunakan sistem operasi Symbian^3 dengan didukung oleh processor ARM 11 680MHz, RAM 256MB, dan GPU Broadcom BCM2727. Dari situ terlihat, Sony Ericcson Xperia Neo menawarkan kinerja yang lebih cepat.

Baterai dan Memori

Untuk dayanya Sony Ericcson Xperia Neo menawarkan baterai Litihium Polymer berkapasitas 1500mAh, sedangkan Nokia N8 memakai baterai Li-Ion berkapasitas 1200mAh. Kapasitas memori Nokia N8 jauh lebih unggul dengan 8GB dibandingkan Sony Ericcson Xperia Neo yang hanya 32MB saja.

Kesimpulan

Perbandingan di atas memberikan gambaran bahwa Nokia N8 unggul paling tidak dalam hal kameranya yang lebih mantap dengan 12 megapixels dan memori internalnya yang mencapai 8GB. Sedangkan Sony Ericcson Xperia Neo menawarkan sistem operasi yang sudah memakai Android Gingerbread yang saat ini tengah begitu digemari pasar, kinerja yang lebih cepat dan layar yang lebih besar dengan 3.7 inchi. Harga keduanya cukup terpaut jauh, Nokia N8 dibanderol dengan Rp 4,2 jutaan sedangkan Sony Ericcson Xperia Neo berada dibawahnya dengan Rp 3 jutaan. Jadi mana yang Anda pilih? [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel