cuteBox - Aplikasi Backup Data Untuk Symbian ^3

11 Mar 2012 09:00 4341 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini pula para pencipta *software* telah mempunyai *storage virtual* untuk para penggunanya. Seperti iPhone, Android, Windows Phone yang telah memiliki *virtual storage* masing masing. Namun bagaimanakah dengan Nokia? Yang notabene merupakan penggagas ponsel pintar pertama?

Dewasa ini media storage atau penyimpanan data tidak hanya terbatas pada hardware saja. Namun banyak aplikasi backup data yang menyediakan tempat penyimpanan data secara virtual. Saat ini pula para pencipta software telah mempunyai storage virtual untuk para penggunanya. Seperti iPhone, Android, Windows Phone yang telah memiliki virtual storage masing masing. Namun bagaimanakah dengan Nokia? Yang notabene merupakan penggagas ponsel pintar pertama? Nokia telah mengembangkan sebuah aplikasi backup data untuk sistem operasi Symbian ^3 yang bernama cuteBox.

cuteBox merupakan pihak ketiga untuk layanan Dropbox. Cluod Storage menjelma menjadi salah satu alternatif penyimpanan data yang sangat populer. Melakukan akses untuk layanan tersebut dari smartphone Anda merupakan suatu hal yang membantu dalam banyak hal, baik untuk akses mobile menuju ke dokumen penting atau untuk backup file maupun mengunduh file Anda. Salah satu media penyimpanan virtual yang terkenal ialah Dropbox, namun sayangnya Dropbox tidak meluncurkan versi resminya untuk sistem operasi Symbian ^3.

Untuk permasalahan ini, pihak ketiga telah menjembatani para pengguna Symbian ^3 untuk menggunakan layanan service dari Dropbox. Aplikasi backup data ini merupakan hasil kreasi dari pengembang software Genera Software yang membantu para pengguna Symbian ^3. Dropbox merupakan sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data data penting Anda secara aman dan dapat diakses dari manapun dan kapanpun. Dengan menggunakan Dropbox Anda dapat mengunduh beberapa file Anda sekaligus. Fitur yang cukup membantu dalam cuteBox ini ialah ketika Anda melakukan upload file, proses upload ini akan dilakukan secara minimalis sebagai latar atau background.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan browsing file lain yang ingin Anda cari sementara Anda sedang melakukan upload. Fitur ini sangat membantu ketika Anda sedang melakukan upload terhadap file yang berukuran besar. Jadi Anda tidak bosan menunggu file Anda yang sedang di-upload sembari Anda melakukan browsing file lain. Contoh fitur lain yang disediakan oleh aplikasi backup data ini ialah penanganan Public Folder pada Dropbox. Anda bisa menempatkan Public Folder dimanapun Anda inginkan untuk bisa berbagi file dengan teman teman Anda. Setiap file yang terdapat pada folder Public Folder memiliki link URL yang bisa Anda bagikan kepada teman teman Anda. cuteBox juga memungkinkan Anda berbagi link URL file Anda melalui email atau pesan singkat. Ini adalah cara yang bermanfaat untuk berbagi file yang besar.

Aplikasi backup data ini disediakan secara gratis pada Ovi Store Nokia. Bagi Anda pengguna Symbian ^3 yang tertarik menggunakan aplikasi backup data ini dapat langsung mengunduhnya di Ovi Store. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel