Baidu Browser : Browser Tercepat Untuk Perangkat Android

22 Apr 2013 17:30 4237 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Dalam beberapa artikel yang membahas mengenai web browser terbaik dan tercepat untuk Android, Google Chrome masuk peringkat pertama. Sedangkan untuk peringkat kedua ada Skyfire, Dolphin Browser HD, Opera Mobile, dan Fireforx. Keenam web browser tersebut memang sudah populer, namun mereka saat mendapat saingan baru, yakni **Baidu Browser Android**.

Sebelum diluncurkan sebagai web browser untuk Android, awalnya Baidu memang sudah dikenal sebagai sebuah perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu di Distrik Haidian, Beijing, RRC. Baidu pertama untuk desktop menawarkan berbagai fasilitas dan fitur menarik, termasuk didalamnya adalah mesin pencarian untuk situs web, file audio serta gambar dalam aksara Mandarin. Tersedia pula layanan komunitas dan layanan searching (pencarian) yang ditawarkan oleh Baidu sebanyak 57 jenis termasuk diantaranya Baidu Baike (ensiklopedia). Setelah kesuksesannya dalam web browser desktop, perusahaan layanan web yang terpopuler di Cina ini telah meluncurkan browser tercepat khusus untuk platform Android yang dinamai Baidu Browser Android.

Pihak pengembangnya mengklaim bahwa Baidu Browser Android ini memilik banyak fitur-fitur terbaru dari HTML5 serta Javascript. Browser tercepat ini bahkan dianggap sudah lebih dari cukup'dan siap bersaing dengan web browser populer lain seperti Google, Mozilla Fireforx dan Opera. Peluncuran Baidu Browser dilakukan bersamaan dengan event Baidu World Forum, dan di Inggris web browser ini disebut dengan nama "Baidu Exploler”.

Sebelum diluncurkan pertama kali, sebenarnya aplikasi browser ini sejatinya sudah dikembangkan sejak tahun 2010 lalu, dan saat ini sudah disediakan dalam bahasa China dan Inggris. Baidu juga membanggakan browser miliknya, lantaran mampu berjalan hingga 20-30% lebih cepat dari kompetitornya. Dalam deskripsi pada situs Google Play, Baidu Browser ditulis sebagai Mobile browser cepat, ringan dan bebas. Selain itu ada beberapa fitur-fitur tambahan yang menarik dan dapat digunakan oleh penggunanya, diantaranya adalah:

  • Sebuah pemutar video sederhana, yakni sebuah fitur yang dapat mengoptimalkan perangkat mobile Anda dengan menonton video menarik.

  • Sebuah browser untuk melakukan akses berbagai game yang tersedia internet.

  • Directory Index, yakni sebuah homepage yang dirancang sebagai direktori web. Pada fitur ini ditawarkan cara yang mudah dan cepat untuk menemukan berbagai macam informasi dengan mudah.

  • Quick Search, browser dengan teks yang memiliki desain antarmuka yang cukup sederhana dan tidak rumit sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencarian dengan mudah melalui layar sentuh.

  • Night Mode, sebuah fitur untuk penyesuaian tingkat kecerahan layar secara otomatis dan mengoptimalkan baterai. Lebih baik memang Anda menggunakan tingkat kecerahan layar rendah pada malam hari karena lebih pas pada pandangan mata.

  • Fitur Navigasi Personal Website, sebuah fitur browsing untuk mengakses situs favorit Anda. Dengan fitur ini Anda dapat masuk kedalam situs favorit dengan hanya satu klik saja, tanpa penulisan lagi.

Ada sebuah prestasi yang memang cukup membanggakan karena Baidu Browser telah mencatatkan nilai yang relatif cukup tinggi pada test HTML5, yakni mencapai 482 dari 500. Apabila nilai test yang diraih Baidu dibandingkan dengan web browser pesaingnya, agaknya masih tetap unggul. Bagaimana tidak? Google Chrome versi mobile hanya mencatatkan nilai 371, Mozilla Firefox meraih nilai 349, sedangkan Opera hanya 367. Selain itu, sebagai perbandingan lain, Google Chrome 21 pada MacBook Pro dengan Mac OS X Lion meraih nilai 437 serta Mobile Safari pada iPhone 4S cukup mencatat nilai sampai 324. Test lain yang dilakukan yakni pada benchmark yang dirilis Baidu sendiri, hasilnya aplikasi ini tersebut sanggup mengungguli pesaingnya pada pengujian Javascript, seperti di v8benchmark serta Sunspider, dan juga meraih nilai tertinggi pada test WebGL.

Lalu kira-kira apa yang membuat Baidu Browser melejit menjadi sebuah web browser yang sangat cepat? Bukankah Mozilla Fireforx, Google Chrome dan Opera sudah berpengalaman dalam layanan ini? Jawabannya, adalah fitur T5, inilah yang membuat browser Baidu sanggup berlari dengan cepat. Fitur T5 ini telah diintegrasi dengan WebSocket serta teknologi pemberitahuan pada Web, dan dapat memberikan para pengembangnya mengakses ke berbagai fungsi perangkat keras, salah satunya adalah webcam. Saat pengetesan tanpa fitur T5, Baidu Browser tidak mampu berbuat banyak dan hanya dapat nilai 276 pada test HTML5.

Fitur tambahan lain dari browser ini adalah multi-task rendering, pencarian lewat suara dengan bahasa China serta akes ke layanan yang berbasis lokasi. Pasang segera Baidu Browser pada perangkat Android Anda secara gratis di sini.

Ukuran file hanya sebesar 2.5 MB dan dapat dijalankan pada OS Android 2.1 keatas. Aplikasi ini tentunya dikembangkan oleh Baidu Inc. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel