Identifikasi Pendukung dan Penolak SOPA Menggunakan Aplikasi Android Boycott SOPA

20 Feb 2012 14:00 2548 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di awal tahun 2012 ini, masyarakat pengguna Internet dihebohkan dengan isu protes digital untuk mensahkan Undang-undang mengenai hak cipta konten dan akhirnya menyulut kampanye yang banyak mendapatkan penolakan dari berbagai pihak. Termasuk salah satu pengembang aplikasi Android bernama rozap.

Di awal tahun 2012 ini, masyarakat pengguna Internet dihebohkan dengan isu protes digital untuk mensahkan Undang-undang mengenai hak cipta konten. Beberapa pihak yang mendukung agar Undang-undang tersebut segera disahkan maju dengan kampanye bernama Stop Online Piracy Act (SOPA). Kampanye inipun kemudian banyak mendapatkan penolakan dari berbagai pihak. Termasuk salah satu pengembang aplikasi Android bernama rozap. Pengembang ini membuat aplikasi Android yang secara terbuka menolak rencana kebijakan tersebut dengan membuat aplikasi bernama Boycott SOPA. Rozap berpendapat bahwa jika kebijakan ini disahkan, dapat membuat perubahan drastis terhadap penggunaan Internet.

Aplikasi Android Boycott SOPA ini akan membantu Anda yang memiliki ketidaksetujuaan yang sama terhadap SOPA. Boycott SOPA akan mendeteksi produk dari pengembang mana saja yang mendukung kebijakkan SOPA. Rozap telah memiliki 800 lebih daftar perusahaan pendukung SOPA. Daftar inilah yang digunakan Boycott SOPA untuk memblokir produk-produk tersebut. Aplikasi Android ini dapat digunakan apabila Anda terhubung dengan jaringan Internet. Kinerja Boycott SOPA dilakukan dengan melakukan pemindaian menggunakan aplikasi scanner barcode seperti Google Goggles atau ZXing. Oleh sebab itu, Anda perlu meng-install-nya terlebih dahulu, kemudian install aplikasi Boycott SOPA.

Setelah itu, Anda apat menggunakan aplikasi buatan pengembang Rozap ini dan memindai barcode produk yang diinginkan. Setelah beberapa saat, aplikasi Android ini akan melalukan deteksi terhadap barang tersebut. Jika produk tersebut merupakan produksi dari perusahaan yang mendukung kebijakan SOPA, aplikasi Boycott ini melaporkan "Bad item! This is a SOPA supporting product" dan menyebutkan nama merek atau perusahaannya. Namun, apabila produk yang Anda inginkan tidak termasuk di dalam daftar hitam, aplikasi ini akan melaporkan "Item OK! This is not SOPA supporting product" kemudian menyebutkan nama merek atau perusahaannya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui daftar produk atau perusahaan mana saja yang menolak dan mendukung SOPA.

Pihak pengembang aplikasi Android ini terus melakukan update dan memungkinkan Anda untuk langsung menghubungi perusahaan terkait, langsung dari perangkat Android. Namun, tentunya kebijakan penggunaan aplikasi ini berada di tangan Anda sendiri. Anda dapat mencobanya untuk sekadar mengetahui produk atau perusahaan mana saja yang mendukung dan menolak kampanye ini. Atau, bisa jadi bagi Anda yang menolak SOPA dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat manifestasi Anda sendiri. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduh aplikasi Boycott SOPA ini secara gratis di Android Market. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel